Pejaten-Kawasan-UMKM-Ini-Lestarikan-Batik-khas-Betawi-Emil=02.jpg

Pendidikan

Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja

Kain batik merupakan salah satu jenis kain khas Nusantara yang menjadi jati diri dari berbagai wilayah di Indonesia. Pasalnya, setiap wilayah memiliki kain batik yang menjadi cirinya sendiri. Salah satunya adalah batik Betawi yang miliki motif unik dengan warnanya yang mencolok. Tertarik mempelejari batik jenis ini? Terdapat sanggar sekaligus UMKM yang membuka pintunya untuk siapa saja yang ingin belajar motif batik Betawi.

UMKM tersebut bernama Batik Betawi Terogong yang berlokasi di Jalan Terogong III No.27 C, Cilandak, Jakarta Selatan. Menariknya selain menjual berbagai produknya, Batik Betawi Terogong juga ingin melestarikan kain batik khas Betawi dengan memberikan kesempatan untuk orang-orang mendalaminya. Bahkan tidak sedikit, sekolah-sekolah yang mengadakan field trip ke tempat ini untuk belajar membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

“Kalau pengunjung ingin belajar batik, kami bisa menyediakan (sarananya). Awalnya mereka diberikan kain kecil, (kemudian) kami ajari cara megang canting dan cara megang kainnya untuk membatik. Kita memang membuka kelas batik,” jelas pengelola Batik Betawi Terogong Hafizoh kepada PingPoint.co.id.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Biasanya untuk para pelajar yang ingin belajar batik, mereka akan dikenakan biaya sekira Rp35.000 dengan lama belajarnya 2-3 jam. Kemudian para pelajar akan diberikan tutorial cara membatik sembari dibekali kain seukuran saputangan dengan canting. Sedangkan untuk mahasiswa dan umum, biayanya adalah Rp50.000 dengan lama belajarnya 3-4 jam dan dibekali kain yang berukuran 57x57 cm sebagai media membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

Kelas membatik ini juga memiliki tujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai batik Betawi yang juga menjadi ciri dari kain khas Jakarta. “Pembelajaran ini supaya anak-anak pada tahu mengenai batik Betawi. Karena sekarang lebih banyak batik printing daripada batik cap atau tulis,” tambah Hafizoh.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

Baru-baru ini juga ada sejumlah pelajar yang datang ke sanggar Batik di dekat Pondok Indah Mall tersebut. “Hari Kamis (pekan) kemarin ada dari SD Al-Hikmah Cilandak, anak-anak kelas lima,” ucap Hafizoh. Dengan canting dan kain putih, para pelajar tersebut mengekspresikan kreativitas mereka sekaligus mempelajari batik yang menjadi identitas budaya warga Betawi.

Read More

Artikel Lainnya

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir

Berita Kawasan

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir dari Masa ke Masa

22 October 2019, 20:00  |  5 Views

Stasiun Gambir dulunya halte kereta api yang menghubungkan kawasan Gambir dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Stasiun ini pernah direnovasi besar-besaran.

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai Pada Desember 2019

Berita Kawasan

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai pada Desember 2019

22 October 2019, 19:00  |  5 Views

Wali Kota Bogor baru-baru ini meninjau proyek flyover RE Martadinata dan optimistis kalau jalan layang ini dapat rampung sesuai target.

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik

Kesehatan

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik?

22 October 2019, 18:00  |  5 Views

Ternyata terdapat penjelasan secara ilmiah yang memicu orang berjalan bolak-balik ketika sedang berbicara di telepon, khususnya ponsel.

Garena Bagi-Bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event, Oktober 2019

Berita Kawasan

Garena Bagi-bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event

22 October 2019, 17:00  |  7 Views

Menyambut perayaan Halloween, Garena tidak hanya bagi-bagi hadiah namun merespons baik keinginan komunitas CODM dengan baik di Oktober 2019 ini.


Comments


Please Login to leave a comment.