Pejaten-Kawasan-UMKM-Ini-Lestarikan-Batik-khas-Betawi-Emil=02.jpg

Pendidikan

Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja

Kain batik merupakan salah satu jenis kain khas Nusantara yang menjadi jati diri dari berbagai wilayah di Indonesia. Pasalnya, setiap wilayah memiliki kain batik yang menjadi cirinya sendiri. Salah satunya adalah batik Betawi yang miliki motif unik dengan warnanya yang mencolok. Tertarik mempelejari batik jenis ini? Terdapat sanggar sekaligus UMKM yang membuka pintunya untuk siapa saja yang ingin belajar motif batik Betawi.

UMKM tersebut bernama Batik Betawi Terogong yang berlokasi di Jalan Terogong III No.27 C, Cilandak, Jakarta Selatan. Menariknya selain menjual berbagai produknya, Batik Betawi Terogong juga ingin melestarikan kain batik khas Betawi dengan memberikan kesempatan untuk orang-orang mendalaminya. Bahkan tidak sedikit, sekolah-sekolah yang mengadakan field trip ke tempat ini untuk belajar membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

“Kalau pengunjung ingin belajar batik, kami bisa menyediakan (sarananya). Awalnya mereka diberikan kain kecil, (kemudian) kami ajari cara megang canting dan cara megang kainnya untuk membatik. Kita memang membuka kelas batik,” jelas pengelola Batik Betawi Terogong Hafizoh kepada PingPoint.co.id.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Biasanya untuk para pelajar yang ingin belajar batik, mereka akan dikenakan biaya sekira Rp35.000 dengan lama belajarnya 2-3 jam. Kemudian para pelajar akan diberikan tutorial cara membatik sembari dibekali kain seukuran saputangan dengan canting. Sedangkan untuk mahasiswa dan umum, biayanya adalah Rp50.000 dengan lama belajarnya 3-4 jam dan dibekali kain yang berukuran 57x57 cm sebagai media membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

Kelas membatik ini juga memiliki tujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai batik Betawi yang juga menjadi ciri dari kain khas Jakarta. “Pembelajaran ini supaya anak-anak pada tahu mengenai batik Betawi. Karena sekarang lebih banyak batik printing daripada batik cap atau tulis,” tambah Hafizoh.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

Baru-baru ini juga ada sejumlah pelajar yang datang ke sanggar Batik di dekat Pondok Indah Mall tersebut. “Hari Kamis (pekan) kemarin ada dari SD Al-Hikmah Cilandak, anak-anak kelas lima,” ucap Hafizoh. Dengan canting dan kain putih, para pelajar tersebut mengekspresikan kreativitas mereka sekaligus mempelajari batik yang menjadi identitas budaya warga Betawi.


Read More

Artikel Lainnya

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya

20210417_123323.jpg

Berita Kawasan

Pantauan Harga Kebutuhan Pangan di Pasar Tangerang selama Ramadan

20 April 2021, 12:09

Setiap Bulan harga jual di pasar mengalami kenaikan. Seperti saat ini, di Bulan Ramadan harga pasar pun kerap mengalami kenaikan. Kenaikan harga cukup membuat beberapa pedagang mengalami keluhan.


Comments


Please Login to leave a comment.