Pejaten-Kawasan-UMKM-Ini-Lestarikan-Batik-khas-Betawi-Emil=02.jpg

Pendidikan

Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja

Kain batik merupakan salah satu jenis kain khas Nusantara yang menjadi jati diri dari berbagai wilayah di Indonesia. Pasalnya, setiap wilayah memiliki kain batik yang menjadi cirinya sendiri. Salah satunya adalah batik Betawi yang miliki motif unik dengan warnanya yang mencolok. Tertarik mempelejari batik jenis ini? Terdapat sanggar sekaligus UMKM yang membuka pintunya untuk siapa saja yang ingin belajar motif batik Betawi.

UMKM tersebut bernama Batik Betawi Terogong yang berlokasi di Jalan Terogong III No.27 C, Cilandak, Jakarta Selatan. Menariknya selain menjual berbagai produknya, Batik Betawi Terogong juga ingin melestarikan kain batik khas Betawi dengan memberikan kesempatan untuk orang-orang mendalaminya. Bahkan tidak sedikit, sekolah-sekolah yang mengadakan field trip ke tempat ini untuk belajar membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

“Kalau pengunjung ingin belajar batik, kami bisa menyediakan (sarananya). Awalnya mereka diberikan kain kecil, (kemudian) kami ajari cara megang canting dan cara megang kainnya untuk membatik. Kita memang membuka kelas batik,” jelas pengelola Batik Betawi Terogong Hafizoh kepada PingPoint.co.id.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Biasanya untuk para pelajar yang ingin belajar batik, mereka akan dikenakan biaya sekira Rp35.000 dengan lama belajarnya 2-3 jam. Kemudian para pelajar akan diberikan tutorial cara membatik sembari dibekali kain seukuran saputangan dengan canting. Sedangkan untuk mahasiswa dan umum, biayanya adalah Rp50.000 dengan lama belajarnya 3-4 jam dan dibekali kain yang berukuran 57x57 cm sebagai media membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

Kelas membatik ini juga memiliki tujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai batik Betawi yang juga menjadi ciri dari kain khas Jakarta. “Pembelajaran ini supaya anak-anak pada tahu mengenai batik Betawi. Karena sekarang lebih banyak batik printing daripada batik cap atau tulis,” tambah Hafizoh.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

Baru-baru ini juga ada sejumlah pelajar yang datang ke sanggar Batik di dekat Pondok Indah Mall tersebut. “Hari Kamis (pekan) kemarin ada dari SD Al-Hikmah Cilandak, anak-anak kelas lima,” ucap Hafizoh. Dengan canting dan kain putih, para pelajar tersebut mengekspresikan kreativitas mereka sekaligus mempelajari batik yang menjadi identitas budaya warga Betawi.

Read More

Artikel Lainnya

DIY Masker Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Kesehatan

Panduan Mencuci Masker Kain dari BPOM

29 May 2020, 16:44

Masker kain menjadi alat pelindung diri bagi masyarakat ketika keluar rumah di tengah pandemi COVID-19. Berikut panduan mencuci masker kain dari BPOM.

Pemkot Tangerang Sosialisasikan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil

Kesehatan

Studi Ungkap COVID-19 Dapat Mengganggu Fungsi Kerja Plasenta

29 May 2020, 16:40

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan COVID-19 memengaruhi fungsi kerja plasenta pada ibu hamil. Namun, kondisi ini dinilai tidak membahayakan bayi.

960x0.jpg

Hobi dan Hiburan

JK Rowling Gratiskan Novel Terbarunya Secara Digital

29 May 2020, 16:28

Bagi yang ingin mendapatkan novel versi digital ini dapat mengunduhnya dari website theickabog.com

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

Kesehatan

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

29 May 2020, 14:00

Anda tetap harus waspada bila berada di ruangan tertutup ber-AC selama pandemi COVID-19. Contohnya di lima tempat berikut ini.


Comments


Please Login to leave a comment.