Pejaten-Kawasan-UMKM-Ini-Lestarikan-Batik-khas-Betawi-Emil=02.jpg

Pendidikan

Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja

Kain batik merupakan salah satu jenis kain khas Nusantara yang menjadi jati diri dari berbagai wilayah di Indonesia. Pasalnya, setiap wilayah memiliki kain batik yang menjadi cirinya sendiri. Salah satunya adalah batik Betawi yang miliki motif unik dengan warnanya yang mencolok. Tertarik mempelejari batik jenis ini? Terdapat sanggar sekaligus UMKM yang membuka pintunya untuk siapa saja yang ingin belajar motif batik Betawi.

UMKM tersebut bernama Batik Betawi Terogong yang berlokasi di Jalan Terogong III No.27 C, Cilandak, Jakarta Selatan. Menariknya selain menjual berbagai produknya, Batik Betawi Terogong juga ingin melestarikan kain batik khas Betawi dengan memberikan kesempatan untuk orang-orang mendalaminya. Bahkan tidak sedikit, sekolah-sekolah yang mengadakan field trip ke tempat ini untuk belajar membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

“Kalau pengunjung ingin belajar batik, kami bisa menyediakan (sarananya). Awalnya mereka diberikan kain kecil, (kemudian) kami ajari cara megang canting dan cara megang kainnya untuk membatik. Kita memang membuka kelas batik,” jelas pengelola Batik Betawi Terogong Hafizoh kepada PingPoint.co.id.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Biasanya untuk para pelajar yang ingin belajar batik, mereka akan dikenakan biaya sekira Rp35.000 dengan lama belajarnya 2-3 jam. Kemudian para pelajar akan diberikan tutorial cara membatik sembari dibekali kain seukuran saputangan dengan canting. Sedangkan untuk mahasiswa dan umum, biayanya adalah Rp50.000 dengan lama belajarnya 3-4 jam dan dibekali kain yang berukuran 57x57 cm sebagai media membatik.

UMKM Batik Betawi Terogong

Kelas membatik ini juga memiliki tujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai batik Betawi yang juga menjadi ciri dari kain khas Jakarta. “Pembelajaran ini supaya anak-anak pada tahu mengenai batik Betawi. Karena sekarang lebih banyak batik printing daripada batik cap atau tulis,” tambah Hafizoh.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

Baru-baru ini juga ada sejumlah pelajar yang datang ke sanggar Batik di dekat Pondok Indah Mall tersebut. “Hari Kamis (pekan) kemarin ada dari SD Al-Hikmah Cilandak, anak-anak kelas lima,” ucap Hafizoh. Dengan canting dan kain putih, para pelajar tersebut mengekspresikan kreativitas mereka sekaligus mempelajari batik yang menjadi identitas budaya warga Betawi.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.