Ingin Cepat Betah di Kantor Baru Lakukan Hal Ini

Bisnis

Ingin Cepat Betah di Kantor Baru? Lakukan Hal Ini!

Bulan Desember biasanya jadi momen perpisahan dengan kantor lama. Fenomena pindah akhir tahun biasanya terjadi karena banyak alasan, mulai dari ingin mendapatkan pendapatan atau kesempatan yang lebih besar hingga faktor kenyamanan. Fenomena pindah kantor ini biasanya kerap terjadi pada generasi milenial dan Z yang masih mencari tempat yang tepat atau sesuai dengan kriteria mereka. Hal ini tentunya menimbulkan dampak baik dan buruk, khususnya pada dampak psikologis.

Berpindah-pindah tempat kerja tentunya membuat Anda harus memulai semuanya dari awal, baik dari segi kerajaan, budaya kantor hingga lingkungan pertemanan. Memiliki kemampuan pada bidang pekerjaan menjadi hal valid, namun kemampuan Anda tersebut justru akan tertahan jika tidak diimbangi dengan sosialisasi serta adaptasi yang baik.

[Baca Juga: Fashion Tips Kenakan Pakaian Kantor Secara Berulang]

Khususnya bagi Anda yang bekerja dalam sebuah tim, maka komunikasi serta etika bekerja sangat menentukan sukses atau tidaknya (Sukses dalam konteks menyelesaikan pekerjaan bersama) Anda pada sebuah kantor. Dengan demikian, adaptasi kantor baru menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Melansir dari beberapa halaman sumber seperti robertwalters.be (10/12/2019), berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang cara mudah beradaptasi di kantor baru.

Ingin Cepat Betah di Kantor Baru Lakukan Hal Ini Pakaian Nyaman

1) Gunakan Pakaian yang Paling Nyaman

Tanpa disadari pakaian menjadi salah satu hal yang paling membantu Anda untuk tampil percaya diri dihadapan orang-orang baru. Hal ini dikarenakan, pakaian menjadi elemen yang menggambarkan karakter Anda di hari pertama bekerja. Jika Anda merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakan, maka pikiran positif dan rasa percaya diri pun menjadi meningkat sehingga rasa gugup dapat teratasi.

Ingin Cepat Betah di Kantor Baru Lakukan Hal Ini Jalin Hubungan

2) Jalin Hubungan dalam Skala Kecil Dulu

Menjalin hubungan dengan orang baru mungkin tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan masih sedikit informasi yang Anda ketahui tentang lingkungan kerja baru,. Dengan demikian, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk dapat adaptasi di kantor baru adalah menjalin hubungan sosial dalam skala yang kecil terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk bergaul agar Anda tidak di cap SKSD (Sok Kenal Sok Dekat), karena pergaulan Anda akan meluas dengan sendirinya nanti.

Ingin Cepat Betah di Kantor Baru Lakukan Hal Ini Jangan Takut Bertanya

3) Jangan Takut Bertanya

Masuk ke lingkungan baru maka ada pekerjaan baru. Meski hal ini cukup menantang, namun jangan takut untuk mengeksplorasi pekerjaan Anda. Salah satu cara yang paling aman ketika mengerjakan pekerjaan baru adalah bertanya. Tanyakan segala hal yang Anda ingin ketahui tentang pekerjaan kepada teman sekitar agar Anda tidak salah dalam mengambil langkah. Usahakan untuk hadir dalam setiap kesempatan agar Anda bisa lebih tahu dengan cepat tentang apa yang sedang Anda kerjakan.

Ingin Cepat Betah di Kantor Baru Lakukan Hal Ini Perhatikan Cara Berbicara

4) Perhatikan Cara Berbicara

Etika berbicara sangat menentukan pandangan orang lain terhadap Anda. Anda tidak mau kan jika hari pertama masuk kerja malah memberikan kesan yang buruk. Salah satu yang paling aman ketika berbicara dengan orang baru adalah memberikan jeda. Usahakan untuk berbicara dengan nada yang pelan dan jelas dan berikan jeda kepada lawan bicara agar komunikasi berjalan dengan nyaman.

Rasa takut dengan lingkungan baru sangat wajar terjadi, Pointers. Namun, dari situ Anda menjadi harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan rapi. Jika Anda sudah siap dan nyaman, maka pikiran pun menjadi positif, dengan begitu rasa percaya diri akan muncul.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 3 years, 1 month lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan TAMBAHAN FREECHIPS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (BOLA165,CO) sekarang juga guys. . .