Ingin Coba Ultramarathon Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya

Kesehatan

Ingin Coba Ultramarathon? Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya

Pelari serta ibu rumah tangga Carla Faelany, ialah salah satu peserta charity run bertajuk Run To Care yang diinisiasi oleh SOS Children’s Villages, yang diadakan di Bali, 26-28 Juli 2019. Mengusung konsep Ultramarathon 150 kilometer, Run To Care Bali 150K merupakan atmosfer baru dalam olahraga dengan melibatkan 300 pelari, lebih dari 6400 donatur dan puluhan mitra korporasi yang berkomitmen mewujudkan masa depan bagi ribuan anak.

Carla sendiri sudah mengikuti Run To Care sejak 2017 dan tak pernah absen. Pengalamannya sebagai pelari sekaligus ibu rumah tangga tentu menginspirasi banyak orang. Ia mengaku berlari bukan untuk mengejar prestasi, tapi untuk berjuang demi anak-anak yang masih kurang beruntung.

Ingin Coba Ultramarathon Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya

Kepada PingPoint.co.id, Carla pun membeberkan lima tips persiapan wajib yang biasa dilakukan sebelum mengikuti ultramarathon yang memiliki jarak ratusan bahkan ribuan kilometer. Berikut lima persiapan wajib sebelum mengikuti ultramaratahon ala Carla.

1. Latihan Endurance (Daya Tahan)

Menjaga kekuatan tubuh adalah hal paling penting agar bisa berlari hingga finis saat lomba ultramarathon. Latihan endurance (daya tahan) biasanya Carla lakukan dengan cara rutin mengikuti gym dan bersepeda. Setiap harinya, ia mengaku minimal bersepeda sejauh 20 kilometer dan dilakukan setiap hari.

2. Latihan Strength (Otot)

Penguatan otot sangat penting bagi pelari supaya mencegah cedera ketika berlari,” tutur Carla. Latihan kekuatan seperti angkat beban juga membuat Anda tak mudah mengalami cedera, meningkatkan fungsi persendian, metabolisme dan fungsi jantung. 

[Baca Juga: 300 Pelari Run To Care Siap Wujudkan Mimpi Ribuan Anak Indonesia]

3. Perbanyak Nutrisi

Carla biasanya mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak mengonsumsi nutrisi. Karena otot serta jaringan sangat rentan mengalami cedera. Carla pun mengaku mengurangi konsumsi makanan yang digoreng dan rutin memperbanyak asupan sayuran, daging, buah, dan ikan.

4. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci pelari untuk bisa bertahan hingga finis. Jika kurang istirahat, biasanya fisik tak bisa melanjutkan lomba karena kaki mengalami keram atau mendapatkan cedera lainnya yang mengganggu jalannya lomba ultramarathon.

5. Recovery atau Pemulihan

“Sebelum race yang berat dan sesudah berlari, Anda harus mendapatkan recovery yang cukup dengan cara mendatangi fisioterapis,” tuturnya. Menurut Carla, fisioterapis sangat penting karena jika diabaikan Anda bisa saja mendapatkan cedera tak terduga. Sport massage ini harus dilakukan karena otot butuh relaksasi dan agar tak merusak jaringan otot yang kelelahan pascaberlari ratusan kilometer.

[Baca Juga: Patahkan Stigma HIV/AIDS, Tesa Ikut Ramaikan Jakarta Marathon 2018]

Sebelum mengikuti lomba ultramarathon, sebaiknya Anda terlebih dahulu mencicipi marathon dengan jarak yang pendek untuk berlatih. Hal ini harus dilakukan agar badan Anda tidak kaget karena harus berlari di tengah teriknya matahari dengan jarak ratusan kilometer.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.