Ingin Coba Ultramarathon Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya

Kesehatan

Ingin Coba Ultramarathon? Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya

Pelari serta ibu rumah tangga Carla Faelany, ialah salah satu peserta charity run bertajuk Run To Care yang diinisiasi oleh SOS Children’s Villages, yang diadakan di Bali, 26-28 Juli 2019. Mengusung konsep Ultramarathon 150 kilometer, Run To Care Bali 150K merupakan atmosfer baru dalam olahraga dengan melibatkan 300 pelari, lebih dari 6400 donatur dan puluhan mitra korporasi yang berkomitmen mewujudkan masa depan bagi ribuan anak.

Carla sendiri sudah mengikuti Run To Care sejak 2017 dan tak pernah absen. Pengalamannya sebagai pelari sekaligus ibu rumah tangga tentu menginspirasi banyak orang. Ia mengaku berlari bukan untuk mengejar prestasi, tapi untuk berjuang demi anak-anak yang masih kurang beruntung.

Ingin Coba Ultramarathon Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya

Kepada PingPoint.co.id, Carla pun membeberkan lima tips persiapan wajib yang biasa dilakukan sebelum mengikuti ultramarathon yang memiliki jarak ratusan bahkan ribuan kilometer. Berikut lima persiapan wajib sebelum mengikuti ultramaratahon ala Carla.

1. Latihan Endurance (Daya Tahan)

Menjaga kekuatan tubuh adalah hal paling penting agar bisa berlari hingga finis saat lomba ultramarathon. Latihan endurance (daya tahan) biasanya Carla lakukan dengan cara rutin mengikuti gym dan bersepeda. Setiap harinya, ia mengaku minimal bersepeda sejauh 20 kilometer dan dilakukan setiap hari.

2. Latihan Strength (Otot)

Penguatan otot sangat penting bagi pelari supaya mencegah cedera ketika berlari,” tutur Carla. Latihan kekuatan seperti angkat beban juga membuat Anda tak mudah mengalami cedera, meningkatkan fungsi persendian, metabolisme dan fungsi jantung. 

[Baca Juga: 300 Pelari Run To Care Siap Wujudkan Mimpi Ribuan Anak Indonesia]

3. Perbanyak Nutrisi

Carla biasanya mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak mengonsumsi nutrisi. Karena otot serta jaringan sangat rentan mengalami cedera. Carla pun mengaku mengurangi konsumsi makanan yang digoreng dan rutin memperbanyak asupan sayuran, daging, buah, dan ikan.

4. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci pelari untuk bisa bertahan hingga finis. Jika kurang istirahat, biasanya fisik tak bisa melanjutkan lomba karena kaki mengalami keram atau mendapatkan cedera lainnya yang mengganggu jalannya lomba ultramarathon.

5. Recovery atau Pemulihan

“Sebelum race yang berat dan sesudah berlari, Anda harus mendapatkan recovery yang cukup dengan cara mendatangi fisioterapis,” tuturnya. Menurut Carla, fisioterapis sangat penting karena jika diabaikan Anda bisa saja mendapatkan cedera tak terduga. Sport massage ini harus dilakukan karena otot butuh relaksasi dan agar tak merusak jaringan otot yang kelelahan pascaberlari ratusan kilometer.

[Baca Juga: Patahkan Stigma HIV/AIDS, Tesa Ikut Ramaikan Jakarta Marathon 2018]

Sebelum mengikuti lomba ultramarathon, sebaiknya Anda terlebih dahulu mencicipi marathon dengan jarak yang pendek untuk berlatih. Hal ini harus dilakukan agar badan Anda tidak kaget karena harus berlari di tengah teriknya matahari dengan jarak ratusan kilometer.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.