Ingin Kembangkan Tanaman Toga di Rumah Ini Rekomendasi Dosen Unair.jpg

Properti dan Solusi

Ingin Kembangkan Tanaman Toga di Rumah? Ini Rekomendasi Dosen Unair

Tanaman Toga yang merupakan singkatan tanaman obat dan keluarga memang selama beberapa tahun terakhir digaungkan pemerintah agar ditanam di sekitar area rumah. Mengingat selain bisa membantu menghijaukan lingkungan, tanaman Toga memang diketahui sebagai apotek hidup berkat kemampuannya untuk menjaga kesehatan keluarga atau meredakan sakit. Bila Anda memang tengah mempertimbangkan untuk menanam tanaman Toga di rumah tapi masih bingung jenis tanaman apa yang akan ditanam, Dosen Prodi Sarjana Terapan Pengobatan Tradisional Universitas Airlangga (Unair) Maya Septriana S.si., Apt, M.si.,memberikan rekomendasinya.

Maya memaparkan pentingnya kehadiran tanaman Toga serta manfaatnya yang memang erat kaitannya dengan budaya medis tradisional. Karena jamu yang merupakan metode pengobatan tradisional sebenarnya memiliki data empiris yang diketahui memperlihatkan manfaat jika dikonsumsi secara rutin. “Pengobatan tradisional lebih terkenal pada sifat warisan turun temurun namun sekarang sudah berkembang pada pembuktian ilmiah,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (13/9/2022).

Ingin Kembangkan Tanaman Toga di Ruma Ini Rekomendasi Dosen Unair.jpg

Lantas data empiris apa yang mendukung pemanfaatan tanaman Toga? Maya mencontohkan kunyit yang memiliki nama ilmiah Curcuma domestica. Di dalam tanaman ini ditemukan kandungan kurkuminoid serta ukanon jenis A, B, C, dan D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian ada juga temulawak atau Curcuma xanthorizza yang memiliki kandungan fenandrean, fumerol, dan kurkumindan desmetoksikurkumin yang memiliki khasiat untuk aktioksidan serta imunostimulan. Lalu ada juga jahe atau Zingiber officinale yang memang memiliki kandungan gingerol, oleoresin, dan shogaol yang terdapat efek sebagai imunomodulator.

[Baca Juga: Menteri BUMN Sebut Sumut Punya Potensi Kembangkan Tanaman Obat]

Tanaman Toga yang Maya rekomendasikan Anda bisa kembangkan di rumah adalah kunyit, temulawak, jahe, serai, kelor, kencur, dan sambiloto. “Kita bisa menanam sendiri di pekarangan, nanti bisa kita manfaatkan, seperti membuat rebusan dari tanaman tersebut untuk dijadikan jamu,” tuturnya.

Proses pengolahan dari tanaman Toga terbilang sederhana. Untuk jenis-jenis yang direkomendasikan oleh Maya, ia menyarankan pengolahannya dengan metode infusa alias perebusan dengan teknik khusus. Selain itu untuk media perebusannya sendiri, Maya menambahkan, ia merekomendasikan tanaman Toga diolah menggunakan panci dengan bahan gerabah atau stainless steel dan menghindari yang berbahan alumunium.


Read More

Artikel Lainnya

Topping Off Apartamen Antasari Place, Wujud Komitmen PDS untuk Stakeholde r.jpg

Properti dan Solusi

Topping Off Apartemen Antasari Place, Wujud Komitmen PDS untuk Stakeholder

01 June 2023, 07:13

Pengembang PT PDS baru-baru ini secara resmi memulai proyek apartemen Antasari Place di Jakarta Selatan melalui proses topping off.

Dukung Kesibukan Pekerja Hybrid, Acer Luncurkan Rangkaian Laptop Anyar.jpg

Bisnis

Dukung Kesibukan Pekerja Hybrid, Acer Luncurkan Rangkaian Laptop Anyar

29 April 2023, 12:37

Melalui rangkaian terbaru produk Travelmate, Acer menargetkan Anda yang terbiasa bekerja secara hybrid.

#LengkapiCintadanKebaikan, Kampanye Astra Life Syariah untuk Berbagi dan Proteksi Diri.jpg

Bisnis

#LengkapiCintadanKebaikan, Kampanye Astra Life Syariah untuk Berbagi dan Proteksi Diri

14 April 2023, 09:55

Dalam rangka momen Ramadan, Astra Life Syariah meluncurkan programnya yang ditujukan untuk mendorong proteksi diri bagi Muslim Tanah Air sekaligus saling berbagi.

Ada Teater Double Deck! Cinepolis Resmikan Bioskop Terbesarnya di Senayan Park.jpg

Bisnis

Ada Teater Double Deck! Cinepolis Resmikan Bioskop Terbesarnya di Senayan Park

13 April 2023, 09:40

Jaringan bioskop internasional Cinepolis pada pekan ini secara resmi meluncurkan bioskop terbesarnya di Tanah Air yang dihadirkan di mal Senayan Park.


Comments


Please Login to leave a comment.