Ingin Kembangkan Tanaman Toga di Rumah Ini Rekomendasi Dosen Unair.jpg

Properti dan Solusi

Ingin Kembangkan Tanaman Toga di Rumah? Ini Rekomendasi Dosen Unair

Tanaman Toga yang merupakan singkatan tanaman obat dan keluarga memang selama beberapa tahun terakhir digaungkan pemerintah agar ditanam di sekitar area rumah. Mengingat selain bisa membantu menghijaukan lingkungan, tanaman Toga memang diketahui sebagai apotek hidup berkat kemampuannya untuk menjaga kesehatan keluarga atau meredakan sakit. Bila Anda memang tengah mempertimbangkan untuk menanam tanaman Toga di rumah tapi masih bingung jenis tanaman apa yang akan ditanam, Dosen Prodi Sarjana Terapan Pengobatan Tradisional Universitas Airlangga (Unair) Maya Septriana S.si., Apt, M.si.,memberikan rekomendasinya.

Maya memaparkan pentingnya kehadiran tanaman Toga serta manfaatnya yang memang erat kaitannya dengan budaya medis tradisional. Karena jamu yang merupakan metode pengobatan tradisional sebenarnya memiliki data empiris yang diketahui memperlihatkan manfaat jika dikonsumsi secara rutin. “Pengobatan tradisional lebih terkenal pada sifat warisan turun temurun namun sekarang sudah berkembang pada pembuktian ilmiah,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (13/9/2022).

Ingin Kembangkan Tanaman Toga di Ruma Ini Rekomendasi Dosen Unair.jpg

Lantas data empiris apa yang mendukung pemanfaatan tanaman Toga? Maya mencontohkan kunyit yang memiliki nama ilmiah Curcuma domestica. Di dalam tanaman ini ditemukan kandungan kurkuminoid serta ukanon jenis A, B, C, dan D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian ada juga temulawak atau Curcuma xanthorizza yang memiliki kandungan fenandrean, fumerol, dan kurkumindan desmetoksikurkumin yang memiliki khasiat untuk aktioksidan serta imunostimulan. Lalu ada juga jahe atau Zingiber officinale yang memang memiliki kandungan gingerol, oleoresin, dan shogaol yang terdapat efek sebagai imunomodulator.

[Baca Juga: Menteri BUMN Sebut Sumut Punya Potensi Kembangkan Tanaman Obat]

Tanaman Toga yang Maya rekomendasikan Anda bisa kembangkan di rumah adalah kunyit, temulawak, jahe, serai, kelor, kencur, dan sambiloto. “Kita bisa menanam sendiri di pekarangan, nanti bisa kita manfaatkan, seperti membuat rebusan dari tanaman tersebut untuk dijadikan jamu,” tuturnya.

Proses pengolahan dari tanaman Toga terbilang sederhana. Untuk jenis-jenis yang direkomendasikan oleh Maya, ia menyarankan pengolahannya dengan metode infusa alias perebusan dengan teknik khusus. Selain itu untuk media perebusannya sendiri, Maya menambahkan, ia merekomendasikan tanaman Toga diolah menggunakan panci dengan bahan gerabah atau stainless steel dan menghindari yang berbahan alumunium.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.