BINTARO_PENDIDIKAN_INGIN-KULIAH-DI-STAN-BINTARO-KENALI-DULU-JURUSANNYA_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Pendidikan

Ingin Kuliah di STAN Bintaro? Kenali Dulu Program Studinya

Di kawasan Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel) banyak berdiri universitas ternama. Namun dari sekian banyak perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Bintaro, jadi salah satu yang paling diminati calon mahasiswa. Perguruan tinggi negeri dibawah naungan Kementerian Keuangan ini awalnya bernama STAN Bintaro. Namun pada 23 Juli 2015, perguruan tinggi ini mengubah namanya menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN.

Pendidikan di Politeknik Keuangan STAN secara umum terdiri dari program pendidikan diploma I, III, dan IV. Bagi kamu yang ingin menjadi pegawai negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan, ada baiknya kamu mengenal dan memahami dulu jurusan yang ada di kampus ini. Dalam artikel ini, PingPoint akan menjelaskan jurusan apa saja yang ada di STAN seperti dikutip dari infokampus.news, Senin (8/10/2018).

  1. Akuntansi

Akuntansi adalah proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan suatu entitas. Secara umum, yang dipelajari di jurusan Akuntansi STAN dan akuntansi di universitas lain tak jauh berbeda. Hanya saja, di Politeknik Keuangan Negara STAN ada tambahan mata kuliah di bidang pemerintahan. Misalnya Keuangan Publik, Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan, dan lain-lain. Sementara lulusan dari jurusan Akuntansi STAN, bisa ditempatkan ke semua instansi.

  1. Perpajakan

Lalu ada jurusan Perpajakan. Secara umum jurusan pajak di universitas di Tanah Air lebih diajarkan bagaimana membuat laporan keuangan perpajakan. Lebih dari itu, mahasiswa STAN akan diajarkan perihal administrasi atau tata usahanya dari sisi pemungutan pajak dan hubungan dengan keuangan negara. Sedangkan materi yang dipelajari di jurusan Pajak antara lain Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Akuntansi Dasar sampai Menengah, dan mata kuliah lainnya. Lulusan jurusan Pajak sebagian besar akan ditempatkan di Ditjen Pajak.

  1. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Kepabeanan dan Cukai di Politeknik Keuangan Negara STAN memiliki 2 (dua) Program Studi unggulan, yaitu Program Studi Diploma Tiga (III) Kepabeanan dan Cukai dan Program Studi Diploma Satu (I) Kepabeanan dan Cukai. Masing-masing Program Studi dipimpin oleh Ketua Program Studi. Penyelenggaraan pendidikan untuk Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai diselenggarakan di Kampus STAN. Sedangkan untuk Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai, selain diselenggarakan di Kampus STAN, juga mengambil tempat di Balai Diklat Keuangan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

  1. Kebendaharaan Negara

Kata “bendahara” artinya adalah orang yang mengurus masalah keuangan. Dalam lingkup yang lebih luas, dalam hal ini negara, bendahara negara berarti mempunyai tugas mengurus keuangan negara. Ada empat unsur penting yang wajib dipelajari selama kalian berkuliah di jurusan Kebendaharaan Negara, yaitu perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara itu. Dalam hal perencanaan, yang dipelajari di STAN di antaranya tentang Sistem Perencanaan Anggaran, Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), bagaimana kementerian-kementerian negara atau lembaga mengajukan anggaran, bagaimana mekanismenya menjadi sebuah APBN, dan lainnya.

Sedangkan implementasinya, mahasiswa akan mempelajari tentang pelaksanaan APBN di sektor belanja, pendapatan maupun pembiayaan, pengelolaan kas, pengelolaan investasi, pengelolaan utang, dan lain-lain. Sementara materi yang dipelajari di jurusan Kebendaharaan Negara sesuai dengan tugas dan fungsi Ditjen Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, serta Ditjen Pengelolaan Utang.

  1. Penilai atau Pajak Bumi Bangunan

Penilai adalah profesi yang bergelut di bidang penentuan atau penaksiran nilai dari sebuah aset, dalam hal ini adalah bumi dan bangunan. Jurusan ini juga biasa disebut sebagai “Tekniknya STAN”, jadi jangan heran jika di jurusan ini ada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah, Teknologi Bangunan, Teknik Perencanaan Kota, dan lain-lain. Jurusan ini hanya terdapat di Politeknik Keuangan Negara STAN dan belum ada di perguruan tinggi lain di Indonesia. Jadi bisa dibilang, jurusan ini sifatnya sangat istimewa dan langka. Lulusan dari Jurusan Penilai bisa ditempatkan dalam Ditjen Pajak dan Ditjen Kekayaan Negara atau BPKP.

  1. Manajemen Aset

Jika jurusan Penilai bisa disebut sebagai “Tekniknya STAN”, maka jurusan Manajemen Aset bisa disebut sebagai “Hukumnya STAN”. Di sini mahasiswa akan berkutat dengan mata kuliah hukum yang tidak jauh dari topik masalah piutang lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti. Setelah lulus dari jurusan ini, akan ditempatkan sebagai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Nah, itulah gambaran tentang jurusan dan mata kuliah yang akan dipelajari di Politeknik Keuangan Negara STAN. Tertarik untuk menjadi mahasiswa di Politeknik Keuangan Negara STAN Bintaro?


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.