Ingin Kuliah Sambil Bekerja? Coba di Universitas Mercubuana

Pendidikan

Ingin Kuliah Sambil Bekerja? Coba di Universitas Mercubuana

Universitas Mercubuana membuka kelas perkuliahan untuk kelas karyawan. Kelas ini memungkinkan para karyawan melanjukan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus mengorbankan waktu pekerjaan.

Pasalnya, kuliah sambil bekerja menjadi pilihan banyak orang demi meneruskan pendidikannya yang mungkin saja sebelumnya sempat tertahan karena berbagai faktor. Banyak alasan mengapa mengambil kuliah setelah bekerja. Salah satunya Selain untuk meningkatkan taraf dalam pekerjaan, kuliah sambil bekerja juga memiliki fungsi semakin meluaskan jaringan (networking).

Atas dasar itulah, banyak orang rela rela meluangkan waktu istirahat usai bekerja untuk pergi kuliah ke universitas pilihan mereka. Walau sudah memiliki biaya dan persiapan lainnya, memilih tempat kuliah yang tepat pun menjadi bahan pertimbangan.

(Baca juga : Sepenggal Cerita Antara Probosutedjo dan Universitas Mercubuana)

Bila terlalu jauh, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat kuliah pun semakin lama dan ini dapat memicu rasa malas untuk menghadiri perkuliahan. Solusi yang paling tepat adalah mencari universitas yang memiliki kampus dekat kantor atau tempat tinggal Anda.

Artikel ini akan mengulas Universitas Mercubuana, di mana universitas swasta ini dapat menjadi kampus rekomendasi untuk Anda yang bekerja atau tinggal di area Meruya.

Kelas Karyawan

Berdasarkan keterangan dari Universitas Mercubuana, kelas karyawan yang tersedia di sana terdiri dari tiga strata yaitu program S1, S2 hingga S3. Kelas ini diperuntukkan untuk orang-orang yang ingin berkuliah namun tidak memiliki banyak waktu luang pada weekday. Lalu apa yang membedakan kelas karyawan dengan kelas reguler di sana?

Kelebihannya, pertama adalah waktu kuliahnya bisa masuk Senin hingga Jumat sore atau memilih Sabtu yang ditambah program e-learning. Kedua adalah biaya studi dapat diangsur dengan kemampuan sehingga tidak memberatkan keuangan keluarga Anda. Ketiga, Anda bisa memilih kuliah di Kampus Meruya, Menteng atau Bekasi. Keempat, ada bus kampus untuk antar-jemput mahasiswa yang berasal dari Bekasi, Depok dan Tangerang. Terakhir adalah mahasiswa yang berasal dari luar kota disediakan fasilitas mess.

(Baca juga: 4 Tips Memilih Kelas Karyawan di Universitas Trilogi Tebet)

Terkait jurusannya, banyak program yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk S1, bila Anda lulusan D3 maka masa studinya diperkirakan butuh waktu 1,5 hingga 2 tahun dengan beban studi 42 sampai 72 SKS. Sedangkan lulusan SMU atau SMK, masa studinya adalah 4-5 tahun dengan jumlah SKS yang harus diambil adalah 144 hingga 146 SKS.

Berikut ini jurusan-jurusan (S1) yang ada di Universitas Mercubuana:

  1. Fakultas Teknik: Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur.
  2. Fakultas Ilmu Komputer: Teknik Informatika, Sistem Informasi.
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Manajemen, Akuntansi.
  4. Fakultas Seni dan Kreatif: Desain Produk, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual.
  5. Fakultas Ilmu Komunikasi: Broadcasting, Public Relation, Marketing Communication & Advertising.
  6. Fakultas Psikologi: Psikologi Umum.

Selain S1, Universitas Mercubuana juga memiliki S2 dan S3. Program ini dikhususkan untuk Anda yang ingin kembali meneruskan pendidikan tingkat lanjut ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk pasca-sarjana, masa studinya adalah empat semester atau sekira dua tahun dengan jumlah beban studinya adalah 42-45 SKS. Berikut ini program studinya untuk S2 yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Elektro, Magister Akuntansi, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik mesin.

Sedangkan untuk S3 ada tiga konsentrasi program yaitu Manajemen Sumber Daya, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Keuangan. Itulah program-program yang ada di Universitas Mercubuana yang dapat Anda pilih jika ingin masuk dalam kelas karyawan di sana. Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa mendatangi kampus Meruya yang berlokasi di Jalan Meruya Selatan, Kebun Jeruk atau menghubungi: (021) 5857722, 5840816 dan 08118595777.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  12 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.