Ingin Membuat Sendiri Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Kesehatan

Ingin Membuat Sendiri? Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Para peneliti di Universitas Cambridge menguji berbagai bahan rumah tangga untuk masker buatan sendiri yang ampuh menyaring bakteri Bacillus atrophaeus yang berukuran 0,93-1,25 mikron dan virus Bacteriophage MS yang berukuran 0,023 mikron.

Melansir laman smartairfilters (24/03/2020). Masker buatan sendiri dari bahan kaus katun dapat menyaring beberapa partikel yang berukuran 0,02-1 mikron. Lalu, sekelompok peneliti di Belanda menguji masker buatan sendiri yang terbuat dari serbet untuk partikel yang lebih kecil (ukurannya lebih mirip dengan virus).

Ingin Membuat Sendiri Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Mereka menguji berapa persen partikel yang bisa ditangkap masker buatan sendiri ini untuk partikel dengan ukuran yang sama dengan para peneliti Cambridge. Hasilnya dapat menyaring dari 0,02 hingga 1 mikron. Mereka juga menggunakan mesin uji untuk menguji masker.

Dari penelitian tersebut, masker yang menggunakan bahan serbet, mampu menangkap 60 persen partikel 0,02-1 mikron.

[Baca Juga: Gandeng Minimarket, Uni-Charm Siap Luncurkan Produk Masker]

Para ilmuwan juga menguji partikel ukuran virus terhadap handuk yang berlapis ganda, sarung bantal dan kemeja katun.

Secara keseluruhan, lapisan ganda tidak banyak membantu. Sarung bantal dua lapis menangkap 1 persen lebih banyak partikel, dan kemeja dua lapis menangkap hanya 2 persen lebih banyak partikel. Namun lapisan serbet berlapis dapat meningkatkan kinerjanya sebesar 14 persen dan sama efektifnya dengan masker medis.

Sarung Bantal dan Kaus Katun Terbaik Buat Masker

Berdasarkan data, menurut para peneliti bahan-bahan untuk membuat masker sendiri yang terbuat dari handuk serbet atau bahan kantong penyedot debu bukanlah yang terbaik. Walaupun, pada dasarnya bahan tersebut cukup bekerja dengan baik untuk menangkap partikel virus.

Sedangkan, bahan seperti sarung bantal dan kaus katun adalah bahan terbaik untuk membuat masker sendiri. Karena bahan tersebut nyaman dipakai untuk bernapas.

Ingin Membuat Sendiri Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Berdasarkan penangkapan partikel dan kemampuan bernapas, para peneliti menyimpulkan bahwa kaus katun dan sarung bantal adalah pilihan terbaik dalam membuat masker.

Pada kesimpulannya, pilihan terbaik untuk membuat masker dengan menggunakan kaus katun, sarung bantal, atau bahan katun lainnya.

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Bahan-bahan ini dapat menyaring sekitar 50 persen partikel 0,2 mikron, ukurannya hampir sama dengan virus corona. Dan, mudah bernapas lebih nyaman dipakai selama beberapa jam.

Dalam membuat masker dengan beberapa lapisan, dapat memberikan peningkatan efektivitas filtrasi yang sangat kecil, tetapi membuat Anda sulit untuk bernapas.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.