Ingin Membuat Sendiri Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Kesehatan

Ingin Membuat Sendiri? Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Para peneliti di Universitas Cambridge menguji berbagai bahan rumah tangga untuk masker buatan sendiri yang ampuh menyaring bakteri Bacillus atrophaeus yang berukuran 0,93-1,25 mikron dan virus Bacteriophage MS yang berukuran 0,023 mikron.

Melansir laman smartairfilters (24/03/2020). Masker buatan sendiri dari bahan kaus katun dapat menyaring beberapa partikel yang berukuran 0,02-1 mikron. Lalu, sekelompok peneliti di Belanda menguji masker buatan sendiri yang terbuat dari serbet untuk partikel yang lebih kecil (ukurannya lebih mirip dengan virus).

Ingin Membuat Sendiri Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Mereka menguji berapa persen partikel yang bisa ditangkap masker buatan sendiri ini untuk partikel dengan ukuran yang sama dengan para peneliti Cambridge. Hasilnya dapat menyaring dari 0,02 hingga 1 mikron. Mereka juga menggunakan mesin uji untuk menguji masker.

Dari penelitian tersebut, masker yang menggunakan bahan serbet, mampu menangkap 60 persen partikel 0,02-1 mikron.

[Baca Juga: Gandeng Minimarket, Uni-Charm Siap Luncurkan Produk Masker]

Para ilmuwan juga menguji partikel ukuran virus terhadap handuk yang berlapis ganda, sarung bantal dan kemeja katun.

Secara keseluruhan, lapisan ganda tidak banyak membantu. Sarung bantal dua lapis menangkap 1 persen lebih banyak partikel, dan kemeja dua lapis menangkap hanya 2 persen lebih banyak partikel. Namun lapisan serbet berlapis dapat meningkatkan kinerjanya sebesar 14 persen dan sama efektifnya dengan masker medis.

Sarung Bantal dan Kaus Katun Terbaik Buat Masker

Berdasarkan data, menurut para peneliti bahan-bahan untuk membuat masker sendiri yang terbuat dari handuk serbet atau bahan kantong penyedot debu bukanlah yang terbaik. Walaupun, pada dasarnya bahan tersebut cukup bekerja dengan baik untuk menangkap partikel virus.

Sedangkan, bahan seperti sarung bantal dan kaus katun adalah bahan terbaik untuk membuat masker sendiri. Karena bahan tersebut nyaman dipakai untuk bernapas.

Ingin Membuat Sendiri Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker

Berdasarkan penangkapan partikel dan kemampuan bernapas, para peneliti menyimpulkan bahwa kaus katun dan sarung bantal adalah pilihan terbaik dalam membuat masker.

Pada kesimpulannya, pilihan terbaik untuk membuat masker dengan menggunakan kaus katun, sarung bantal, atau bahan katun lainnya.

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Bahan-bahan ini dapat menyaring sekitar 50 persen partikel 0,2 mikron, ukurannya hampir sama dengan virus corona. Dan, mudah bernapas lebih nyaman dipakai selama beberapa jam.

Dalam membuat masker dengan beberapa lapisan, dapat memberikan peningkatan efektivitas filtrasi yang sangat kecil, tetapi membuat Anda sulit untuk bernapas.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.