Ingin Memiliki Rambut Sehat Dan Berkilau Ini Cara Merawatnya

Kecantikan dan Fashion

Ingin Memiliki Rambut Sehat Dan Berkilau? Ini Cara Merawatnya

Jika dilihat dari jauh, rambut yang terlihat indah belum tentu tanpa masalah. Seiring berjalannya waktu, rambut bisa saja menjadi kering, rontok, atau bercabang. Sinar matahari, iklim, dan polusi diduga sebagai penyebab perubahan dan kerusakan rambut. Belum lagi dengan pemakaian hair dryer, catokan, pengeriting, dan hingga penggunaan pewarna rambut.

Ada beragam cara merawat rambut agar sehat dan berkilau. Bahkan ada langkah mudah yang bisa Anda lakukan tanpa harus ke salon seperti memilih produk perawatan rambut yang sesuai, menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung kesehatan rambut, serta menutrisi rambut dari dalam melalui asupan makanan sehat.

Ingin Memiliki Rambut Sehat Dan Berkilau Ini Cara Merawatnya

Melansir dari beberapa literatur, berikut cara merawat rambut agar sehat dan berkilau yang dapat Anda lakukan setiap hari di rumah, seperti:

  1. Kesehatan Kulit Kepala

Cara merawat rambut agar sehat, indah dan berkilau dapat dimulai dengan tidak melupakan kesehatan kulit kepala. Folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Dapat dikatakan kulit kepala adalah kunci rambut sehat. Keramas setiap dua atau tiga hari sekali, dan pijat kulit kepala selama 30 detik. Memijat kulit kepala mampu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau. Selain itu, oleskan minyak zaitun atau vitamin E di kulit kepala. Lindungi kulit kepala serta rambut dari sengatan sinar ultra violet yang berbahaya dengan menggunakan topi.

  • Produk Perawatan untuk Keramas

Disarankan untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut normal, berminyak, atau kering. Pilihlah sesuai masalah rambut yang Anda alami seperti ketombe, bercabang, dan rontok. Hindari sampo yang mengandung bahan-bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Setelah bersampo, gunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau, dan mudah ditata. Diamkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas hingga bersih.

  • Perawatan Setelah Keramas

Rambut yang masih basah, tiga kali lebih rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menyisir atau menggosok-gosok rambut yang masih basah dengan handuk. Lebih baik tata rambut ketika sudah 90 persen kering dan usahakan untuk membiarkan rambut kering dengan sendirinya sebagai salah satu cara perawatan rambut yang teratur.

  • Perawatan Sehari-hari

Meminimalkan penggunaan aksesoris rambut, jangan terlalu sering menguncir atau mengepang rambut. Sebaiknya Anda juga mengurangi pemakaian produk rambut berbahan kimia dan pemakaian alat penata rambut yang menggunakan panas.

  • Makanan untuk Vitamin Rambut

Kesehatan dan keindahan rambut dipengaruhi pula dengan apa yang Anda konsumsi dari dalam. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sarat protein, mengandung zat besi, dan asam lemak omega-3. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.

Selain melakukan cara merawat rambut di atas, akan lebih sempurna jika Anda juga sering melakukan perawatan rambut dengan memijat dan mengoleskan telur, lidah buaya, kemiri jika rambut Anda Hitam, avokad yang sudah dihancurkan, atau menggunakan bahan-bahan alami lain. Semua cara ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah setiap hari. Selamat mencoba!

[Baca Juga: Daun Seledri Ternyata Berkhasiat untuk Rambut]

[Baca Juga: 5 Cara Merawat Rambut Keriting]


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.