SERPONG-BISNIS-INGIN MEMULAI BISNIS KULINER SIMAK KISAH DARI CAFE ROBINA-KIKI-1100 px X 600 px-REVISI 01-02.jpg

Bisnis

Ingin Memulai Bisnis Kuliner? Simak Kisah dari Kafe Robina

Bisnis kuliner dinilai sebagai bisnis yang paling menjanjikan, karena siapa orang tang tak butuh makanan? Motivasi inilah yang membuat banyak orang ingin memulai bisnis kuliner. Termasuk Gracia Cita, ia bersama suaminya juga memilih kuliner sebagai bisnis yang mereka tekuni. Gracia atau lebih sering dipanggil Grace memilih membuka kafe bersama suaminya. Awalnya, Grace dan pasangannya bukan ingin membuka kafe melainkan bubble tea shop.

Namun, takdir berkata lain. Grace justru membuka kafe yang justru cakupan menunya lebih luas. Walaupun begitu, impiannya menjual bubble tea dapat tersalurkan di kafe ini. Ide kafe ini terpilih karena salah satu sekolah di daerah Tangerang sedang mencari rekanan untuk mengelola “kantin” umum sebagai tempat orang tua murid ada tempat menunggu anak pulang sekolah yang nyaman.

[Baca Juga: Langkah Mendekorasi Kafe dan Restoran Agar Menarik Pelanggan]

Akhirnya pada tahun 2016, dengan modal awal sebesar Rp80 juta, Grace membuka kafe yang ia namakan Café Robina. Nama Robina dipilih karena awalnya kafe ini hanya berfokus pada roping (roti panggang) didukung dengan slogan yang berbunyi “Ropang Bikin Nagih”. Namun slogan tersebut sudah tidak berlaku lagi sekarang, kepanjangan dari Robina kini berubah menjadi Roti, Bakmi dan Nasi. Perubahan ini diakui Grace karena konsumen lebih menyukai menu makanan berat.

Kopi dan Pisang Goreng Cafe Robina

Akhirnya, Grace bersama tim mulai fokus ke makanan berat yang cepat disajikan, misalnya Nasi Ayam Karage Sambal Matah, Geprek, Bakmie Ayam Jamur, Hamburger, dan lain sebagainya. Walaupun menu makanan ini menu makanan berat yang mengenyangkan, Grace tetap memilih menu yang kekinian. Hal tersebut dilakukan karena lokasi Café Robina yang diapit dengan sekolah dan rumah sakit. Konsumen yang datang ke kafenya tentu mencari menu yang sehat namun mengenyangkan. Menu yang kekinian dipilih karena pada dasarnya anak sekolah lebih menyukai makanan yang sedang tren dan cepat penyajiannya.

Café Robina di Nusaloka, BSD Serpong

1. Buka Hingga Malam

Sejak awal dibuka, Grace ingin menjadikan Café Robina sebagai tempat nongkrong yang buka hingga malam hari, sehingga anak-anak muda bisa berkunjung. Walaupun begitu Grace tetap menjadikan tempatnya nyaman untuk keluarga muda. Tak heran, Café Robina di desain dengan cozy dan harganya terjangkau di kantong anak sekolah.

2. Lokasi Strategis

Café Robina sendiri lokasinya berada di daerah Nusaloka. BSD. Tepatnya di Jl. Batam Sektor XIV-4 Selatan, Blok J-11, Kavling 02, Nusaloka, BSD, Tangerang Selatan 15310. Selain diapit rumah sakit dan sekolah, lokasi ini juga dekat dengan perumahan, sehingga bisa dikatakan kalau lokasi ini strategis.

[Baca Juga: 5 Lokasi di Bekasi yang Bisa Dijadikan Arena Berolahraga]

3. Pantau Operasional

Kini, Grace memiliki empat karyawan untuk membantunya mengoperasikan usahanya. Grace kerap kali berkunjung ke kafe untuk melihat perkembangan dan memantau operasional, bergantian dengan sang suami. Sedangkan untuk operasional harian, ia dibantu floor manager. Sebagai owner ia merasa perlu untuk memantau keadaan usaha yang dimiliki, karena ia juga harus update dengan kondisi di lapangan, keluhan dan saran pelanggan.

Ayam Karage Cafe Robina

4. Tampilan & Rasa Makanan

Grace juga memberikan tips dan trik untuk Anda yang ingin membuka usaha kuliner sepertinya, menurutnya jika Anda tertarik membuat usaha food & beverage sangat penting menjaga keseimbangan antara tampilan dan rasa. Menurutnya tampilan dan rasa adalah kesan pertama seseorang terhadap suatu tempat.

“Tampilan itu bisa menjadi standar rasa, jika tampilan bagus, orang pasti akan berekspektasi tinggi. Sedangkan kalau tampilan kurang bagus, orang akan malas memakannya karena kurang mengundang selera. Rasa juga sangat penting dijaga karena jika tampilan bagus dan rasa tidak enak, orang tidak akan kembali lagi,” ujarnya.

5. Dapatkan Konsumen Setia

Menurutnya, jika Anda ingin mendapatkan konsumen setia jangan lupa untuk tetap rendah hati, lemah lembut, ramah, dan terima masukan atau kritik dari konsumen. Jika ada pengunjung yang kurang puasa harus berani meminta maaf serta mau terus belajar dan mengerti dengan apa yang menjadi keinginan serta harapan konsumen.

Lima hal tersebut dilakukan Grace untuk terus meningkatkan pelayanan Café Robina, BSD, Tangerang Selatan. Semoga dengan meniru langkah-langkahnya, bisnis Anda pun bisa makin maju.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.