Ingin Mencoba Buat Roti Sourdough Ini Resepnya

Kuliner

Ingin Mencoba Buat Roti Sourdough? Ini Resepnya

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa roti sourdough memang lebih sehat dibandingkan roti pabrikan yang sekarang banyak dijual. Hal ini dipicu oleh proses alami pembuatannya yang lebih mengandalkan faktor waktu, bahan baku, serta lingkungan dibandingkan zat kimia tambahan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat roti sourdough sebenarnya prosesnya tidak terlalu sulit dan bisa Anda coba menggunakan resep di artikel ini.

Namun catatan utama yang harus Anda ingat dalam roti sourdough adalah waktu serta rasa. Pasalnya dalam proses pembuatan roti jenis ini, Anda memanfaatkan ragi yang hidup di sekitar Anda atau istilahnya ragi liar dan ini tak seperti ragi yang bisa dibeli di toko kue. Ragi ini membutuhkan waktu untuk berkembang hingga siap digunakan untuk membuat roti tapi sekali lagi proses ini tak membutuhkan zat adiktif kimia.

Ingin Mencoba Buat Roti Sourdough Ini Resepnya

Kemudian dari segi rasa, seperti namanya, roti sourdough memiliki rasa sedikit asam. Rasa ini disebut berasal dari bakteri baik (lactobacillus dan acetobacillus) yang ikut muncul dalam proses fermentasi di adonan roti sourdough dan berperan penting untuk memfermentasi kandungan gula di dalamnya.

Sebelum memulai proses pembuatan rotinya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat starter atau “bibit” adonan sourdough. Bibit ini bekerja layaknya ragi yang dijual tapi Anda membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya juga terbilang sederhana di mana pada hari pertama Anda perlu mencampurkan tepung terigu dan air ke dalam mangkuk adonan, kemudian campurkan semua bahannya. Biarkan adonan itu terbuka di ruangan dan bercampur dengan ragi liar yang hidup di sekitar Anda semalaman.

[Baca Juga: Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa]

Sebagaimana dilansir dari thekitchn.com (4/2/2020), kemudian selama beberapa hari, Anda perlu memberi asupan terhadap ragi serta bakteri baik yang sudah ada di dalam starter itu. Caranya dengan memasukkan adonan bibit itu dan membaginya ke dua stoples. Lalu tambahkan tepung terigu baru serta air selama beberapa hari.

Jika dalam kurun waktu waktu beberapa jam starter itu diberi tepung dan air memunculkan gelembung serta menimbulkan bau asam maka artinya bibit ini sudah siap untuk digunakan dalam pembuatan roti sourdough. Bibit ini bisa digunakan lama bila Anda memasukkan ke kulkas dan memberikan asupan tepung serta air seminggu sekali.

Ingin Mencoba Buat Roti Sourdough Ini Resepnya

Setelah memiliki starter-nya, maka Anda sudah siap untuk membuat roti sourdough di rumah. Berikut ini cara membuat roti sourdough yang dilansir dari BBC.co.uk (27/2/2020).

Bahan Utama

  • 500 gram tepung untuk membuat roti dan jangan lupa tambahkan sedikit untuk proses flouring
  • 300 gram starter roti sourdough
  • 250 ml air
  • 10 gram gula merah atau brown sugar halus
  • 10 gram garam
  • Minyak kanola untuk proses pengolesan

[Baca Juga: Inilah Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Roti]

Cara Membuat

Campurkan tepung, bibit atau starter sourdough dengan air di dalam mangkuk, dan tambahkan gula serta garam. Manfaatkan meja atau permukaan yang bersih untuk melakukan proses pengulenan selama sekitar 10 menit sampai adonan bisa diregangkan sampai tipis hingga terlihat transparan.

Kemudian langkah berikutnya adalah memasukkan adonan itu ke dalam mangkuk lain yang sudah diminyaki dengan minyak kanola dan tutup dengan kain bersih yang basah, kemudian diamkan hingga tiga jam. Lalu tuangkan adonan tersebut di permukaan yang bersih dan mulai lakukan proses knockback. Di mana proses ini dimulai dengan memukul atau tinju secara perlahan adonan itu hingga mengempis layaknya balon yang kehilangan udara. Lalu tarik dan aduk seperti menguleni dengan satu tangan adonan tersebut selama beberapa kali.

Ingin Mencoba Buat Roti Sourdough Ini Resepnya

Setelah proses knockback selesai, lanjutkan dengan membagi adonan itu menjadi dua dan bentuk seperti bola. Tepungi adonan itu dan lanjutkan dengan memasukkan kain bersih yang sudah ditepungi ke dalam mangkuk dengan memosisikannya di sisi mangkuk serta barulah masukan adonan ke dalamnya. Langkah ini diperlukan agar adonan tidak melekat kuat di dalam mangkuk. Setelah itu, kembali diamkan adonannya selama dua setengah jam.

Proses selanjutnya adalah dengan memanaskan oven hingga 230 derajat celsius. Setelah memanas, masukkan es batu ke dalam loyang dan letakkan di dalam oven pada bagian bawahnya untuk membuat uap dan membantu proses pembuatan roti sourdough. Setelah es batu masuk, langsung pindahkan adonan roti itu ke nampan dan dengan pisau tajam yang tipis, tusuk dua atau tiga kali bagian atas adonan sebelum dimasukkan ke dalam oven. Panggang roti sourdough selama sekitar 40 menit hingga crust dari roti sudah terbentuk.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.