ANCOL_~1.JPG

Pendidikan

Ingin Menjadi Penyelam Ahli yang Bersertifikat? Belajar Di Tempat Ini

Diving atau menyelam merupakan kegiatan menyelam dengan bantuan pernafasan di bawah permukaan air. Kemampuan diving ini sebenarnya diperlukan banyak orang, mengingat negara yang kita tempati ini merupakan negara maritim. Apalagi jika Anda memang hobi berenang atau cinta dengan pantai dan laut. Namun jika Anda tinggal di Jakarta, apakah ada tempat untuk diving? Tempat diving di Jakarta yang paling dekat adalah di pantai kawasan Pulau Seribu. Untuk menuju ke lokasi ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Pantai Marina Ancol.

Sebelum melakukan diving, Anda diharuskan mengikuti pelatihan atau kursus singkat agar proses penyelaman lancar, mengingat Anda akan menggunakan alat tabung untuk bernafas di bawah air. Untuk mempelajari diving secara professional tentunya Anda harus memilih tempat kursus diving professional yang bersertifikat, salah satu tempat kursus yang menyediakan jasa pelatihan selam bersertifikat adalah Scuba School International (SSI).

Tentang Scuba Schools International

Scuba School International merupakan organisasi yang mengajarkan keterampilan scuba diving dan free diving. Scuba Schools International sudah menangani 2,5 juta penyelam aktif dan 67 juta snorkeling, SSI sendiri telah mengatur standar untuk sertifikasi para penyelam sejak 1970 dengan lebih dari 27 kantor cabang yang mewakili lebih dari 110 negara dan lebih dari 2400 lokasi-lokasi internasional dan juga materi cetak yang telah diproduksi dalam 25 bahasa.

Di Indonesia sendiri, kantor cabangnya berada di Jl. Kemang Timur No.57, RT.6/RW.3, Bangka, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Namun untuk belajar dan praktek menyelam, para instruktur membawa murid ke area Pulau Seribu atau Pantai Ancol. Scuba Schools International memiliki instruktur yang berkualitas, sistem pengajaran yang efisien dan efektif, menggunakan metode comfort though repetition, yaitu pengajaran yang berulang-ulang, materi yang disediakan tersedia dalam berbagai bahasa, dan Scuba Schools International sertifikatnya diakui federasi penyelam international.

Biaya kursus diving

Untuk biaya kursus di kolam buatan, Anda akan dikenakan biaya Rp 4.850.000 harga per tahun 2018. Dikutip dari rafaulitrip, biaya tersebut belum termasuk ujian laut. Biaya kursus tersebut sudah termasuk teori kelas, praktek 2x di kolam, DVD Pembelajaran, dan peminjaman alat scuba selama kursus.

Jika Anda mengambil kelas untuk ujian laut di Pulau Seribu, biaya yang Anda bayar sudah termasuk ongkos ke Pulau Seribu, penginapan 1 malam, 4x makan, tiket kapal cepat dari Pantai Marina Ancol, 2x coffe break, peminjaman alat, diving 4x di kedalaman 18 m, dan sertifikat dari Scuba Schools International. yang tidak termasuk adalah keperluan pribadi, tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol, makan dan minum diluar jadwal yang ditentukan.

Ketentuan Umum

Jika Anda berminat mempelajari diving di SSI, Anda diwajibkan membayar DP sebesar Rp500.000, harga per awal 2018, nantinya Anda akan mendapatkan formulir, DVD, buku panduan dan data pendukung lainnya. Anda bisa menentukan jadwal sesuai ketersediaan Anda, biaya dilunasi ketika sudah mulai ujian di Pulau Seribu. Perlu diperhatikan, batasan umur untuk Anda yang berminat mendaftar kelas ini adalah minimum 14 tahun. Jika saudara atau anak Anda yang umurnya masih di bawah 15 tahun namun berminat mengikuti kelas ini, nantinya akan diberikan sertifikat SSI Junior Open Water Diver, yang nantinya harus di upgrade menjadi SSI Open Water Diver ketika umurnya sudah mencapai 15 tahun. Peserta yang berusia 10 – 11 tahun, akan berlatih menyelam pada kedalaman 12 meter, sedangkan yang berusia 12 tahun ke atas akan dibimbing dan diajari untuk menyelam hingga kedalaman 20 meter.

Ketentuan medis

Sebelum memulai kelas, Anda diwajibkan untuk mengisi Scuba Medical Questionnaire. Di kuisioner tersebut Anda akan ditanyakan mengenai kondisi medis yang mungkin bisa saja menjadi masalah ketika Anda sedang melakukan penyelaman. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, maka diperlukan pemeriksaan dokter serta surat yang menyatakan bahwa Anda mampu melakukan penyelaman.

Ketentuan Waterskills

Sebelum terjun langsung ke laut di Pulau Seribu, Anda wajib menunjukkan kemampuan Anda di dalam air, meliputi berenang 200 meter tanpa alat bantu atau berenang 300 meter dengan mask, snorkel, dan fin. Anda juga dites untuk mengapung selama 10 menit.

Setelah Anda bergabung dan sukses menjalani kursus ini, Anda resmi menyandang sertifikat Open Water Driver dan Anda bisa menyelam secara mandiri. Anda bukan hanya bisa menyelam dan menelusuri pantai di Pulau seribu dan Pantai Ancol. Anda bisa melihat keindahan bawah laut Indonesia yang luar biasa indah, tanpa perlu khawatir apapun karena Anda sudah menjadi seorang diver yang terlatih.

Read More

Artikel Lainnya

Gubernur-Wagub DKI Jakarta Positif COVID-19, Balai Kota Disinfeksi 3 Hari Berturut-tur ut.jpg

Berita Kawasan

Gubernur-Wagub DKI Jakarta Positif COVID-19, Balai Kota Disinfeksi 3 Hari Berturut-turut

02 December 2020, 12:07

Setelah Gubernur dan Wagub DKI Jakarta dinyatakan positif COVID-19, area Balai Kota DKI disemprot cairan disinfektan selama tiga hari berturut-turut.

Pilihan Resep Nutela yang Tidak Mungkin Bisa Ditolak

Kuliner

Pilihan Resep Nutela yang Tidak Mungkin Bisa Ditolak

02 December 2020, 12:01

Berikut tiga pilihan resep camilan manis yang menggunakan Nutela sebagai bahan yang menambahkan cita rasa tersendiri. Bila Anda ditawarkan salah satu dari makanan ini, 'tidak' bukanlah pilihan.

Ini Rahasia Rambut George Clooney

Kecantikan dan Fashion

Ini Rahasia Rambut George Clooney

02 December 2020, 11:05

Aktor, produser eksekutif, dan sutradara George Clooney membagikan rahasianya dalam menjaga kerapihan rambutnya selama pandemi.

Satu Lagi, Wali Kota Malang Terkonfirmasi Positif COVID-19

Kesehatan

Satu Lagi, Wali Kota Malang Terkonfirmasi Positif COVID-19

02 December 2020, 10:03

Wali Kota Malang Sutiaji terkonfirmasi positif COVID-19 setelah berkegiatan bersama para kepala daerah di Batu dan bertemu dengan staf yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.