CIBUBUR_PENDIDIKAN_INGIN MENYEKOLAHKAN BUAH HATI KE SEKOLAH ALAM INI BEBERAPA PILIHANNYA_KIKI_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Ingin Menyekolahkan Buah Hati ke Sekolah Alam? Ini Beberapa Pilihannya

Sekolah alam merupakan sebuah konsep pendidikan yang digagas oleh Lendo Novo. Konsep ini muncul karena keprihatinannya akan biaya pendidikan yang semakin tinggi dari tahun ke tahun, dengan adanya konsep ini diharapkan tersedianya sekolah dengan kualitas tinggi namun harganya terjangkau. Beliau membentuk konsep ini dengan tujuan untuk mencetak pribadi yang siap mengelola bumi dengan baik. Mulai tahun 2000an akhirnya, sekolah alam makin tersebar ke penjuru negeri, tentunya daerah Cibubur. Wilayah yang ramai dihuni ini, terlebih lagi di area Kota Wisata Cibubur, tentunya menjadi tempat strategis untuk mendirikan sekolah alam karena lokasinya masih asri dan tidak begitu padat.

Jika Anda sedang menimbang-nimbang mana sekolah terbaik untuk sang buah hati, coba datangi beberapa sekolah alam berikut ini:

Sekolah Alam Amardhika

Sekolah yang satu ini lokasinya berada di Telaga Arwana Cibubur, Jalan Jambore, RT. 005 RW. 006, Pondok Ranggon Harjamukti, Cimanggis 16954. Sekolah alam yang satu ini agak spesial jika dibandingkan sekolah alam kebanyakan. Pasalnya, sekolah ini merupakan sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme. Sekolah ini didukung lingkungan yang asri, alami dan bebas polusi. Diharapkan buah hati Anda yang bersekolah di sini lebih interaktif dan bebas mengekplorasi alam.

Sekolah Alam Amardhika yang tidak jauh dari Kota Wisata Cibubur ini didukung dengan tenaga profesional di bidang pendidikan khususnya untuk anak-anak berkebutuhan khusus, terapis wicara, terapis okupasi, dan terapis perilaku. Sekolah ini menyediakan program terpadu mulai dari umur 2 hingga 7 tahun atau dari playgroup hingga sekolah dasar. Kurikulum di sekolah ini mengedepankan 6 aspek pendidikan,yaitu sosial, kesadaran, bahasa, keterampilan, musik dan apresiasi, dan alam dan ekplorasi.

Sekolah Alam Amardhika

Sekolah Alam Cikeas

Sekolah alam yang satu ini jaraknya paling dekat dari Kota Wisata CIbubur. Sekolah berbasis alam yang membentuk dan mendidik generasi agar memiliki karakter yang mulia melalui pendidikan yang kreatif. Sekolah yang terletak di Komplek Puri Cikeas, Jalan Letda Natsir, Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat 16967 ini memiliki beberapa fasilitas pendukung, yaitu amphitheatre, sebuah tempat rekreasi yang letaknya berada di pinggir jurang dengan pemandangan sawah, biasanya digunakan untuk menampilkan bakat siswa, ada juga lapangan futsal dan basket, masjid, playground, outbond, dan recycle garden yang merupakan taman yang dibuat dari barang-barang bekas.

Di sini, buah hati Anda dari tingkat playground hingga sekolah dasar kelas 1-4 akan belajar di ruangan yang berbentuk saung tanpa dinding. Anak-anak bebas duduk dimana saja karena tidak ada kursi dan meja alias lesehan. Ketika buah hati naik ke kelas 5 -6 barulah mereka akan belajar di ruangan tertutup dengan kursi dan meja, hal itu dilakukan agar anak-anak lebih fokus. Bukan hanya bisa lebih dekat dengan alam dan tumbuhan, anak Anda akan dilatih untuk memberi cinta kasih untuk binatang. Pasalnya di sekolah ini terdapat kelinci dan kambing. Anak-anak dilatih untuk merawat hingga membuat pupuk kompos dari kotoran kambing. Sekolah Alam Cikeas merupakan sekolah umum, sekolah ini juga menerima anak yang berkebutuhan khusus.

Sekolah Alam Cikeas

Sekolah Al-Jannah

Sekolah yang satu ini merupakan sekolah alam Islami. Lokasinya bisa ditempuh selama 25 menit dari Kota Wisata Cibubur, tepatnya berada di Jalan Jambore No.4, Harjamukti, Cimanggis, Depok. Sekolah Al-Jannah mengedepankan sains dalam kurikulum pengajarannya. Sekolah ini memiliki tiga unit sekolah yaitu playground & TK, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Sekolah ini memiliki lapangan badminton indoor, masjid, kantin, ruang musik, kolam ikan, outbound, persawahan, kolam renang, dan lain-lain. Tidak berbeda dengan sekolah alam sebelumnya, sekolah ini juga menerima anak berkebutuhan khusus. Biasanya untuk anak yang bekebutuhan khusus akan diberikan dua guru pendamping.

Berikut tiga sekolah alam yang paling dekat dengan Kota Wisata CIbubur. Sekolah ini tentunya bisa jadi pilihan untuk sekolah buah hati Anda, Sebagai orangtua, Anda harus teliti mencari tempat sekolah untuk buah hati, apalagi untuk Anak Anda yang baru masuk sekolah dasar.

Sekolah Al-Jannah

Read More

Artikel Lainnya

Slide3.JPG

Berita Kawasan

Salat Tarawih di Masjid Agung Jami’ Kota Malang Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

13 April 2021, 11:08

Tahun ini, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid, dengan berbagai aturan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

UTBK UNDIP 2021

Pendidikan

Hari Pertama UTBK UNDIP Tahun 2021 Berjalan Lancar

13 April 2021, 11:07

Ia mengatakan bahwa ini adalah kali kedua UNDIP melaksanakan UTBK di masa pandemi dan meyakinkan bahwa semua pihak melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.

Nyekar 1.jpg

Berita Kawasan

Sebelum Ramadan, Warga Desa Giripurno Nyekar Tanpa Masker

13 April 2021, 10:17

Tradisi Nyekar masih dijaga oleh masyarakat Giripurno menjelang Ramadhan di masa pandemi ini.


Comments


Please Login to leave a comment.