BINTARO_PROPERTI_INGIN-MENYULAP-APARTEMEN-STUDIO-TAMPAK-LEBIH-LUAS-BEGINI-CARANYA_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Properti dan Solusi

Ingin Menyulap Apartemen Studio Tampak Lebih Luas, Begini Caranya

Kecil dan sempit, kesan itu seolah sangat melekat pada hunian apartemen tipe studio. Tak ayal, untuk mendekorasi apartemen tipe studio penuh dengan tantangan. Anda harus pandai-pandai memilih furnitur atau barang lainnya di dalam apartemen agar tak terlihat sesak. Kini banyak trik atau cara mendekorasi apartemen studio Anda tampak lebih luas. Bagaimana caranya?

Seperti dikutip dari kompas.com pada Jumat (5/10/2018), ada beberapa cara atau langkah untuk mengubah ruangan yang multifungsi di dalam apartemen studio Anda.

Batasi Perpaduan Warna

Perpaduan warna dan tata letak memiliki keterkaitan yang mungkin tidak Anda kira. Memiliki perpaduan warna dinding yang terlalu rumit akan semakin menambah ruangan semakin sempit dan sesak.

Untuk itu, ada baiknya Anda fokus menentukan dua atau tiga warna saja bila ingin memberikan sentuhan berbeda. Pembatasan warna sekaligus dapat membantu Anda dalam memberikan kesan kohesif. Ada baiknya, Anda membuat perbandingan warna cat 60:30:10.

Jadikan warna netral sebagai warna paling dominan untuk memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Setelah itu pilih warna yang lebih gelap sebagai warna sekunder (30 persen). Terakhir, untuk memberikan aksen yang lebih tegas, berikan warna yang lebih berani dengan presentasi kecil (10 persen).

Atur Pembatas dengan Bijak

Hal penting lain yang harus diperhatikan bagaimana cara membagi ruangan dengan bijak. Banyak pilihan untuk membeli pembatas ruangan dengan fungsi yang berbeda, namun hal itu tentu akan membuat apartemen kian sempit.

Cara terbaiknya adalah tentukan terlebih dahulu benda apa, akan digunakan untuk apa, dan bagaimana Anda akan menggunakannya. Pembatas ruangan klasik memang memiliki peranan besar dalam memberikan aksen serta keindahan antara ruangan bebas dengan ruangan privasi Anda. Akan tetapi, bila merasa terlalu terpisah, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pembatas yang lebih longgar sehingga memungkinkan banyak cahaya alami masuk.

Salah satu pembatas paling berguna adalah rak terbuka. Selain dijadikan sebagai pembatas, Anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan. Anda juga bisa menggunakan sofa sebagai pembatas alternatif. Namun, pilihlah sofa yang tidak memiliki potongan terlalu tinggi.

Tentukan Setiap Fungsi Ruangan

Kesalahan yang kerap kali dilakukan dalam mendekorasi apartemen studio adalah keinginan untuk membuat setiap ruangan bermanfaat. Tujuannya agar suatu saat nanti dapat pindah ke rumah yang lebih besar. Akibatnya, mereka memenuhi apartemen studio dengan benda-benda yang mungkin akan berguna ketika mereka pindah.

Untuk itu, jangan memaksakan kehendak Anda. Atur setiap tata letak dari ruangan terbuka itu layaknya Anda memiliki sebuah dinding yang dibatasi pintu untuk setiap ruangan berbeda. Tidak perlu harus selalu memaksimalkan fungsi sebuah ruangan.

Anda bisa menggunakan karpet sebagai pembatas antar ruangan. Kemudian, tambahkan aksen tertentu atau benda-benda yang bisa menambah dekorasi untuk mempertegas fungsi suatu ruangan yang berbeda.

Atur Ketinggian Pandangan

Kunci utama untuk membuat terlihat luas adalah bagaimana mengatur tata letak ketinggian sebuah benda. Untuk itu, sebagai pemilik apartemen harus memastikan bahwa setiap orang yang datang ke tempat Anda bisa melihat secara isi keseluruhan ruangan, bukan sebagian kecil saja.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk melakukannya. Di antaranya memasang rak vertikal, menggunakan pembatas ruangan, memasang lukisan yang cukup besar, menggantung cermin vertikal, buat penyimpanan yang tergantung di dinding, hingga menjadikan lampu gantung sebagai penanda untuk setiap ruangan berbeda. Karena keterbatasan ruangan, mendesain sebuah apartemen studio membutuhkan teknik desain yang lebih baik dibandingkan rumah pada umumnya. Dengan sedikit pemikiran dan perencanaan, Anda bisa merancang sebuah ruangan yang fungsional dan indah.

Itulah cara mengubah dekorasi apartemen studio Anda terlihat lebih luas dan nyaman untuk ditempati. Tertarik mencobanya?


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.