Ingin Nikmati Wisata Kereta Jadul di Kota Sol Ini Tarifnya.jpg

Berita Kawasan

Ingin Nikmati Wisata Kereta Jadul di Kota Solo? Ini Tarifnya

Kereta Sepur Kluthuk Jaladara dapat dikatakan sebagai salah satu ‘wahana’ wisata yang terbilang ikonik saat Anda berkunjung ke Kota Solo. Bagaimana tidak, wahana ini berbentuk kereta uap jadul yang tentu menarik perhatian saat kereta itu melintas di rel yang membentang di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Surakarta. Wahana kereta wisata ini memang dulunya sempat terbuka untuk umum sepenuhnya dengan penumpang membayar tiket yang dibanderol per orang tapi untuk sekarang Sepur Kluthuk Jaladara hanya melayani wisata secara rombongan atau per charter, kira-kira berapa tarifnya ya?

Kereta uap Sepur Kluthuk Jaladara sudah eksis di Kota Solo sejak tahun 2009 ketika wahana wisata yang melintas di area pusat Kota Solo tersebut diresmikan oleh Jusman Syafi’i Djamal saat masih menjabat sebagai Menteri Perhubungan dan kala itu Surakarta masih dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sejak itu, kereta uap ini langsung mencuri perhatian warga serta wisatawan yang ada di Kota Solo apalagi saat Sepur Kluthuk Jaladara dioperasikan di atas rel. Banyak warga yang menyempatkan diri untuk melihatnya serta mengabadikannya di ponsel pintar mereka.

Ingin Nikmati Wisata Kereta Jadul di Kota Solo Ini Tarifnya.jpg

Aspek yang membuat Sepur Kluthuk Jaladara menjadi ikon wisata Kota Solo dan menarik perhatian wisatawan selama lebih dari 12 tahun terakhir adalah bentuk dari kereta itu sendiri. Mengingat ini merupakan kereta uap dengan mesin yang sudah berusia ratusan tahun. Sebagaimana dikutip Surakarta.go.id (28/7/2022) kereta uap ini pada awalnya menggunakan lokomotif super antik jenis C1218 yang dibuat oleh pabrik Hartmaan Shemnitz negara Jerman pada tahun 1896. Lokomotif ini bisa dikatakan juga menjadi saksi sejarah perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan. Pasalnya, lokomotif ini dulunya dioperasikan oleh Perusahaan Staatspoorwegen miliki Pemerintah Kolonialisasi Belanda dan setelah Indonesia merdeka, lokomotif kereta uap ini sempat jadi barang koleksi di Museum Kereta Api Ambarawa.

[Baca Juga: Aplikasi Solo Destination, Info Wisata dan Layanan Publik dalam Satu Genggaman]

Walau lokomotif C1218 menjadi mesin ikon dari kereta Sepur Kluthuk Jaladara, namun pada Februari 2020 tampaknya dilakukan peremajaan terhadap lokomotif dari kereta uap tersebut. Di mana ini dilakukan dengan mengganti lokomotifnya menjadi jenis D1410 yang juga buatan Negara Jerman di tahun 1921.

Pada masa awal pengoperasian Sepur Kluthuk Jaladara, untuk menaiki kereta uap ini maka penumpang bisa membeli tiket dengan harga ratusan ribu rupiah per orangnya. Tapi untuk saat ini, Pemkot Solo menerapkan hanya sistem charter saja yang di mana Anda membayar Rp3.500.000 (bisa mandiri atau rombongan) untuk sekali perjalanan selama tiga jam dengan rute yang membentang sejauh 5,6 km dari Stasiun Purwosari-Stasiun Solo Kota dengan sepanjang perjalanan akan berhenti di dua lokasi wisata, yakni Kampung Batik Kauman Solo dan Rumah Dinas Wali Kota Solo. Biaya charter ini disebut digunakan untuk bahan bakar kereta uap serta masinis dan asistennya.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.