Ingin Pelihara Tarantula Ini Tips dari Ratu Tarantula The Ming Cu.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Pelihara Tarantula? Ini Tips dari Ratu Tarantula The Ming Cu

Memelihara hewan memiliki banyak manfaat untuk diri Anda, khususnya dari sisi psikologi. Pasalnya, berdasarkan laman cdc.org (15/4/2019) memiliki hewan peliharaan diketahui dapat mengurangi stres dan menekan terjadi kesepian serta depresi sehingga hobi ini sangat tepat untuk digeluti saat pandemi COVID-19. Pilihan hewan peliharaan yang hadir pun ada banyak dari mulai yang “mainstream” sampai yang unik dan eksotik bisa dapat Anda miliki. Namun bagaimana jika Anda tertarik untuk memelihara tarantula? Apakah aman untuk dijadikan hobi? Bila Anda tengah mempertimbangkan ini, simak tips dari si Ratu Tarantula asal Kota Bandung The Ming Cu ini.

Menurut The Ming Cu yang juga membuka usaha penjualan tarantula melalui laman spiderloverpetshop.com, Tokopedia, serta Instagram di akun @Spider_lover_petshop sebenarnya tidak susah untuk memelihara tarantula. Namun terdapat satu hal yang penting, yaitu riset spesies yang akan dibeli sehingga lebih siap untuk merawat tarantulanya.

Ingin Pelihara Tarantula Ini Tips dari Ratu Tarantula The Ming C u.jpg

“Kalau dia mau memelihara tarantula yang jelas dia harus riset. Jadi jangan begitu punya tarantula dia enggak tahu apa-apa. Jadi dia harus tahu (karateristik dan) cara pemeliharaannya. Jangan minta disuapin orang lain tapi dia sendiri tidak mau cari tahu,” ujarnya kepada PingPoint melalui sambungan WhatsApp (5/4/2021).

Hal yang dimaksud The Ming Cu adalah banyaknya orang yang nekat membeli tarantula terlebih dahulu tanpa tahu jenisnya serta bagaimana merawatnya sehingga mengandalkan penghobi lainnya di media sosial untuk tempat bertanya. Padahal seharusnya, penghobi baru sudah harus dapat mengetahui jenis tarantula mereka berasal dari wilayah mana, apakah new world dari benua Amerika dengan pertahanan dirinya melalui tendang bulu yang memicu rasa gatal atau old world dari benua Asia dan Afrika yang dikenal memiliki tingkat bisa menengah hingga tinggi sehingga tak direkomendasikan untuk pemula.

[Baca Juga: Tinggal Bersama Ribuan Tarantula! Ini Kisah si Ratu Tarantula Asal Bandung]

“Terus perhatikan kelembapan, kalau habitat asalnya kering kasih habitat perawatannya juga kering tapi bukan berarti kering kerontang sama sekali enggak pernah di-spray. Di-spray tetap tapi seminggu sekali, jangan terlalu sering, jangan terlalu banyak juga. Kalau yang kelembabannya (habitat asilnya) tinggi, kasih habitat di enclosure-nya juga lembab. Jangan terbalik, jadi kuncinya itu riset,” sambungnya.

Tips selanjutnya yang The Ming Cu sarankan untuk pemula yang ingin memelihara tarantulanya adalah jenisnya. Ia menyarankan jenis yang berasal dari tipe new world seperti jenis Brachypelma, Lasiodora, Nandhu, Avicularia atau Caribena. Kemudian perihal memegang dan berinteraksi langsung dengan tarantula atau handling, The Ming Cu memberikan saran agar tidak terlalu sering untuk melakukannya karena ini dapat memicu stres terhadap tarantulanya serta memastikan menyentuhnya di ketinggian yang aman agar tarantulanya tidak jatuh.

Namun di sisi lain, si ratu tarantula asal Kota Bandung ini juga memberikan pesan untuk masyarakat umum yang tak ingin memelihara tarantula. Ia meminta agar tidak cepat melukai hingga membunuh tarantula di alam liar jika mereka melihatnya. Karena mereka bagian penting dalam kehidupan petani yang di mana tarantula liar berfungsi memangsa hama yang merusak tanaman.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.