Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Sisir

Kecantikan dan Fashion

Ingin Rambut Sehat, Ganti Sisir Paling Tidak Setahun Sekali

Lihatlah sisir Anda, bagaimana kondisinya? Apakah dipenuhi potongan rambut? Itu wajar karena rambut rontok saat menyisir itu biasa. Namun, selain rambut yang tersangkut, seberapa buruk kondisinya? Apakah ada sisa produk perawatan rambut yang masih melekat di sana? Atau ada kotoran lain yang tidak Anda kenali?

Meskipun sisir Anda dalam kondisi parah, bisa jadi Anda tetap tidak mau membuangnya. Ikat rambut bisa putus atau hilang, tapi sisir biasanya menjadi alat perawatan diri yang paling awet. Kalau Anda punya sisir Conair, merek yang bagus dengan harga lumayan, pasti sudah digunakan selama bertahun tahun. Fungsi pun masih sebaik seperti pertama kali digunakan. Apalagi jika Anda menggunakan sisir yang lebih mahal.

Penyebab Rambut Rontok Saat Karantina di Rumah Saja

Namun, ketika selama pandemi Anda tidak menggunakan catokan, perlu diingat bahwa satu-satunya alat yang mungkin masih digunakan setiap hari adalah sisir. "Setiap kali menyisir rambut, Anda meninggalkan minyak, sel kulit mati, sisa produk perawatan rambut, dan bakteri di dalam sisir," kata Elizabeth Hickman, penata rambut dan pakar VaultBeauty seperti diberitakan realsimple.com (28/1).

Dalam setiap penggunaan sisir, kotoran yang menempel tersebut ditambahkan kembali ke rambut Anda, sehingga rambut terlihat lebih berminyak, lepek, dan memperbanyak masalah pada kulit kepala. Masalahnya akan semakin parah jika Anda berketombe. Menurut Hickman, penderita ketombe harus rutin membersihkan sisir.

[Baca Juga: Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Sisir]

Para penata rambut menyarankan, sebulan sekali adalah jumlah minimum untuk pembersihan menyeluruh sisir. Meskipun Anda pasti bisa mencucinya lebih sering dari itu. Namun, membersihkan sisir secara teratur tidak menghilangkan kebutuhan untuk menggantinya. Bahkan jika Anda terus membersihkan rambut yang menempel hingga helai terakhir setiap selesai menyisir, tetap akan mencapai titik di mana usaha itu tidak cukup.

Jadi, seberapa sering kita harus mengganti sisir? Jika terakhir kali Anda membeli sisir adalah saat masih bisa ke supermarket tanpa menggunakan masker, itu sudah terlalu lama. "Sikat rambut harus diganti antara enam bulan sampai satu tahun, tergantung pada seberapa banyak produk yang Anda gunakan setiap hari," kata Hickman.

Ini Cara Rawat Rambut di Musim Kemarau

"Itu juga tergantung pada kualitas sikat rambut dan upaya sanitasi Anda," tambah Aleasha Rivers, penata rambut dan Davines Educator. Dia menambahkan, seringkali Anda dapat mencari petunjuk visual, berapa banyak bagian sisir yang copot atau patah, penumpukan kotoran, atau ada bagian yang retak.

"Itu semua adalah indikator bahwa sudah waktunya untuk mengganti sisir Anda. Berdasarkan pengalaman saya, bahkan jika Anda membersihkan secara menyeluruh, penggantian mungkin akan terjadi setiap enam hingga delapan bulan," kata Educator.

[Baca Juga: Ini Cara Rawat Rambut di Musim Kemarau]

Ini bukan berarti Anda tidak boleh membeli sisir yang bagus. Meskipun alat yang dibuat dengan presisi dan perhitungan para ahli pada akhirnya akan aus juga. Namun sisir dengan kualitas semacam itu dapat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencapai batas 12 bulan.

Selain itu, cara yang baik untuk memperpanjang rentang waktu penggantian adalah dengan memiliki setidaknya dua buah sisir. Satu digunakan untuk menyisir rambut sebelum tidur setiap malam, sementara yang lain dapat digunakan untuk menata rambut setiap pagi.

"Pada akhirnya, sisir berkualitas tinggi yang dibersihkan dengan baik dapat sangat membantu kesehatan rambut," tambah Rivers. Jadi, dia menyarankan agar Anda jangan terlalu terikat pada satu sisir saja.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 3 weeks, 3 days lalu
    anisa

    QQHarian Games Best Online Transaksi Gak Pake Lama. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Kuy Gabung & TOPUP SALDO OVO DI QQHARIAN BONUS 20% BISA BERULANG KALI PERHARI Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : ==> ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) :) ===> https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) :* ====> http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook ) ;)