Ingin Sehat Ini Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Kesehatan

Ingin Sehat? Ini Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya mengenai antioksidan, molekul ini penting dalam melawan radikal bebas yang dapat menganggung kesehatan Anda. Dengan banyaknya zat dalam antioksidan, mayoritas molekul ini didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Namun tidak semua makanan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas. Oleh karena itulah di dunia sains terdapat berbagai cara dalam menentukan jenis makanan mana yang memiliki banyak kandungan antioksidan.

[Baca Juga: Ini Manfaat Antioksidan untuk Kulit agar Tetap Sehat]

Sebagaimana dilansir dari healthline.com (9/12/2019), salah satu tes dalam mengecek keberadaan antioksidan pada bahan makanan adalah melalui metode ferric reducing ability of plasma atau FRAP. Tes ini disebut mengukur kandungan antioksidan pada makanan dalam seberapa baik untuk menetralkan radikal bebas tertentu. Berikut ini beberapa makanan dengan kandungan FRAP yang tinggi.

Ingin Sehat Ini Makanan yang Kaya Akan Antioksidan Cokelat

1) Coklat

Tunggu dulu, coklat yang dimaksud di sini bukan sembarang coklat dengan rasa manis. Di mana dark chocolate atau cokelat hitam merupakan coklat terbaik yang memiliki kandungan antioksidan yang terbilang tinggi. Berdasarkan tes, di dalam 100 gram cokelat hitam terdapat kandungan antiosidan hingga 15 milimol.

Sehingga tidak heran bila diketahui bahwa dengan mengonsumsi cokelat hitam maka Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Karena cokelat hitam mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan mencegah kolesterol jahat teroksidasi.

Ingin Sehat Ini Makanan yang Kaya Akan Antioksidan Blueberry

2) Blueberry

Buah blueberry diketahui sebagai makanan yang memiliki kandungan kalori rendah sehingga baik untuk dikonsumsi. Ternyata selain itu, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi serta antioksidan yang tinggi. Berdasarkan tes FRAP, blueberry memilki jumlah antioksidan sampai 9,2 milimol per 100 gram.

Berdasarkan percobaan pada hewan, blueberry disebut mampu menunda menurunnya fungsi otak dengan seiring menuanya usia. Dengan peneliti yang memandang ini dipicu oleh kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah ini yang mampu menetralkan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

Walau Asam, Ini 5 Manfaat Stroberi untuk Kulit

3) Stroberi

Siapa yang tak mengenai buah strawberry alias stroberi ini? Buah yang memiliki rasa asam dan manis ini banyak diolah menjadi minuman dan makanan yang banyak disukai. Namun dibalik rasanya, buah berukuran kecil dan berwarna merah ini juga ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga cocok untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Buah ini memiliki kaya akan vitamin C dengan kandungan antioksidan hingga 5,4 milimol per 100 gram. Menariknya, salah satu kandungan antioksidan di stroberi adalah anthocyanin yang disebut memunculkan warna merah pada buah ini. Antioksidan jenis ini disebut mampu mengurangi kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik untuk tubuh. Jadi kalau Anda ingin mengonsumsinya, usahakan carilah stroberi yang memiliki warna merah cerah.

[Baca Juga: Cara Memilih Suplemen yang Tepat Bagi Kesehatan Tubuh]

Itulah beberapa makanan yang diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di antara makanan lainnya. Usahakan untuk mengonsumsi secara rutin tiga makanan yang disebutkan dalam tiga artikel guna melawan radikal bebas yang ada di sekitar Anda, baik dari dalam serta luar tubuh.

Read More

Artikel Lainnya

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

Berita Kawasan

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

10 April 2020, 08:00

Pemkot Surabaya memahami bahwa wabah COVID-19 kian menambah beban masyarakat. Sebanyak 231.211 KK Masyarakat Berpenghasilan Rendah dibebaskan retribusi PDAM.

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.


Comments


Please Login to leave a comment.