Perbanyak Istirahat

Kesehatan

Ingin Tidur Nyenyak? Ikuti 4 Langkah Berikut

Sedikit dari kita yang memahami pentingnya mendapatkan tidur yang efektif dan berkualitas. Beberapa orang bahkan memperlama waktu tidur mereka dengan harapan tubuh akan menjadi segar. Tetapi Anda harus pahami, bahwa tidur yang efektif dan berkualitas tidak berhubungan dengan kuantitas atau lamanya waktu tidur, melainkan tubuh Anda harus benar-benar merasa relaks saat tidur.

Ingin Tidur Nyenyak, Ini Langkah Tepatnya

Memang sudah sepatutnya Anda merasa segar saat bangun tidur di pagi hari, bebas mengalami sakit leher, punggung, pinggang, atau kepala. Hal ini bisa terjadi, jika tidur Anda efektif dan berkualitas. Lalu, bagaimana agar Anda mendapatkan tidur berkualitas? Berikut beberapa langkah yang dapat Anda pelajari dan terapkan.

1) Turunkan Suhu Tubuh Anda 0,4 Derajat Celcius

Saat tidur, kelenjar keringat di bawah kulit Anda akan bekerja untuk menghilangkan racun-racun yang tidak sengaja masuk ke tubuh Anda setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Hal itu akan menyebabkan Anda berkeringat. Keringat juga merupakan usaha yang dilakukan tubuh Anda untuk menurunkan suhunya. Anda dapat mendinginkan tubuh Anda dengan membasuh tangan dan kaki, maka keringat yang keluar pun tak akan berlebihan.

2) Redupkan Ruangan Tidur

Lampu yang menyala kuat tidak akan mengistirahatkan mata Anda bahkan ketika terpejam. Dengan meredupkan cahaya di ruang tidur, maka Anda akan membantu mata Anda untuk beristirahat.

3) Gunakan Wewangian yang Menenangkan

Wangi lavender dan vanila dipercaya dapat menstimulasi otak kita untuk merasa tenang. Dengan ketenangan itu, maka detak jantung akan lebih teratur dan Anda pun dapat merasa relaks.

4) Gunakan Tempat Tidur yang Bersih, Rapi, dan Tepat

Gantilah seprai kasur maksimal dua minggu sekali. Kebersihan dan kerapian seprai tentunya tidak akan membuat Anda merasa gatal-gatal dan mengganggu tidur. Dengan menggunakan kasur berpegas yang dapat menopang berat tubuh Anda, maka tubuh Anda akan merasa dibuai saat tidur.

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

Tidur yang cukup dan berkualitas, akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak serta membangun yang baru. Dengan kata lain, orang yang tidur nyenyak setiap malam lebih berpeluang untuk terlindungi dari ancaman penyakit kronis dan masalah fungsi otak di kemudian hari.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.