Perbanyak Istirahat

Kesehatan

Ingin Tidur Nyenyak? Ikuti 4 Langkah Berikut

Sedikit dari kita yang memahami pentingnya mendapatkan tidur yang efektif dan berkualitas. Beberapa orang bahkan memperlama waktu tidur mereka dengan harapan tubuh akan menjadi segar. Tetapi Anda harus pahami, bahwa tidur yang efektif dan berkualitas tidak berhubungan dengan kuantitas atau lamanya waktu tidur, melainkan tubuh Anda harus benar-benar merasa relaks saat tidur.

Ingin Tidur Nyenyak, Ini Langkah Tepatnya

Memang sudah sepatutnya Anda merasa segar saat bangun tidur di pagi hari, bebas mengalami sakit leher, punggung, pinggang, atau kepala. Hal ini bisa terjadi, jika tidur Anda efektif dan berkualitas. Lalu, bagaimana agar Anda mendapatkan tidur berkualitas? Berikut beberapa langkah yang dapat Anda pelajari dan terapkan.

1) Turunkan Suhu Tubuh Anda 0,4 Derajat Celcius

Saat tidur, kelenjar keringat di bawah kulit Anda akan bekerja untuk menghilangkan racun-racun yang tidak sengaja masuk ke tubuh Anda setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Hal itu akan menyebabkan Anda berkeringat. Keringat juga merupakan usaha yang dilakukan tubuh Anda untuk menurunkan suhunya. Anda dapat mendinginkan tubuh Anda dengan membasuh tangan dan kaki, maka keringat yang keluar pun tak akan berlebihan.

2) Redupkan Ruangan Tidur

Lampu yang menyala kuat tidak akan mengistirahatkan mata Anda bahkan ketika terpejam. Dengan meredupkan cahaya di ruang tidur, maka Anda akan membantu mata Anda untuk beristirahat.

3) Gunakan Wewangian yang Menenangkan

Wangi lavender dan vanila dipercaya dapat menstimulasi otak kita untuk merasa tenang. Dengan ketenangan itu, maka detak jantung akan lebih teratur dan Anda pun dapat merasa relaks.

4) Gunakan Tempat Tidur yang Bersih, Rapi, dan Tepat

Gantilah seprai kasur maksimal dua minggu sekali. Kebersihan dan kerapian seprai tentunya tidak akan membuat Anda merasa gatal-gatal dan mengganggu tidur. Dengan menggunakan kasur berpegas yang dapat menopang berat tubuh Anda, maka tubuh Anda akan merasa dibuai saat tidur.

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

Tidur yang cukup dan berkualitas, akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak serta membangun yang baru. Dengan kata lain, orang yang tidur nyenyak setiap malam lebih berpeluang untuk terlindungi dari ancaman penyakit kronis dan masalah fungsi otak di kemudian hari.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.