Ingin Tubuh Tetap Ideal Ini Dia Tips Diet Alkaline di Rumah

Kesehatan

Ingin Tubuh Tetap Ideal? Ini Dia Tips Diet Alkaline di Rumah

Pola diet alkaline ini tidak hanya membantu untuk menurunkan berat badan, tapi juga membantu tubuh untuk menghindari risiko masalah kesehatan, seperti arthritis atau kanker. Namun sebelum melakukan diet ini, Anda perlu kenali terlebih dulu tentang pola diet ini.

Sama seperti jenis-jenis diet lainnya, diet alkaline tidak selalu bisa dilakukan oleh semua orang. Ada orang yang cocok dan ada juga orang-orang yang sebaiknya menghindari jenis diet ini. Alkaline sendiri adalah kandungan yang dapat menyeimbangkan tingkat pH dalam darah dan cairan yang ada pada tubuh kita.

[Baca Juga: 4 Manfaat Baik Diet Alkaline Terhadap Tubuh]

Inti dari diet ini adalah menyeimbangkan pH. Hal ini dikarenakan kondisi pH seimbang tidak akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Singkatnya, pH dalam tubuh sendiri bergantung pada kepadatan mineral dari makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu, tujuan utama dari diet alkaline adalah untuk memilah makanan agar pH bisa tetap seimbang dengan mengkonsumsi bahan makanan dari tanaman atau plant based.

4 Manfaat Baik Diet Alkaline Terhadap Tubuh

Jika Pointers tertarik untuk menjalankan diet ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memulainya:

  1. Belilah sumber makanan organik yang kaya alkaline. Buah dan sayuran yang tumbuh secara organik dipercaya memiliki level basa (mineral) yang baik. Tingkat pH tanah yang ideal untuk menjaga nutrisi sayur dan buah adalah antara 6 dan 7. Jika pH kurang dari 6, kadar kalsium dan magnesium pada makanan akan berkurang. Sedangkan jika pH=nya lebih dari 7, kandungan zat besi, mangan, dan zinc akan hilang. Jadi, usahakan untuk membeli bahan makanan organik dari toko yang tepercaya.
  2. Minum Alkaline dengan kandungan pH 9 hingga 10, secara rutin. Jika sulit mendapatkan jenis air ini, air distilasi (penyulingan) bisa menjadi alternatif. Namun perlu diingat air putih biasa dan air mineral botolan yang sudah di purified tidak disarankan. Agar diet menjadi lebih efektif, Anda bisa meningkatkan tingkat basa (mineral) dengan mencampurkan lemon kedalam air putih hingga menjadi air alkaline.
  3. Jika penasaran dengan tingkat pH tubuh sekarang, Anda bisa lakukan tes tingkat pH tubuh dengan alat ukur pH yang tersedia di toko obat. Tingkat pH dapat diukur melalui air liur atau air seni. Biasanya, air seni kedua (buang air kecil kedua) di pagi hari memberikan gambaran terbaik tentang kadar pH dalam tubuh. Lakukan pengetesan dua jam setelah makan. Jika Anda memilih mengetes pH lewat air liur, pastikan kadar pH ada di antara 6,8 sampai 7,2.
  4. Hindari makanan yang mengandung asam seperti daging, sereal olahan, minuman berkafein dan beralkohol, pasta, nasi, roti, telur hingga kacang tanah. Perbanyak mengkonsumsi makanan berakaline tinggi seperti jamur, jeruk, lemon, kurma, bayam, tomat, avokad, lobak, mentimun, kale, brokoli, oregano, bawang putih, jahe, kol, seledri, semangka, pisang matang, rumput laut, dan sebagainya.

Tetap miliki tubuh idaman meski sekarang hanya berkegiatan #DiRumahAja. Kira-kira, apakah Pointers tertarik untuk melakukan diet ini?


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.