Ini 10 Ruas Tol yang Tarifnya Akan Segera Naik di 2020

Bisnis

Ini 10 Ruas Tol yang Tarifnya Akan Segera Naik di 2020

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan penyesuaian tarif tol di tahun 2020. Dalam perencanaan tersebut, terdapat 10 ruas tol yang tarifnya akan naik pada tahun ini. kepala Basan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian Pekerjaan Umum Danang Parikesit menyebutkan, konfirmasi mengenai kenaikan 10 ruas tol masih menunggu keputusan Kementrian PUPR Basuki Hadimuljono.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang jalan, pengelola tol memang diberikan kesempatan untuk mengajukan penyesuaian tarif setiap dua tahun sekali. Menurut Basuki, semua proses sudah selesai hanya saja diperlukan pengecekan terakhir.

Ini 10 Ruas Tol yang Tarifnya Akan Segera Naik di 2020

“Tol yang masih dalam proses pengecekan biasanya masih ada kegiatan konstruksi, pelebaran, dan perbaikan. Jika jalan tol yang dimaksud dalam kondisi seperti ini, Menteri memutuskan untuk menunda kenaikan tarif,” sebut Danang.

Dilansir dari detikfinance.com (8/1/2020) tol yang naik tahun ini merupakan tol yang terakhir mengalami penyesuaian tarif pada tahun 2018 dan tol yang baru beroperasi pada tahun 2018. Kenaikan tarif yang akan dilakukan pada tahun 2020 ini pun diharapkan bisa rampung dengan segera sehingga tak mengganggu proses penyesuaian tol lain.

Basuki menyebutkan, sejumlah tol yang dijadwalkan naik pada tahun 2019 akan direalisasikan pada tahun 2020. Melansir dari cnbcindonesia.com, Basuki mengatakan jadwal kenaikan tarif tol akan disesuaikan, bisa jadi dimulai dari Januari.

[Baca Juga: Catat! Tarif DAMRI Bandara Naik Hingga Rp15.000]

Berikut sejumlah ruas tol yang gagal naik pada tahun 2019 dan dipastikan akan naik pada tahun 2020 adalah:

  • Cawang - Tomang – Pluit
  • Bali – Mandara
  • Tangerang – Merak
  • Pasirkoja – Soreang
  • Belmera
  • Surabaya – Gempol
  • Ujung Pandang Tahap I
  • Palikanci
  • Pondok Aren – Serpong
  • Gempol - Pandaan Tahap I

[Baca Juga: 3 Kiat Menyiasati Iuran BPJS yang Naik Agar Tetap Ramah di Kantong]

Sebelum 10 ruas tol di atas dikonfirmasi naik, pada 3 Januari 2020 PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sudah lebih dulu melakukan penyesuaian tarif. Kenaikan berlaku untuk pelanggan Golongan I dan II. Golongan I mengalami kenaikan tarif sebanyak Rp5.500 sedangkan golongan II naik sebesar Rp24.000.

Sementara itu, Golongan II, IV, dan V justru mengalami penurunan tarif. Golongan II turun sebesar Rp27.000, Golongan IV turun sebanyak Rp33.000, dan Golongan V turun sebesar Rp84.000


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.