Ini 2 Rumah yang Terkenal Angker di Jakarta Selatan

Berita Kawasan

Ini 2 Rumah yang Terkenal Angker di Jakarta Selatan

Kawasan Jakarta Selatan dipandang sebagai area di Ibu Kota yang dipandang elite dengan berbagai pemukiman mewah, tempat hangout, serta pusat perbelanjaan. Namun menariknya, walaupun dibalut dengan modernisasi, unsur mistis sebenarnya tidak pernah lepas dari kawasan ini. Hal ini bahkan bisa dilihat dari berbagai kisah horor dan urban legend yang hingga kini masih melekat kuat dengan dua bangunan legendaris yang sempat diangkat kisahnya ke film. Tentu saja dua bangunan yang dimaksud adalah Rumah Kentang dan Rumah Pondok Indah.

Dua rumah yang citranya dikenal sebagai bangunan angker itu terkenal akibat buah bibir serta berbagai postingan mengenai cerita horor di sana. Terlepas dari apakah benar kedua rumah itu memang dihuni oleh makhluk gaib, belasan tahun yang lalu, Rumah Pondok Indah dan Rumah Kentang kerap dijadikan lokasi “wisata” oleh para penguji nyali. Penasaran dengan kedua rumah itu? Artikel ini akan mengulasnya lebih lanjut.

[Baca Juga: Menara Saidah, Gedung Tua yang Dibayangi Kisah Mistis]

Ini 2 Rumah yang Terkenal Angker di Jakarta Selatan

Rumah Pondok Indah

Kawasan pemukiman Pondok Indah selalu dipandang sebagai area perumahan elite dengan bangunan besar serta harga yang mahal. Namun di antara semua rumah-rumah mewah yang berderet di sana, ada satu tanah kosong yang terlihat tak terurus. Di tanah kosong inilah dulu berdiri bangunan besar yang terkenal angker dengan julukan Rumah Pondok Indah.

Kisah mengenai cerita angker Rumah Pondok Indah disinyalir mulai beredar di awal tahun 2000-an. Sebagaimana dilansir dari megapolitan.okezone.com (3/7/2016), kisah mistis di sana diawali mengenai kabar hilangnya seorang tukang nasi goreng. Pria yang tak diketahui namanya itu, disebut menerima pesanan nasi goreng di rumah kosong Pondok Indah. Kemudian setelah ia mengantar penasan tersebut, tukang nasi goreng itu pun tidak pernah terlihat lagi.

Semenjak itulah, rumah kosong itu mendapatkan julukan Rumah Pondok Indah yang berhantu. Kabar mengenai penampakan hingga menjadi tempat tinggal kuntilanak pun memicu bangunan itu dipandang angker. Namun kabar tersebut malah memicu banyak orang yang penasaran dan datang ke sana untuk melihat apakah gosip mengenai Rumah Pondok Indah itu benar atau tidak.

Kisah mengenai bangunan angker ini pun sempat diangkat menjadi film lebih dari sekali, dari mulai Rumah Pondok Indah (2006) hingga Rumah Angker Pondok Indah (2013). Namun bangunan tua dari Rumah Pondok Indah sendiri sudah dirobohkan sejak tahun 2008 dan saat ini kondisinya terbengkalai dalam bentuk tanah kosong yang ditutupi seng secara seadanya.

Ini 2 Rumah yang Terkenal Angker di Jakarta Selatan

Rumah Kentang

Rumah di Jakarta Selatan yang diklaim angker lainnya berlokasi di Jalan Dharmawangsa 9. Namun berbeda dengan Rumah Pondok Indah yang memang sempat dalam keadaan terbengkalai hingga akhirnya dirobohkan, bangunan yang dijuluki Rumah Kentang itu berada dalam keadaan terurus. Bahkan percaya atau tidak, sempat disewa untuk dijadikan tempat tinggal dan kantor.

Bangunan yang berlokasi tidak jauh dari Dharmawangsa Square ini disebut angker karena urban legend yang mengklaim di rumah itu pernah terjadi tragedi. Entah siapa yang memulainya, namun berdasarkan cerita, di rumah dengan cat putih itu pernah terjadi insiden yang melibatkan anak kecil. Anak itu disebut meninggal karena terjatuh di kuali panas yang sedang merebus kentang.

Sejak kejadian tersebut, tak sedikit muncul pengakuan dari orang-orang yang mengklaim mencium bau aroma kentang dari rumah itu. Oleh karena itulah nama Rumah Kentang melekat di bangunan tersebut. Unsur horor juga semakin kuat dengan kabar ada orang yang mengaku mendengar suara teriakan serta tangisan ketika malam hari dari Rumah Kentang. Sehingga tidak heran bila rumah ini pernah diangkat menjadi latar belakang film Rumah Kentang di tahun 2012.

Bila dilihat sekilas, Rumah Kentang tidak menunjukkan kesan horor atau angker. Bahkan sebagaimana dilansir dari kumparan.com (15/11/2018), rumah mewah ini sudah disewakan sebanyak tiga kali yang kala itu dijadikan sebagai perkantoran dan mess untuk karyawan. Penjaga rumah di Jalan Dharmawangsa itu juga mengaku bahwa ia tidak pernah mengalami kejadian mistis selama bekerja di Rumah Kentang.

[Baca Juga: Jawaban Atas Misteri Gedung 1922 di Jalan Raya Bogor]

Walau kisah Rumah Pondok Indah dan Rumah Kentang selalu menjadi bagian dari urban legend di kawasan Jakarta Selatan, kabar mengenai kebenaran kedua bangunan itu angker masih bersifat simpang siur. Sehingga tak ayal banyak yang memandang ini hanya rumor belaka. Namun jika penasaran, Anda masih bisa melihat kedua lokasi ini untuk memastikan kebenaran mengenai kisah mistis yang membayangi Rumah Pondok Indah dan Rumah Kentang.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.