Ini 3 Hal yang Bisa Menghemat Biaya Pesta Pernikahan

Berita Kawasan

Ini 3 Hal yang Bisa Menghemat Biaya Pesta Pernikahan

Merencanakan pernikahan bagi setiap pasangan terkadang dinilai cukup menantang. Pasalnya, bagi pasangan yang memiliki anggaran terbatas tentu harus pintar-pintar mensiasati berbagai keperluan agar sesuai anggaran. Sehingga, tak jarang pasangan yang ingin menikah merasa pusing ketika sedang menyiapkan pestanya.

Namun, sebenarnya ada cara yang mudah dan bagus untuk menghemat biaya mewujudkan pernikahan impian Anda. Salah satunya adalah melakukan segala hal sendiri atau yang biasa disebut do it yourself (DIY). Meskipun tidak semua hal bisa dilakukan sendiri, namun tidak ada salahnya mengusahakan demi momen terpenting dalam hidup agar tidak ada penyesalan nantinya. Terlebih, jika melakukan DIY pastinya akan ada kepuasan tersendiri usai acara pernikahan Anda.

[Baca Juga: Inilah Tutorial Gaya Hijab ke Pesta Pernikahan]

Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan sendiri untuk merencanakan pernikahan agar menghemat biaya? Berikut adalah tiga hal yang bisa Anda lakukan sendiri dalam merencanakan pernikahan yang dirangkum PingPoint.co.id dari bridesmade.ca (4/2/2019).

  • Cetak Undangan Sendiri

Jika Anda mencetak undangan dari rancangan atau desain yang Anda buat sendiri, tentu Anda akan mendapatkan harga yang sedikit lebih murah. Namun, Anda juga bisa lebih menghemat biaya perihal undangan, jika Anda merancang sekaligus mencetak undangan sendiri. Berbagai tempat digital printing khususnya di Jakarta kini sudah banyak ditemui. Sehingga, jika desain undangan sudah dibuat, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu ke tempat-tempat yang bisa mencetak undangan untuk mendapatkan harga termurah. Memang prosesnya butuh kesabaran dan ketelitian, namun tentu menggembirakan jika Anda berhasil menghemat biaya untuk mencetak undangan. Atau, bisa juga Anda menggunakan undangan elektronik melalui media sosial, seperti Whatsapp atau Line.

  • Dekorasi DIY

Untuk bisa menerapkan DIY dalam dekorasi, sangat cocok bagi Anda yang ingin menggelar pesta pernikahan berkonsep garden party. Anda bisa menghemat biaya pernikahan, jika Anda mengisi area venue outdoor dengan berbagai properti yang Anda miliki di rumah, yang mungkin cocok dengan tema pesta pernikahan. Misalnya, memajang foto, mengisi bagian tengah meja dengan lilin, atau dekorasi bermakna lainnya yang sesuai tema. Jadi, Anda hanya perlu mengeluarkan anggaran untuk menyewa meja dan kursi. Selebihnya, Anda sendiri yang mengisi dan mempercantikan venue.

[Baca Juga: Bisnis Venue Pernikahan di Rumah Sekitar Pejaten Barat]

  • Sewa Baju Pernikahan

Sejak dulu, sudah banyak sanggar yang menawarkan penyewaan baju-baju khusus untuk acara pernikahan. Mulai dari baju adat hingga baju pernikahan internasional. Jika banyak penyedia jasa sewa baju pernikahan, mengapa harus membeli? Apalagi, baju pernikahan tentu hanya dipakai satu kali saja, yakni saat hari pernikahan. Carilah tempat penyewaan baju yang menawarkan harga paling murah, namun kualitas bajunya tetap terjamin. Sehingga, Anda pun bisa menghemat biaya lagi dari penentuan baju pernikahan.

Itulah tiga hal yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pesta pernikahan Anda. Untuk perihal lainnya seperti katering dan penyewaan venue, apakah Anda memiliki ide untuk lebih menghemat biaya pernikahan dari dua hal tersebut?


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.