Ini 3 Hal yang Bisa Menghemat Biaya Pesta Pernikahan

Berita Kawasan

Ini 3 Hal yang Bisa Menghemat Biaya Pesta Pernikahan

Merencanakan pernikahan bagi setiap pasangan terkadang dinilai cukup menantang. Pasalnya, bagi pasangan yang memiliki anggaran terbatas tentu harus pintar-pintar mensiasati berbagai keperluan agar sesuai anggaran. Sehingga, tak jarang pasangan yang ingin menikah merasa pusing ketika sedang menyiapkan pestanya.

Namun, sebenarnya ada cara yang mudah dan bagus untuk menghemat biaya mewujudkan pernikahan impian Anda. Salah satunya adalah melakukan segala hal sendiri atau yang biasa disebut do it yourself (DIY). Meskipun tidak semua hal bisa dilakukan sendiri, namun tidak ada salahnya mengusahakan demi momen terpenting dalam hidup agar tidak ada penyesalan nantinya. Terlebih, jika melakukan DIY pastinya akan ada kepuasan tersendiri usai acara pernikahan Anda.

[Baca Juga: Inilah Tutorial Gaya Hijab ke Pesta Pernikahan]

Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan sendiri untuk merencanakan pernikahan agar menghemat biaya? Berikut adalah tiga hal yang bisa Anda lakukan sendiri dalam merencanakan pernikahan yang dirangkum PingPoint.co.id dari bridesmade.ca (4/2/2019).

  • Cetak Undangan Sendiri

Jika Anda mencetak undangan dari rancangan atau desain yang Anda buat sendiri, tentu Anda akan mendapatkan harga yang sedikit lebih murah. Namun, Anda juga bisa lebih menghemat biaya perihal undangan, jika Anda merancang sekaligus mencetak undangan sendiri. Berbagai tempat digital printing khususnya di Jakarta kini sudah banyak ditemui. Sehingga, jika desain undangan sudah dibuat, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu ke tempat-tempat yang bisa mencetak undangan untuk mendapatkan harga termurah. Memang prosesnya butuh kesabaran dan ketelitian, namun tentu menggembirakan jika Anda berhasil menghemat biaya untuk mencetak undangan. Atau, bisa juga Anda menggunakan undangan elektronik melalui media sosial, seperti Whatsapp atau Line.

  • Dekorasi DIY

Untuk bisa menerapkan DIY dalam dekorasi, sangat cocok bagi Anda yang ingin menggelar pesta pernikahan berkonsep garden party. Anda bisa menghemat biaya pernikahan, jika Anda mengisi area venue outdoor dengan berbagai properti yang Anda miliki di rumah, yang mungkin cocok dengan tema pesta pernikahan. Misalnya, memajang foto, mengisi bagian tengah meja dengan lilin, atau dekorasi bermakna lainnya yang sesuai tema. Jadi, Anda hanya perlu mengeluarkan anggaran untuk menyewa meja dan kursi. Selebihnya, Anda sendiri yang mengisi dan mempercantikan venue.

[Baca Juga: Bisnis Venue Pernikahan di Rumah Sekitar Pejaten Barat]

  • Sewa Baju Pernikahan

Sejak dulu, sudah banyak sanggar yang menawarkan penyewaan baju-baju khusus untuk acara pernikahan. Mulai dari baju adat hingga baju pernikahan internasional. Jika banyak penyedia jasa sewa baju pernikahan, mengapa harus membeli? Apalagi, baju pernikahan tentu hanya dipakai satu kali saja, yakni saat hari pernikahan. Carilah tempat penyewaan baju yang menawarkan harga paling murah, namun kualitas bajunya tetap terjamin. Sehingga, Anda pun bisa menghemat biaya lagi dari penentuan baju pernikahan.

Itulah tiga hal yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pesta pernikahan Anda. Untuk perihal lainnya seperti katering dan penyewaan venue, apakah Anda memiliki ide untuk lebih menghemat biaya pernikahan dari dua hal tersebut?


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.