Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Properti dan Solusi

Ini 3 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Di dalam rumah, berbagai zat kimia dan polusi udara juga dapat masuk. Zat polutan yang banyak terdapat di dalam rumah adalah Formaldehyde, volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida dan disinfektan. Jika sering terpapar jenis polutan tersebut, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti alergi, sakit kepala, mudah lelah bahkan kanker yang berujung kematian.

Hal itu bisa diatasi dengan menaruh tanaman hias tertentu yang dapat menyerap polusi beracun. Berikut ulasannya yang terangkum dari berbagai sumber.

Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Lidah Mertua

1) Lidah Mertua

Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria trifasciata dengan bentuknya yang seperti lidah, panjang dan di bagian tepi daunnya ada garis panjang berwarna kuning. Terdapat dua jenis lidah mertua dengan daunnya yang pendek dan panjang.

Tidak susah merawat tanaman yang satu ini, karena mampu bertahan hidup di tempat yang kering dan jangan khawatir untuk tidak menyiramnya. Selain bentuk daunnya yang unik dapat memperindah suatu ruangan, lidah mertua ini sanggup untuk membersihkan udara dari racun-racun yang menyebar. Polusi udara atau racun udara yang menyebar dalam ruangan dapat diserap tanaman lidah mertua. Mengutip bibitbunga.com (20/11/2019), sebuah riset yang dilakukan di fakultas MIPA, universitas Brawijaya malang membuktikan bahwa kelas sebesar 100 meter kubik yang berisi berbagai macam polutan di dalamnya dapat dibersihkan dan diserap habis oleh 5 helai daun lidah mertua dewasa.

Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Karet Kebo

2) Karet Kebo

Tanaman karet kebo atau yang lebih dikenal dengan nama rubber plant ini, juga mampu menyerap zat-zat kimia atau racun udara. Tanaman dengan nama latin Ficus elastica ini memiliki tekstur daun yang kenyal seperti karet. Merawat karet hias di rumah Anda tidak perlu melakukan penyiraman secara rutin dan sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh atau lembap. Jangan menaruh tanaman karet kebo ini di tempat yang terlalu terang atau di bawah sinar matahari.

Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Lidah Buaya

3) Lidah Buaya

Saat musim panas atau musim kemarau datang, merawat atau menyimpan lidah buaya di rumah Anda pilihan yang sangat tepat! Selain gel lidah buaya memberikan segudang manfaat, tanaman ini juga mampu menurunkan suhu panas di ruangan. Lidah buaya atau Aloe vera juga mampu membersihkan udara dari zat kimia seperti formaldehida atau formalin dan benzene yang berasa dari cairan pembersih dan cat.

[Baca Juga: 3 Tanaman Hias yang Bantu Ademkan Rumah]

Tanaman hias tersebut di atas dengan mudah bisa Anda dapatkan di penjualan tanaman. Pilih yang tanaman yang Anda sukai dan rasakan manfaatnya. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan udara di dalam rumah yang sudah terbebas dari jahatnya polusi.

[Baca Juga: Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville]


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.