Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Properti dan Solusi

Ini 3 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Di dalam rumah, berbagai zat kimia dan polusi udara juga dapat masuk. Zat polutan yang banyak terdapat di dalam rumah adalah Formaldehyde, volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida dan disinfektan. Jika sering terpapar jenis polutan tersebut, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti alergi, sakit kepala, mudah lelah bahkan kanker yang berujung kematian.

Hal itu bisa diatasi dengan menaruh tanaman hias tertentu yang dapat menyerap polusi beracun. Berikut ulasannya yang terangkum dari berbagai sumber.

Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Lidah Mertua

1) Lidah Mertua

Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria trifasciata dengan bentuknya yang seperti lidah, panjang dan di bagian tepi daunnya ada garis panjang berwarna kuning. Terdapat dua jenis lidah mertua dengan daunnya yang pendek dan panjang.

Tidak susah merawat tanaman yang satu ini, karena mampu bertahan hidup di tempat yang kering dan jangan khawatir untuk tidak menyiramnya. Selain bentuk daunnya yang unik dapat memperindah suatu ruangan, lidah mertua ini sanggup untuk membersihkan udara dari racun-racun yang menyebar. Polusi udara atau racun udara yang menyebar dalam ruangan dapat diserap tanaman lidah mertua. Mengutip bibitbunga.com (20/11/2019), sebuah riset yang dilakukan di fakultas MIPA, universitas Brawijaya malang membuktikan bahwa kelas sebesar 100 meter kubik yang berisi berbagai macam polutan di dalamnya dapat dibersihkan dan diserap habis oleh 5 helai daun lidah mertua dewasa.

Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Karet Kebo

2) Karet Kebo

Tanaman karet kebo atau yang lebih dikenal dengan nama rubber plant ini, juga mampu menyerap zat-zat kimia atau racun udara. Tanaman dengan nama latin Ficus elastica ini memiliki tekstur daun yang kenyal seperti karet. Merawat karet hias di rumah Anda tidak perlu melakukan penyiraman secara rutin dan sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh atau lembap. Jangan menaruh tanaman karet kebo ini di tempat yang terlalu terang atau di bawah sinar matahari.

Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Lidah Buaya

3) Lidah Buaya

Saat musim panas atau musim kemarau datang, merawat atau menyimpan lidah buaya di rumah Anda pilihan yang sangat tepat! Selain gel lidah buaya memberikan segudang manfaat, tanaman ini juga mampu menurunkan suhu panas di ruangan. Lidah buaya atau Aloe vera juga mampu membersihkan udara dari zat kimia seperti formaldehida atau formalin dan benzene yang berasa dari cairan pembersih dan cat.

[Baca Juga: 3 Tanaman Hias yang Bantu Ademkan Rumah]

Tanaman hias tersebut di atas dengan mudah bisa Anda dapatkan di penjualan tanaman. Pilih yang tanaman yang Anda sukai dan rasakan manfaatnya. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan udara di dalam rumah yang sudah terbebas dari jahatnya polusi.

[Baca Juga: Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville]

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

Hobi dan Hiburan

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

15 July 2020, 20:00

Tidak bisa tayang di bioskop membuat film Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo mendapatkan kesempatan penayangan global sebagai Film Netflix Original.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

15 July 2020, 19:00

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tetang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya.

rapid test lion air.jpg

Bisnis

Kemudahan Layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air Group Jangkau Semarang dan Kendal

15 July 2020, 18:00

Layanan Lion Air Group ini menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara.

PEN_UMKM_Bogor_1.jpg

Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Dana Sebesar Rp3,5 Miliar Guna Pelaku UMKM di Bogor

15 July 2020, 17:00

Bank Mandiri telah menyiapkan rencana penyaluran dana kredit produktif kepada sepuluh debitur UMKM di wilayah Bogor.


Comments


Please Login to leave a comment.