Ini 3 Penerapan Teknologi AI Bagi Percepatan Penanganan COVID-19

Kesehatan

Ini 3 Penerapan Teknologi AI Bagi Percepatan Penanganan COVID-19

Pada masa-masa pandemi seperti saat ini tentunya pemerintah membutuhkan uluran tangan dari semua pihak agar wabah tersebut tak menyebar luas. Bentuk bantuannya, bermacam-macam bukan saja dari kalangan manusia namun juga dari bidang teknologi, dalam hal ini kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI).

Dalam pernyataan tertulis pernyataan resmi tertulis yang diterima PingPoint.co.id (23/4/2020), Head of Corporate Strategy Kata.ai Rendy Nasa Patriot menilai, pada kondisi yang kadung karut marut seperti sekarang ini, peran teknologi berbasis kecerdasan buatan dapat membantu percepatan penanganan dampak yang dihasilkan pandemi COVID-19.

Lebih jauh dia menjelaskan, secara umum, terdapat beberapa contoh penggunaan AI untuk penanganan dan penanggulangan COVID-19. Misalnya manfaat AI dalam memberikan layanan self-diagnose, sensor temperature, dan AI untuk mendeteksi CT scan.

[Baca Juga: Padu Padan Teknologi dan Manusia Atasi COVID-19 di Surabaya]

1) Informasi dan Edukasi via Chatbot

Penggunaan AI lainnya, dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pemberian informasi yang lebih padat dan lebih cepat bagi tenaga medis profesional untuk penanganan pasien maupun calon pasien lebih lanjut.

“AI secara general dapat memberikan dampak positif dengan memproses sesuatu dalam waktu yang cepat secara bersamaan. Namun, kami juga melihat adanya tantangan yang dihadapi dari sisi teknis yakni dataset. Proses training-nya memang membutuhkan waktu untuk menciptakan Bot yang komprehensif dan bermanfaat sesuai dengan user. Kalau melihat tren saat ini, memang bisa dilihat juga ada beberapa industri yang bermunculan dan beberapa inisiatif dari pemerintah daerah dalam mengimplementasikan layanan chatbot untuk menjawab kebutuhan masyarakat di daerah masing-masing,” jelasnya.

Ini 3 Penerapan Teknologi AI Bagi Percepatan Penanganan COVID-19

2) Evaluasi Cerdas CT Scan

Jika berkaca kepada negara sahabat, Tiongkok, diketahui bahwa selama Negeri Tirai Bambu dilanda pandemi COVID-19 lebih dari 100 institusi medis termasuk Rumah Sakit Rakyat Universitas Wuhan menggunakan “Sistem Evaluasi Cerdas untuk CT Scan [dada untuk mendeteksi] Pneumonia Virus Corona” yang dikembangkan oleh salah satu dari Empat Raja Unicorn AI, Yitu Tech.

[Baca Juga: Kerja Sama Penelitian LIPI & Satu Laboratika: Perlu 2 Juta Rakyat Dites]

3) Diagnostik Mandiri

Selain itu, sejumlah perusahaan internet raksasa lainnya seperti Alibaba, Baidu, Tencent, Sensetime dan perusahaan AI lainnya juga turut andil dengan meluncurkan alat diagnostik anyar mereka, sehingga virus SARS-CoV-2 di Tiongkok bisa dikendalikan cepat, dalam waktu kurang dari dua bulan.

Pointers, dari sederet penjelasan soal penerapan AI dalam percepatan penanganan COVID-19 tersebut di atas, dapat ditarik satu kesimpulan awal. Bahwasanya, peranan AI dalam memberantas COVID-19 mendapat perhatian luar biasa. Sudah sewajarnya teknologi ini juga diterapkan dalam penanganan kasus di Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 9 months lalu
    hanna56

    bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai milyaran. menjadi ⁣milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co 👍

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys......