Ini 4 Bangunan Tua Bersejarah di Tangerang, Pernah Berkunjung

Berita Kawasan

Ini 4 Bangunan Tua Bersejarah di Tangerang, Pernah Berkunjung?

Bangunan bersejarah tak hanya tersebar di DKI Jakarta. Namun, kawasan Tangerang juga memiliki banyak bangunan tua yang menjadi saksi bisu sejarah kota tersebut. Mulai dari tempat ibadah hingga bendungan air.

Berikut empat bangunan tua bersejarah di Tangerang yang bisa Anda kunjungi yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Wahana Menguji Adrenalin di Kabupaten Tangerang]

Ini 4 Bangunan Tua Bersejarah di Tangerang Klenteng Boen Tek Bio

1) Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng ini merupakan yang tertua di Tangerang, tepatnya berada di sudut Jalan Bhakti dan Jalan Cilame di kawasan Pasar Lama. Klenteng ini menjadi bagian penting dari sejarah Tangerang, khususnya sejarah pemukiman kaum Tionghoa Benteng di Tangerang.

Klenteng Boen Tek Bio diperkirakan telah dibangun sejak tahun 1684. Awalnya, bangunan tua ini dibangun sebagai rumah biasa. Namun, pada tahun 1844 direnovasi besar-besaran dengan melibatkan ahli khusus dari Tiongkok. Bahkan, bangunan tua ini juga dilengkapi berbagai dekorasi dan ornamen yang berasal dari negeri Tiongkok.

Ini 4 Bangunan Tua Bersejarah di Tangerang Masjid Jami Kali Pasir

2) Masjid Jami Kali Pasir

Masjid ini juga termasuk bangunan paling tua yang ada di Kota Tangerang dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Pajajaran. Lokasi Masjid Jami Kali Pasir berada dekat dengan Klenteng Boen Tek Bio. Bangunan tua ini memiliki arsitektur unik dengan elemen dan corak khas Tiongkok yang mencerminkan kerukunan umat beragama pada masanya, terutama terlihat pada kubahnya yang bermotif China. Masjid yang didirikan tahun 1700 ini hingga kini masih difungsikan sebagai tempat ibadah umat Islam.

Ini 4 Bangunan Tua Bersejarah di Tangerang Museum Benteng Heritage

3) Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage telah dibangun pada abad ke-17. Lokasi bangunan tua yang satu ini berada di tengah Pasar Lama. Museum ini memiliki dua tingkat yang merupakan hasil restorasi dari bangunan tua berarsitektur tradisional Tionghoa. Awalnya bangunan tua ini tidak terawat, namun ada yang mengambil alih bangunan ini dan hingga kini difungsikan sebagai restoran untuk di lantai satu dan museum di lantai dua.

Museum ini dijuluki sebagai Pearl of Tangerang karena memiliki banyak penghargaan, salah satunya adalah juara pertama dalam ajang Federation International des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers (FIABCI) Indonesia pada tahun 2012.

Ini 4 Bangunan Tua Bersejarah di Tangerang Bendungan Pintu Air Sepuluh

4) Bendungan Pintu Air Sepuluh

Bendungan ini juga merupakan bangunan tua di Tangerang karena telah dibangun sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1927. Bangunan tua yang sekaligus sebagai salah satu ikon Kota Tangerang ini juga kerap disebut Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane. Bendungan ini berada di Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Tangerang. Bangunan tua ini dibangun para pekerja asal Cirebon yang didatangkan penjajah Belanda untuk membangun bendungan yang konstruksinya terbuat dari beton berinti baja. Bendungan ini mengairi sekitar 400 ribu hektar sawah dan juga dimanfaatkan untuk menampung cadangan air di Kota Tangerang.

[Baca Juga: Tandon Ciater, Wisata Murah di Tangerang Selatan]

Nah, itulah empat bangunan tua bersejarah yang jugua termasuk ke dalam cagar budaya yang ditetapkan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang (BP3S). Bagi Anda yang senang mengunjungi bangunan tua bersejarah, tertarik mengunjungi salah satu bangunan di atas?


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.