KELAPA GADING-BISNIS-INI 4 CARA CERMAT DAN HEMAT LIBURAN AKHIR TAHUN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Ini 4 Cara Cermat dan Hemat Liburan Akhir Tahun

Memasuki akhir tahun, tentu banyak rencana liburan yang Anda dan keluarga siapkan. Liburan pada akhir tahun ini biasanya dilkukan karena banyaknya hari libur yang ada hingga bulan Desember ke depan. Liburan pun kini tak repot lagi, dengan adanya industri travel online Anda bisa dengan mudah memesan paket wisata atau tiket transportasi untuk liburan. Pilihannya pun beragam, dari wisata backpacker, di mana Anda bisa merasakan liburan hemat hingga wisata mewah yang dipatok dengan harga ratusan juta.

Industri travel online berkembang besar seperti e-commerce di Indonesia. Menurut data yang didapatkan Shopback, pasar travel agency online meningkat hingga Rp3 triliun pada 2015. Bahkan diprediksi, jika industri ini akan tumbuh hingga 28 persen atau Rp10 triliun dalam dua tahun mendatang. Pertumbuhan angka yang signifikan ini tentu karena tingginya minat beli masyarakat terhadap produk pariwisata tiap tahunnya.

Manfaatkan Kartu Kredit untuk Beli Tiket Liburan

Masih dari data yang dihadirkan Shopback, portal e-commerce yang memanfaatkan program komisi berbentuk cashback, rata-rata nilai belanja produk travel masyarakat Indonesia mencapai Rp2 juta pertransaksi di tahun 2018. Data ini dibenarkan oleh Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan, yang mengatakan, produk travel selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahun, baik dari segi volume pemesanan maupun nilai transaksi.

[Baca Juga: Kemenhub Akan Segera Mengatur Taksi Daring]

“Selain berbelanja, masyarakat Indonesia juga cenderung suka untuk berwisata. Konsumsi leisure masyarakat Indonesia pun diprediksi akan terus meningkat hingga penghujung tahun 2018.” Ujarnya. Transaksi pemesananan tiket perjalanan selalu meningkat di akhir tahun, bahkan peningkatan ini sudah terlihat sejak bulan September.

Bagi Anda yang ingin memeriahkan akhir tahun dengan liburan ke tempat baru namun budget yang dimiliki tak banyak, Shopback memberikan beberapa cara hemat dan cermat untuk mendapatkan tiket dan penginapan yang harganya terjangkau. Apa sajakah cara tersebut?

Jangan Lupa Gunakan Kode Promo

1. Jangan Pesan Dadakan

Pernahkah Anda memesan tiket pada H-1 keberangkatan? Anda tentunya terkejut dengan harganya yang tinggi dan cenderung mahal. Akan tetapi, jika Anda memesan tiket jauh-jauh hari harganya jadi jauh lebih murah. Waktu yang paling tepat untuk melakukan reservasi dan pemesanan tiket adalah 8 minggu sebelum perjalanan Anda.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ekonom asal Jepang, Makoto Watanabe. Ia juga menambahkan kalau ada baiknya jika Anda melakukan reservasi pada malam hari dan jangan lakukan pada jam kerja atau siang hari. Namun, jika melihat laporan dari Google dan Temasek, kebanyakan masyarakat Indonesia suka melakukan pemesanan penginapan 13 hari sebelum keberangkatan. Bahkan, berdasarkan data yang sama 24% masyarakat Indonesia suka memesan penginapan sehari sebelum keberangkatan.

Banyak yang mengira, harga akan turun disaat-saat terakhir, namun, berdasarkan data yang didaptkan dari Expedia, rata-rata tarif hotel/penginapan harian paling rendah adalah ketika Anda memesan pada 21 sampai 28 sebelum tanggal menginap.

[Baca Juga: 4 Pilihan Hotel dekat Tempat Wisata di Kabupaten Bekasi]

2. Manfaatkan promo

Jika Anda betul-betul ingin berwisata, perhatikan promo yang disediakan beberapa travel agency online, setelah melihat promo yang ditawarkan, pertimbangkan lah mana yang lebih murah. Biasanya pada periode gajian, banyak travel agency yang akan memberikan promo.

3. Beli paketan

Daripada membeli sendiri-sendiri, ada baiknya Anda langsung membeli paketan yang berupa tiket transportasi, penginapan, dan paket wisata. Biasanya ketika Anda membeli paketan Anda bisa menghemat pengeluaran Anda.

4. Pergi bersama teman

Jika Anda ingin menghemat budget, pergilah dengan beberapa orang. Anda bisa urunan atau patungan untuk menghemat pengeluaran. Agar liburan hemat Anda lebih sempurna, pilihlah hotel berkonsep asrama yang menyediakan ranjang tingkat.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.