Ini 4 Cara Mengajarkan Anak Terbiasa Mengucapkan Terima Kasih

Pendidikan

Ini 4 Cara Mengajarkan Anak Terbiasa Mengucapkan Terima Kasih

Membiasakan diri untuk berterima kasih bukan hal yang gampang jika Anda tidak terbiasa melakukannya dari kecil. Konsep ini mulai harus Anda tanamkan sejak dini agar buah hati terbiasa hingga dewasa. Bukan hanya membuatnya lebih sopan, tapi mengucapkan terima kasih kepada orang lain merupakan bentuk penghargaan atas apa yang telah dilakukan.

Melansir dari huffpost.com (25/11/2019) berikut beberapa cara mengajarkan buah hati terbiasa berterima kasih, yang bisa Anda terapkan untuk buah hati.

[Baca Juga: Meningkatkan Minat Seni Buah Hati Melalui Pembelajaran Musik]

1) Ekspresikan Rasa Terima Kasih Anda Kepada Buah Hati

Banyak orang bilang, anak akan menirukan orang tuanya. Maka dari itu, Anda harus jadi model untuk buah hati agar ia mengikuti Anda. jangan lupa untuk terus memberitahu ke buah hati jika Anda sangat bersyukur dan berterima kasih atas kehadirannya. Cara tersebut sangat penting untuk mengajarkan konsep berterima kasih kepada buah hati.

Mulai dengan menunjukkan kepada anak Anda betapa berterima kasihnya Anda terhadap kegiatan yang mereka lakukan. Menurut Founder Positive Parenting Solutions Amy McCready, Anda bisa melakukannya dengan contoh kasus yang lebih spesifik, seperti ucapkan terima kasih sudah minum obat teratur agar buah hati cepat sembuh sehingga Anda bisa berkonsentrasi melakukan pekerjaan rumah lainnya. Ungkapkan rasa syukur Anda terhadap buah hati terhadap apa yang buah hati lakukan secara tulus.

Jangan segan untuk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih Anda supaya buah hati merasa dihargai dan tak segan melakukannya lagi.

Ini 4 Cara Mengajarkan Anak Terbiasa Mengucapkan Terima Kasih

2) Perlihatkan Rasa Terima Kasih Anda Terhadap Orang Lain

Bukan hanya ungkapkan rasa terima kasih dan bersyukurnya Anda terhadap apa yang dilakukan buah hati, namun perlihatkan juga sikap tersebut ketika Anda bersama orang lain dan dilingkungan sekitar, misalnya contohkan untuk ucapkan terima kasih kepada kasir minimarket usai berbelanja, pelayan restoran yang mencatat pesanan Anda, hingga guru. Jangan lupa dengan konsep, anak selalu menonton, mendengarkan, dan mencontoh Anda.

3) Jelaskan Konsep Berterima Kasih

Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu sikap sopan santun yang dibutuhkan setiap orang. Untuk mengajarkan kebiasaan berterima kasih, Anda harus secara rutin dan sering menjelaskan dan memberitahu anak mengenai cara dan manfaat berterima kasih ke orang lain.

4) Jadikan Hal Rutin

Biasakan anak-anak Anda untuk berterima kasih tiap hari dalam kegiatan yang sederhana. Mulai dari saat sarapan, saat diantar sekolah atau pun dijemput, saat diberikan barang atau hadiah, saat orang lain membantunya, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Sebelum Pilih Sekolah Tepat untuk Buah Hati, Simaklah Tip Berikut Ini]

Itulah beberapa cara mendidik anak terbiasa mengucapkan terima kasih yang bisa Anda lakukan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.