Ini 4 Cara untuk Jaga Kesehatan Mental Tetap Stabil .jpg

Kesehatan

Ini 4 Cara untuk Jaga Kesehatan Mental Tetap Stabil

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, walau tak terlihat secara fisik namun kesehatan mental dapat menyiksa keseharian Anda secara emosional. Padahal tubuh yang sehat bukan hanya dilihat dari sehatnya fisik, namun juga dilihat dari keseimbangan fisik dan batin.

Berdasarkan data dari WHO (World Health Organization), seseorang yang mengidap penyakit mental umurnya lebih pendek 10 hingga 20 tahun dibanding orang normal. Selain itu, bunuh diri merupakan dialami satu orang setiap 40 detiknya di dunia. Data ini menujukan pentingnya kesehatan mental untuk keseimbangan hidup.

Melansir dari boldsky.com (15/6/2020), inilah beberapa cara yang dapat membantu menyeimbangkan kesehatan mental.

1) Terima dan Pahami Kesehatan Mental Anda

Saat mengetahui memiliki masalah pada kesehatan mental, banyak orang yang kaget dan tidak menerima kenyataan. Padahal untuk dapat sembuh dari hal tersebut, Anda harus menerima yang Anda alami, dengan itu perawatan akan lebih mudah dan efektif dilakukan. Memang terasa sulit dan berat, namun jika Anda ingin terbebas dari belenggu tersebut, Anda harus dan pasti bisa melakukannya.

2) Mencari Hobi

Depresi dapat mengarahkan seseorang untuk merasa kesepian dan terputus dari dunia luar. Maka dari itu, daripada Anda berkutat dengan perasaan tersebut, coba cari hobi baru yang menyenangkan yang bisa membuat Anda sedikit lebih senang, coba semua kegiatan yang sederhana seperti menonton film, bermain game, merajut, atau yang lainnya. jika Anda sudah menemukan kegiatan favorit dan rasa ingin tahu Anda semakin besar terhadap hobi tersebut, mulailah mencari dan bergabung dengan komunitas sehingga perlahan-lahan Anda tak lagi merasa sendiri.

3) Jangan Pendam Masalah Sendiri

Cara terbaik untuk sembuh dari masalah kesehatan mental adalah dengan berkoneksi dengan banyak orang. Ekspresikanlah dan bagikan apa yang Anda rasakan kepada orang-orang yang Anda percaya seperti sahabat, keluarga, ataupun kerabat lainnya. Semakin sering Anda berinteraksi dan membagikan apa yang Anda rasa kepada orang banyak, semakin tenang dan lega. Setidaknya, Anda tidak berjuang sembuh sendiri, cari support system yang baik.

4) Jaga Kualitas Tidur & Makanan

Banyaknya pekerjaan atau masalah dalam hidup memang membuat jadwla tidur berantakan. Anda tak bisa lagi tidur dengan nyenyak atau mendapatkan waktu tidur yang normal. Padahal, dengan tidur dengan cukup tubuh dan mood Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, pemilihan asupan makanan juga penting untuk keseharan mental. Perbanyak makanan yang mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu kesehatan otak dan hindari makanan cepat saji.

Itulah yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental Anda. Jaga keseimbangan tubuh agar bisa hidup lebih sehat dan tenang.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.