Ini 4 Kiat Jitu Bersihkan Panci yang Gosong

Properti dan Solusi

Ini 4 Kiat Jitu Bersihkan Panci yang Gosong

Ketika memasak hidangan yang membutuhkan waktu yang cukup lama, tak heran jika Anda memilih untuk melakukan pekerjaan lain. Namun, karena mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga sekaligus, terkadang Anda lupa jika sedang memasak sesuatu di dapur. Bahkan, Anda teringat berkat aroma gosong yang sudah menyebar ke seluruh ruangan rumah. Jika sudah begini, makanan tentu sudah tak bisa lagi diselamatkan, yang harus dipikirkan justru bagaimana cara membersihkan panci atau wajan agar kembali bersih seperti semula.

Jika tak mengerti cara membersihkan kerak gosong, memang sulit melakukannya. Namun sebelum merusak panci dengan menggosok-gosoknya dengan alat yang keras, simak beberapa cara membersihkan keras gosong yang ada di panci seperti yang dirangkum dari berbagai sumber (12/12/2019).

[Baca Juga: Ini Cara Alami Merawat 4 Alat Dapur yang Sulit Dibersihkan]

Manfaat Soda Kue Bagi Tubuh.jpg

1) Ramuan Cuka

Air panas, cuka, dan soda kue mampu membantu melunakkan kerak gosong yang ada pada panci atau wajan. Rendam air hingga menutupi kerak gosong, kemudian rebus air dan campurkan cuka serta soda kue hingga mendidih. Gunakan sendok kayu untuk mengelupas kerak yang masih menempel. Buang air kotor dan segera cuci wajan dengan sabun cuci piring.

Ini 4 Kiat Jitu Bersihkan Panci yang Gosong Air Panas

2) Manfaatkan Air Panas

Jika panci atau alat masak Anda yang gosok terbuat dari stainless steel panaskan panci hingga panas, kemudian alirkan air panas ke panci hingga mengeluarkan suara mendesis. Jika sudah seperti itu, Anda bisa memasukkan sabun cuci piring ke permukaan dan bersihkan menggunakan sendok kayu untuk mengikis kotoran.

Ini 4 Kiat Jitu Bersihkan Panci yang Gosong Air Sabun

3) Rendam Panci dengan Air Sabun

Rendam panci yang gosong dengan air panas atau air mendidih, namun sebelum direndam pastikan Anda sudah mengoleskan sabun cuci piring terlebih dahulu. Setelah direndam selama beberapa jam, sikat panci menggunakan scrub berbahan nilon.

Ini 4 Kiat Jitu Bersihkan Panci yang Gosong Baking Soda

4) Buat Pasta dari Soda Kue

Jika ketiga cara tersebut kurang ampuh, coba Anda buat pasta dari baking soda dan oleskan ke bagian panci yang gosong dan berkerak. Diamkan beberapa saat, dan gosok dengan scrub sembari dialiri air hangat.

[Baca Juga: 6 Peralatan Dapur Bekas Ini Bisa Dibeli di Garage Sale]

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan noda dan kerak gosong pada wajan atau pun panci.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.