Ini 4 Penyebab Terjadinya Anyang-Anyangan

Kesehatan

Ini 4 Penyebab Terjadinya Anyang-Anyangan

Anyang anyangan merupakan suatu gejala dari beberapa penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih, atau lebih umum disebut dengan Infeksi Saluran Kemih. Satu di antara 10 orang pasti pernah merasakan rasa tak nyaman saat ingin buang air kecil. Biasanya Anda merasakan nyeri atau frekuensi buang air kecil meningkat.

Anyang-anyangan bisa terjadi kepada siapapun tanpa memandang batasan usia dan jenis kelamin. Namun, kebanyakan pengidap anyang-anyangan terjadi pada perempuan. Hal tersebut disebabkan saluran uretra atau saluran buang air kecil cenderung pendek dan berdekatan dengan anus sehingga rentan terkena bakteri. Anyang-anyangan terjadi karena adanya koloni bakteri yang disebut E.coli.

Ini 4 Penyebab Terjadinya Anyang-Anyangan

Walau sering disepelekan, jika Anda mengalami gejala anyang-anyangan ada baiknya segera pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Biasanya, jika Anda terdeteksi Infeksi Saluran Kemih akan diberikan antibiotik untuk mematikan bakteri. Akan tetapi, jika Anda tidak segera mengobatinya anyang-anyangan bisa lebih parah, bahkan risiko terkena gagal ginjal sangat besar.

Anyang-anyangan sendiri, bisa terjadi karena beberapa sebab selain adanya koloni bakteri. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan anyang-anyangan (28/10/2019).

[Baca Juga: Mengenal Infeksi Saluran Kemih pada Perempuan]

1) Aktivitas Seksual

Dr. Calinda Nekawati saat ditemui Pingpoint pada (28/10/2019) menyebutkan, pengantin baru kerap kali mengidap anyang-anyangan karena aktivitas seksual menjadi lebih aktif. Pastikan, kebersihan organ intim Anda dan pasangan benar-benar bersih sehingga tak ada bakteri yang dapat menyebabkan anyang-anyangan.

2) Kebersihan Organ Intim

Anyang-anyangan terjadi kepada wanita lebih besar karena kebanyakan wanita membasuh organ intim dari belakang ke depan. Aktivitas membersihkan organ intim ini keliru, karena jika Anda membasuh organ intim dari belakang ke depan, tangan Anda akan membawa bakteri dari area belakang ke vagina. Selain itu, gunakan air mengalir untuk membasuh organ intim Anda, jangan gunakan air yang telah mengendap di penampungan karena dikhawatirkan air tersebut sudah dipenuhi bakteri dan tak lupa untuk menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan berbahan lembut.

3) Jarang Minum Air Putih

Banyak kali orang yang sengaja tidak minum air putih karena tak ingin bolak-balik ke kamar mandi. Padahal kebiasaan ini sangat tidak sehat dan sangat berpotensi besar anyang-anyangan. Idealnya setiap manusia mengkonsumsi dua liter perhari sehingga jumlah cairan di tubuh terpenuhi.

4) Kehamilan

Anda yang sedang hamil tentu pernah merasa anyang-anyangan. Keinginan buang air kecil yang muncul terlalu sering mungkin akan mengganggu kenyamanan Anda. rasa ingin buang air kecil tersebut bukan hanya karena adanya penekanan pada kantung kemih tapi juga kemungkinan terjadinya anyang-anyangan sangat besar. Menurut dr. Calinda, tanda terjadinya anyang-anyangan pada ibu hamil memang lebih sulit terdeteksi.

[Baca Juga: Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks]

Itulah beberapa sebab yang memungkinkan Anda mengidap anyang-anyangan.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.