Kelapa Gading_Bisnis_Ini 4 Tahapan Agar Perusahaan Bisa Stabil_Yakub 1.jpg

Bisnis

Ini 4 Tahapan Agar Perusahaan Bisa Stabil

Hal itu disampaikan Mantan CFO Zalora Frans Budi Pranata ketika menjadi pembicara di acara seminar bertajuk Trend Bisnis Milenial Online dan Offline 2019 yang diadakan di Summarecon, Kelapa Gading (9/1/2019). Sebuah perusahaan bisa langgeng bukan dikarenakan ekspansi yang jor-joran, sebaliknya, tidak melakukan ekspansi cepat, justru bisa membuat perusahaan Anda berkelanjutan.

Menurut Frans, semua pengusaha tentu ingin memiliki perusahaan yang tumbuh cepat. Tapi semua itu tak bisa terjadi jika tak memiliki tahapan dan strategi terbaik untuk kestabilan perusahaan. Berikut empat tahapan ala Frans agar perusahaan bisa tumbuh stabil.

1. Formulasi

Formulasi atau rumusan strategi merupakan proses awal penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksud untuk menetapkan strategi dalam berbisnis. Frans melihat ukuran keberhasilan sebuah perusahaan bisa dilihat dari awal sang pendiri meramu formula bisnisnya. Jika Anda tak memiliki formulasi yang apik, maka bisa dipastikan perusahaan Anda tak akan bertahan lama.

[Baca Juga: Peluang Bisnis yang Patut Dicoba di Tahun 2019]

2. Konsentrasi

Jangan sampai Anda tidak memberikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk perusahaan. Pebisnis harus bisa konsentrasi dengan apa yang ingin ia capai. Frans membandingkan bahwa perusahaan yang bisa bertahan, rata-rata memiliki fokus pada produk yang sama.

Mengutip ucapan Steve Jobs yang mengatakan jangan lagi berada di jembatan penuh kebimbangan, karena Anda yang mengetahui apa yang terbaik. Maka, Anda adalah pion utama di dalam perusahaan sehingga dibutuhkan konsentrasi Anda untuk membuat perusahaan stabil.

Manfaatkan momentum untuk mendekatkan diri ke konsumen

3. Manfaatkan Momentum

Kecepatan dalam memanfaatkan momentum menjadi sebuah kunci bagi Frans agar perusahaan Anda bisa bertahan di era sekarang. Anda perlu mengikuti momentum untuk dijadikan senjata mendekatkan diri kepada konsumen. Anda harus mengetahui apa yang sedang konsumen butuhkan. Anda harus bisa memanfaatkan momentum tersebut dan agar bisa mendapatkan keuntungan.

[Baca Juga: Ponsel Pintar Ini Luncurkan Aplikasi Komunitas untuk Rangkul Konsumen]

4. Stabilitas

Agar perusahaan bisa tumbuh dan stabil perlu meluangkan waktu melakukan perbaikan demi menjaga stabilitas awak perusahaan. Seorang pengusaha dituntut untuk melakukan evaluasi terhadap semua yang telah dilakukan perusahaan. Untuk kemudian melakukan perbaikan jika dibutuhkan.

Dengan evaluasi ini, Frans menilai pemilik perusahaan akan menemukan beberapa celah atau kekurangan yang muncul saat strategi dijalankan. Setelah mengetahui kekurangan tersebut, Anda bisa melakukan perbaikan hingga tak lagi melakukan kesalahan yang sama dan perusahaan Anda pun akan stabil.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.