Ini 4 Tipe Gangguan Kecemasan yang Kerap Terjadi

Kesehatan

Ini 4 Tipe Gangguan Kecemasan yang Kerap Terjadi

Akhir-akhir ini banyak muncul pembahasan mengenai gangguan kecemasan atau anxiety disorder usai rilisnya film Joker. Pasalnya, banyak yang memberikan peringatan jika Anda termasuk menderita gangguan ini, disarankan untuk tidak menonton film tersebut. Sayangnya, pembahasan mengenai gangguan kecemasan versi netizen acap kali cenderung simpang siur sehingga tidak menjelaskan secara detail apa itu anxiety disorder dan sebenarnya bagaimana mengidentifikasikan salah satu gangguan jiwa ini. Sehingga informasi terkait hal ini tidak diserap secara tepat.

Sebelum memahami apa itu gangguan kecemasan, ada baiknya Anda mengerti konsep dari kecemasan atau anxiety itu sendiri. Kecemasan merupakan hal yang lumrah dialami semua orang dan ini merupakan emosi yang memang timbul ketika Anda gugup. Misalnya saat sedang ada masalah di kantor atau bahkan mengikuti tes pekerjaan.

Ini 4 Tipe Gangguan Kecemasan yang Kerap Terjadi

Sedangkan gangguan kecemasan merupakan kecemasan yang bisa menghambat kehidupan Anda bahkan cenderung mengganggu aktivitas. Ini termasuk ke dalam kategori gangguan kesehatan jiwa. Topik mengenai hal ini pun sempat diulas detail dalam dokumenter The Mind, Explained Anxiety di Netflix. Salah satu narasumber pada dokumenter itu adalah seorang psikolog klinis bernama Ali M. Mattu, Ph.D. Ia menyebut, terdapat empat tipe gangguan kecemasan yang kerap muncul dan ini semuanya dipicu rasa takut yang muncul dalam diri. Berikut ini empat gangguan cemas tersebut.

[Baca Juga: Mengenal Skizofrenia sebagai Gangguan Kesehatan Jiwa]

  • Catastrophic atau Malapetaka

Untuk gangguan kecemasan ini biasanya terjadi dari rasa takut yang muncul akibat kekhawatiran sesuatu yang buruk dapat menimpa Anda jika Anda melakukan sesuatu. Dalam kategori ini contohnya adalah separation anxiety atau ketakutan terpisah dari seseorang yang dikasihi. Selain itu, Glossophobia atau ketakutan berbicara di depan umum juga masuk ke kategori ini.

  • Evaluation atau Ketakutan Dievaluasi

Ini disebut sebagai gangguan kecemasan yang paling banyak menimpa orang-orang. Di mana Anda merasa takut terus menerus akibat merasa diperhatikan dan dinilai oleh orang lain. Kecemasan sosial atau social anxiety masuk ke dalam kategori ini dengan rasa yang muncul dalam diri Anda ketika berinteraksi dengan orang lain. Mutisme selektif atau ketidakmampuan berbicara dalam situasi tertentu juga masuk ke dalam gangguan kecemasan terkait ketakutan dievaluasi.

  • Losing Control atau Ketakutan Kehilangan Kendali

Sesuai namanya, gangguan kecemasan ini dipicu rasa takut Anda tak bisa mengendalikan diri. Panic disorder atau gangguan panik yang membuat Anda mendadak diserang rasa panik, berkeringat tanpa henti, gemetaran, sesak napas, dan lainnya, biasanya memicu gangguan kecemasan dalam kategori ini. Salah satu bentuk terparah dari gangguan kecemasan dalam kategori ini adalah agorafobia yang membuat Anda menghindari ruang publik agar tidak terkena gangguan panik.

  • Uncertainty atau Ketakutan Ketidakpastian

Gangguan kecemasan ini biasanya dipicu oleh rasa takut karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi atau sesuatu yang tidak pasti. Gangguan kecemasan umum atau generalized anxiety disorder dan gangguan kompulsif obsesif atau obsessive compulsive disorder yang memicu fiksasi pada impuls serta pikiran masuk ke dalam kategori ini. Contohnya adalah orang-orang yang sangat detail melakukan sesuatu seperti harus membersihkan tangannya berkali-kali bahkan berjam-jam karena rasa takut ia bisa terkena penyakit jika tangannya tidak bersih.

[Baca Juga: Apakah Penderita Gangguan Cemas Sebaiknya Tak Nonton Joker?]

Berdasarkan data di Google setidaknya ada lebih dari dua juta kasus gangguan kecemasan di Indonesia. Jika Anda pernah mengalami salah satu kategori di atas, ada baiknya Anda meminta bantuan profesional seperti psikolog dan psikiater untuk mengidentifikasikan gangguan tersebut serta membantu memulihkan atau meredakannya. Hal ini penting agar anxiety disorder tersebut tidak mengganggu karir serta kehidupan sosial Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Agar Kulit Tidak Lengket Setelah Berenang di Pantai

Kecantikan dan Fashion

Tips Agar Kulit Tidak Lengket Setelah Berenang di Pantai

23 February 2020, 15:00

Meski menyenangkan, berenang di pantai ternyata memiliki sejumlah risiko, terlebih jika air lautnya kotor dan sudah banyak terkena limbah.

Ternyata Ini Asal Muasal Tradisi Bahasa Betawi

Pendidikan

Ternyata Ini Asal Muasal Tradisi Bahasa Betawi

23 February 2020, 14:00

Tata bahasa dalam dialeknya serta kultur hingga profesinya di dalam budaya masyarakat Betawi ternyata dipengaruhi oleh domisili dan wilayah.

Jelang SBMPTN, Begini Cara Atasi Perbedaan Pilihan Anak dan Orangtua

Pendidikan

Jelang SBMPTN, Begini Cara Atasi Perbedaan Pilihan Anak dan Orangtua

23 February 2020, 13:00

Orangtua perlu mempertimbangkan minat dan kemampuan anak-anaknya dalam menentukan jurusan kuliah.

Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli

Kesehatan

Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli

23 February 2020, 12:00

Cegukan memang tidak serius, tapi bisa menjadi masalah kesehatan yang mengganggu aktivitas Anda. Sebaiknya tangani gangguan ini dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.