BEKASI_KAWASAN_4-ZONA-BARU-REVITALISASI-KALIMALANG_KIKI_1100-px-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Ini 4 Zona yang Akan Dibangun Pada Kalimalang Baru

Kalimalang merupakan kali buatan yang diciptakan untuk memasok air ke PDAM untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Air yang mengalir di Kalimalang datang dari Waduk Jatiluhur Purwakarta atau Sungai Citarum. Kalimalang melintasi daerah Jakarta hingga Karawang. Kalimalang ini sejak dahulu menyebabkan berbagai masalah khususnya untuk masyarakat Kota Bekasi, Jawa Barat kemacetan dan banjir menjadi masalah yang paling sering dialami oleh masyarakat sekitar. Beberapa tahun terakhir, pusat perbelanjaan Giant Mega Bekasi Hypermall, saat musim penghujan selalu terendam air pada bagian basement hingga lantai satu.

Hal ini disebabkan karena tanah tempat Giant Mega Bekasi Hypermall berdiri, lebih rendah dibanding Kalimalang. Melihat masalah pelik yang terjadi akibat Kalimalang, Gurbernur baru Jawa Barat, Ridwan Kamil telah merencanakan penataan untuk Kalimalang agar lebih rapi dan apik. Menurut rencananya, Ridwan Kamil akan menjadikan Kalimalang seperti Cheonggyecheon yang bisa jadi tempat wisata untuk masyarakat sekitar.

Untuk mengubah penataan Kalimalang, Ridwan Kamil akan membagi dalam empat zona. Di mana zona ini akan dibangun dari bantaran Kalimalang di dekat Gerbang Tol Bekasi Timur hingga Gerbang Tol Bekasi Barat, dengan panjang 5,6 kilometer.

Dilansir dari kompas.com, empat zona tersebut adalah:.

1. Zona ekologi

Zona ekologi, akan dibangun pada bagian Kalimalang yang dekat Gerbang Tol Bekasi Timur. Area ini dipilih karena sudah banyak pepohonan rimbun yang tumbuh di sana. Di area ini akan dibangun konsep eco-park. Pada dasarnya area ini sudah cukup rimbun, namun nantinya jumlah pepohonan akan ditambah agar lebih hijau. Selain itu akan ditambahkan juga kolam buatan untuk habitat fauna air.

2. Zona edukasi

Zona ini akan dibangun pada area Kalimalang yang dekat dengan Universitas Islam’45 Bekasi (UNISMA). Tempat ini nantinya bisa digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas atau sekedar nongkrong dengan teman. Zona olahraga di area ini juga akan dipertahankan, agar mahasiswa bisa melakukan latihan olahraga air di sini. Bukan hanya itu, dalam zona ini juga akan dibentuk pusat dokumentasi mengenai Klaimalang agar setiap orang yang mnegunjungi area ini dapat belajar dan mengetahui informasi tentang Kalimalang.

3. Zona komunitas

Konseptor untuk perubahan Kalimalang ini juga akan membentuk zona komunitas. Area ini nantinya akan dibangun di belakang Giant Mega Mall Hypermart. Zona ini bisa dimanfaatkan komunitas untuk berkumpul dan menyelenggarakan acara atau sekedar berdiskusi.

4. Zona komersil

Zona terakhir yang akan dibangun ini akan dibuat di area dekat Mal Metropolitan. Karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan di Kota Bekasi, zona ini akan lebih berkarakter.

Ridwan Kamil sendiri memaparkan jika rencana revitalisasi Kalimalang, Bekasi Jawa Barat ini akan selesai dalam waktu satu tahun.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.