BEKASI_KAWASAN_4-ZONA-BARU-REVITALISASI-KALIMALANG_KIKI_1100-px-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Ini 4 Zona yang Akan Dibangun Pada Kalimalang Baru

Kalimalang merupakan kali buatan yang diciptakan untuk memasok air ke PDAM untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Air yang mengalir di Kalimalang datang dari Waduk Jatiluhur Purwakarta atau Sungai Citarum. Kalimalang melintasi daerah Jakarta hingga Karawang. Kalimalang ini sejak dahulu menyebabkan berbagai masalah khususnya untuk masyarakat Kota Bekasi, Jawa Barat kemacetan dan banjir menjadi masalah yang paling sering dialami oleh masyarakat sekitar. Beberapa tahun terakhir, pusat perbelanjaan Giant Mega Bekasi Hypermall, saat musim penghujan selalu terendam air pada bagian basement hingga lantai satu.

Hal ini disebabkan karena tanah tempat Giant Mega Bekasi Hypermall berdiri, lebih rendah dibanding Kalimalang. Melihat masalah pelik yang terjadi akibat Kalimalang, Gurbernur baru Jawa Barat, Ridwan Kamil telah merencanakan penataan untuk Kalimalang agar lebih rapi dan apik. Menurut rencananya, Ridwan Kamil akan menjadikan Kalimalang seperti Cheonggyecheon yang bisa jadi tempat wisata untuk masyarakat sekitar.

Untuk mengubah penataan Kalimalang, Ridwan Kamil akan membagi dalam empat zona. Di mana zona ini akan dibangun dari bantaran Kalimalang di dekat Gerbang Tol Bekasi Timur hingga Gerbang Tol Bekasi Barat, dengan panjang 5,6 kilometer.

Dilansir dari kompas.com, empat zona tersebut adalah:.

1. Zona ekologi

Zona ekologi, akan dibangun pada bagian Kalimalang yang dekat Gerbang Tol Bekasi Timur. Area ini dipilih karena sudah banyak pepohonan rimbun yang tumbuh di sana. Di area ini akan dibangun konsep eco-park. Pada dasarnya area ini sudah cukup rimbun, namun nantinya jumlah pepohonan akan ditambah agar lebih hijau. Selain itu akan ditambahkan juga kolam buatan untuk habitat fauna air.

2. Zona edukasi

Zona ini akan dibangun pada area Kalimalang yang dekat dengan Universitas Islam’45 Bekasi (UNISMA). Tempat ini nantinya bisa digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas atau sekedar nongkrong dengan teman. Zona olahraga di area ini juga akan dipertahankan, agar mahasiswa bisa melakukan latihan olahraga air di sini. Bukan hanya itu, dalam zona ini juga akan dibentuk pusat dokumentasi mengenai Klaimalang agar setiap orang yang mnegunjungi area ini dapat belajar dan mengetahui informasi tentang Kalimalang.

3. Zona komunitas

Konseptor untuk perubahan Kalimalang ini juga akan membentuk zona komunitas. Area ini nantinya akan dibangun di belakang Giant Mega Mall Hypermart. Zona ini bisa dimanfaatkan komunitas untuk berkumpul dan menyelenggarakan acara atau sekedar berdiskusi.

4. Zona komersil

Zona terakhir yang akan dibangun ini akan dibuat di area dekat Mal Metropolitan. Karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan di Kota Bekasi, zona ini akan lebih berkarakter.

Ridwan Kamil sendiri memaparkan jika rencana revitalisasi Kalimalang, Bekasi Jawa Barat ini akan selesai dalam waktu satu tahun.

Read More

Artikel Lainnya

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

Kecantikan dan Fashion

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

03 December 2020, 11:37

Demi untuk berbagi kenangan para tamu Aman. Pada Desember ini Aman meluncurkan Fine Fragrance.

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

Hobi dan Hiburan

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

03 December 2020, 10:23

Bila Oscar dengan percaya diri akan tetap mengadakan siaran langsung, apakah penghargaan lain akan mengikuti?

Ada Lonjakan Kasus COVID-19, DIY Tambah Tenaga Kesehatan dan Tempat Tidur

Kesehatan

Ada Lonjakan Kasus COVID-19, DIY Tambah Tenaga Kesehatan dan Tempat Tidur

03 December 2020, 09:21

Jumlah tempat tidur rumah sakit dan tenaga kesehatan untuk perawatan pasien COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta ditambah setelah ada lonjakan kasus.

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

Kesehatan

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

02 December 2020, 16:28

Inggris telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin virus corona Pfizer-BioNTech untuk digunakan secara luas. Sebelumnya, Rusia dan China telah mengeluarkan perizinan vaksin lain untuk penggunaan terbatas.


Comments


Please Login to leave a comment.