NI 5 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS SERVICE AC RUTIN

Properti dan Solusi

Ini 5 Alasan Mengapa Anda Harus Service AC Rutin

Di negara yang tropis seperti Indonesia ini, Anda memang tidak bisa menghindari cuaca panas yang hampir terjadi sepanjang tahun. Terlebih lagi di pusat kota yang jauh dari perbukitan, sehingga udara terasa lebih panas, karena asap polusi kendaraan dan pabrik. Maka dari itu, hal yang wajar jika Anda menggunakan pendingin udara atau AC di rumah. Namun jika Anda memutuskan untuk menggunakan AC, Anda juga harus mempersiapkan biaya perawatannya juga. Jangan sampai Anda menunggu AC rusak baru melakukan service AC.

Pasalnya, ada beberapa dampak yang akan Anda rasakan jika Anda membiarkan AC Anda rusak. Menunggu AC rusak, baru melakukan service AC juga menandakan Anda tidak bertanggung jawab kepada barang yang dimiliki. Padahal, jika Anda rutin melakukan perawatan, AC atau barang elektronik yang Anda pakai akan lebih awet dan tentunyanya menghemat biaya.

Rawatlah elektronik yang Anda miliki, jangan tunggu sampai rusak karena ada beberapa risiko. Dikutip dari Sejasa.com, berikut beberapa alasan kenapa Anda perlu service AC secara rutin.

  1. Muncul Karat

    Bagian dalam AC yang terus-terusan terpapar Freon dan kondensasi udara dingin dapat menyebabkan karat muncul dengan mudahnya. Karat biasanya akan muncul pada besi yang ada di dalam AC. Kemudian jika partikel karat yang muncul di bagian dalam AC terhembus udara dalam ruangan yang sering digunakan, maka potensi Anda menghirup partikel karat tersebut sangat tinggi. Tentunya partikel ini tidak baik untuk kesehatan, bisa jadi Anda akan terkena masalah paru-paru, tenggorokan dan hidung.
  2. Pernafasan Terganggu

    AC yang sudah terlalu lama tidak di service tentunya akan memiliki filter udara yang kotor. Tentunya, udara yang di produksi oleh AC akan mengandung kotoran seperti debu dan jamur, sehingga membuat udara tidak bisa bersikulasi dengan baik. Jika sirkulasi udara tidak baik maka kandungan CO2 akan lebih besar, yang menyebabkan gangguan pernafasan. Kotoran yang terakumulasi dan terhembus oleh AC akan masuk ke paru-paru dan kotoran yang masuk ke tubuh akan menyebabkan potensi besar penyakit asma dan TBC.
  3. Jamur & Bakteri

    AC yang sudah terlalu lama tidak dirawat tentunya akan menjadi tempat tinggal ternyaman bagi bakteri dan jamur. Bagian dalam AC yang lembab dapat dengan mudah menjadi tempat perkembangbiakan jamur dan lumut. Untuk itu pada bagian dalam AC harus sering dibersihkan utnuk membuat kotoran yang menumpuk.
  4. Tagihan Listrik Tidak Efisien

    Ketika AC yang rutin digunakan rusak tentu kerjanya sudah tidak seefektif saat pertama kali Anda membeli. Jika AC sudah tidak dingin, namun Anda tetap memaksakan menggunakannya, maka tagihan listrik akan mahal dan terasa tidak efisien. Biaya listrik mahal, AC-nya pun tidak dingin, justru Anda harus menggali kocek yang lebih dalam untuk biaya service AC.
  5. Tidak Nyaman

    AC yang rusak biasanya akan menimbulkan suara berisik saat mesinnya bekerja. Mesin AC yang berisik tentunya akan membuat ruangan Anda tidak tenang dan lebih berisik, suasana rumah jadi lebih kondusif dan justru akan membuat keributan karena suara bising mesin AC.

Itulah lima alasan kenapa Anda perlu melakukan service AC secara rutin. Untuk perawatan sederhana seperti cuci AC, Anda bisa lakukan rutin selama satu bulan sekali. Namun jika udara yang dihasilkan AC sudah tak lagi dingin, sebaiknya Anda memanggil professional untuk melakukan pengecekan. Jika Anda tinggal di daerah Kepala Gading Jakarta, tentunya ada beberapa service AC yang professional.

Salah satu service AC Kelapa Gading yang bisa Anda datangi adalah Jasa Service AC Utara EASY COOL yang lokasinya berada di Griya Agung M3/14, Griya Inti Sentosa, Sunter Agung, RT. 2 RW. 20, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14350.

Read More

Artikel Lainnya

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.

14 Hari Kedepan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

Berita Kawasan

14 Hari Ke Depan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

04 December 2020, 13:49

Hal ini sebagai tindak lanjut atas kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional yang diambil sebagai langkah penanganan pandemi di Kota Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.