Bisakah Pasien COVID-19 Sembuh Tanpa Bantuan Tenaga Medis

Kesehatan

Ini 5 Hal Penting Jaga Kesehatan Selama Virus Corona

Sistem kekebalan tubuh adalah jaringan sel, organ, dan jaringan yang kompleks yang bekerja bersama-sama untuk melindungi tubuh dari infeksi. Faktor gaya hidup seperti stres, tidur, diet, dan olahraga semua berperan dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Lalu, apalagi hal penting untuk menjaga kesehatan selama wabah COVID-19 ini? Berikut ulasannya yang diambil dari Insider (23/03/2020).

[Baca Juga: Ilmuwan Identifikasi Sistem Kekebalan Tubuh dapat Serang Virus Corona]

1) Cukup Gizi

Kekurangan gizi dapat merusak kemampuan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi berbagai jenis buah, sayuran dan sumber protein tanpa lemak. Dengan begitu, Anda sudah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dengan kondisi yang baik.

5 Gerai Bubble Tea yang Antreannya Paling Ramai di Boba Festival

2) Menghindari Gula Tidak akan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian menunjukkan, kelebihan gizi maupun kelebihan kalori dapat memiliki konsekuensi buruk bagi kesehatan. Meskipun, peradangan memiliki risiko lebih tinggi pada pasien dengan diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

5. Mengonsumsi Vitamin atau Suplemen

3) Minum Vitamin dengan Dosis Tinggi Berpotensi Membahayakan

Bagi Anda yang memiliki kekurangan nutrisi, tidak mengapa mengonsumsi vitamin dengan dosis tinggi. Para ahli mengatakan, tidak ada jumlah suntikan vitamin, jus, atau infus dapat mencegah Anda dari COVID-19.

Dosis yang sangat tinggi ini dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti pusing, mual, dan sakit kepala. Konsekuensi yang bahkan lebih mengkhawatirkan adalah kerusakan pada organ-organ seperti ginjal dan hati, kemungkinan koma, dan bahkan kematian. Konsumsi vitamin secukupnya, penting untuk meningkatkan imun tubuh Anda.

Waspada, Ini Bahayanya Jika Tubuh Kurang Vitamin D

4) Perbanyak Vitamin D

Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin D untuk melawan Virus Corona, mengurangi keparahan COVID-19 dan memudahkan proses kesembuhan.

Anda bisa mendapatkan vitamin D secara alami melalui sinar matahari. Dan pada beberapa makanan, seperti ikan berlemak seperti salmon, tuna dan makarel, dan dalam jumlah kecil di hati sapi, telur, keju, dan jamur.

5 Manfaat Kesehatan Melepas Bra Saat Tidur 1 (FILEminimizer).jpg

5) Tidur yang Cukup

Saat Anda tidur, tubuh Anda menggunakan waktu memperbaiki fungsi-fungsi penting dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan. Tidur yang buruk dapat mengurangi sel kekebalan sebanyak 70 persen.

Ini Cara Cegah Penumpukan Asam Laktat Saat Olahraga

6) Olahraga

Olahraga juga dapat membuat tubuh berfungsi dengan baik, sekaligus dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi.

Jika sudah bekerja dari rumah akibat wabah COVID-19, ada banyak cara untuk tetap berkeringat, seperti melakukan gerakan berat badan burpe, lunges, push-up, dan lainnya dapat memberi Anda latihan seluruh tubuh yang cepat tanpa peralatan. Bahkan, dapat memproduksi hormon endorfin untuk mengurangi stres.

[Baca Juga: 4 Makanan Bernutrisi Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dari Influenza]

Selain hal-hal penting terkait imun di atas dapat membantu melemahkan Virus Corona, pastikan juga, Anda tidak mengabaikan saran kesehatan yang telah terbukti, seperti mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan dengan sabun.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.