Bisakah Pasien COVID-19 Sembuh Tanpa Bantuan Tenaga Medis

Kesehatan

Ini 5 Hal Penting Jaga Kesehatan Selama Virus Corona

Sistem kekebalan tubuh adalah jaringan sel, organ, dan jaringan yang kompleks yang bekerja bersama-sama untuk melindungi tubuh dari infeksi. Faktor gaya hidup seperti stres, tidur, diet, dan olahraga semua berperan dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Lalu, apalagi hal penting untuk menjaga kesehatan selama wabah COVID-19 ini? Berikut ulasannya yang diambil dari Insider (23/03/2020).

[Baca Juga: Ilmuwan Identifikasi Sistem Kekebalan Tubuh dapat Serang Virus Corona]

1) Cukup Gizi

Kekurangan gizi dapat merusak kemampuan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi berbagai jenis buah, sayuran dan sumber protein tanpa lemak. Dengan begitu, Anda sudah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dengan kondisi yang baik.

5 Gerai Bubble Tea yang Antreannya Paling Ramai di Boba Festival

2) Menghindari Gula Tidak akan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian menunjukkan, kelebihan gizi maupun kelebihan kalori dapat memiliki konsekuensi buruk bagi kesehatan. Meskipun, peradangan memiliki risiko lebih tinggi pada pasien dengan diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

5. Mengonsumsi Vitamin atau Suplemen

3) Minum Vitamin dengan Dosis Tinggi Berpotensi Membahayakan

Bagi Anda yang memiliki kekurangan nutrisi, tidak mengapa mengonsumsi vitamin dengan dosis tinggi. Para ahli mengatakan, tidak ada jumlah suntikan vitamin, jus, atau infus dapat mencegah Anda dari COVID-19.

Dosis yang sangat tinggi ini dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti pusing, mual, dan sakit kepala. Konsekuensi yang bahkan lebih mengkhawatirkan adalah kerusakan pada organ-organ seperti ginjal dan hati, kemungkinan koma, dan bahkan kematian. Konsumsi vitamin secukupnya, penting untuk meningkatkan imun tubuh Anda.

Waspada, Ini Bahayanya Jika Tubuh Kurang Vitamin D

4) Perbanyak Vitamin D

Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin D untuk melawan Virus Corona, mengurangi keparahan COVID-19 dan memudahkan proses kesembuhan.

Anda bisa mendapatkan vitamin D secara alami melalui sinar matahari. Dan pada beberapa makanan, seperti ikan berlemak seperti salmon, tuna dan makarel, dan dalam jumlah kecil di hati sapi, telur, keju, dan jamur.

5 Manfaat Kesehatan Melepas Bra Saat Tidur 1 (FILEminimizer).jpg

5) Tidur yang Cukup

Saat Anda tidur, tubuh Anda menggunakan waktu memperbaiki fungsi-fungsi penting dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan. Tidur yang buruk dapat mengurangi sel kekebalan sebanyak 70 persen.

Ini Cara Cegah Penumpukan Asam Laktat Saat Olahraga

6) Olahraga

Olahraga juga dapat membuat tubuh berfungsi dengan baik, sekaligus dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi.

Jika sudah bekerja dari rumah akibat wabah COVID-19, ada banyak cara untuk tetap berkeringat, seperti melakukan gerakan berat badan burpe, lunges, push-up, dan lainnya dapat memberi Anda latihan seluruh tubuh yang cepat tanpa peralatan. Bahkan, dapat memproduksi hormon endorfin untuk mengurangi stres.

[Baca Juga: 4 Makanan Bernutrisi Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dari Influenza]

Selain hal-hal penting terkait imun di atas dapat membantu melemahkan Virus Corona, pastikan juga, Anda tidak mengabaikan saran kesehatan yang telah terbukti, seperti mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan dengan sabun.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.