Yang Harus Dihindari Jika Memiliki Kulit Kering.jpg

Kecantikan dan Fashion

Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Jika Memiliki Kulit Kering

Secara tidak sadar, bagi Anda yang punya tipe kulit kering pastinya sering mengalami masalah kulit pecah-pecah, atau gatal di bagian tubuh yang kering.

Memiliki kulit kering juga sangat mengganggu aktivitas Anda di saat bekerja ataupun ketika beristirahat. Meskipun tidak terlalu berdampak pada kesehatan Anda, masalah kulit tetap bisa menjadi bumerang bagi Anda.

[Baca Juga: 3 Cara Mengoptimalkan Sheet Mask untuk Kulit Kering]

Biasanya penyebab kulit Anda kering dikarenakan paparan suhu panas matahari yang terlalu lama mengenai kulit membuat kulit Anda dehidrasi. Suhu panas dan kering bisa menjadikan kulit Anda semakin kering.

Baik kulit sensitif pada wajah atau bagian tubuh lainnya, jika Anda mengalami kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari beberapa hal yang bisa memperparah kulit kering Anda. Berikut lima hal yang harus dihindari jika memiliki kulit kering seperti yang dilansir dari Thisisinsider.com (22/2/2019).

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Hal yang patut dihindari pemilik kulit kering ialah jangan terlalu sering mencuci muka. Menurut Ahli dermatologi dan asisten klinis Profesor dermatologi di Alpert Medical School of Brown University Caroline Chang, orang-orang dengan kulit kering harus bisa meminimalisir pencucian pada kulit agar tak mengalami kekeringan tambahan.

Menurutnya cukup mencuci kulit yang kering pada pagi dan sore hari, khususnya pada bagian wajah yang kering. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih wajah yang lebut agar tidak menghilangkan kulit dari minyak.

2. Jangan Lewatkan untuk Menggunakan Pelembab

"Jangan tinggalkan rumah Anda tanpa menggunakan pelembab yang bisa menteralisir kering," ujar ahli kecantikan khusus selebritas Maribel Pedrozo, seperti dilansir Thisisinsider.com (11/2/19). Ia menyarankan para penderita kulit kering untuk menggunakan pelemban yang mengandung lipid dan squalene. Hal ini penting diterapkan mengingat pelembab dapat membantu dehidrasi pada lapisan atas sel kulit.

3. Jangan Gunakan Produk yang Wangi

Jika Anda menderita kulit kering, sebaiknya Anda menghindari produk kesehatan kulit yang terlampau mengeluarkan aroma wangi berlebih. Karena efek dari bahan kimia pewangi buatan bisa membuat peradangan pada bawah permukaan kulit Anda. Sebaiknya Anda memilih produk yang tidak beraroma atau beraroma ringan.

4. Hindari Mengonsumsi Alkohol dan Kafein Secara Berlebihan

Seseorang dengan kulit kering juga harus menghindari konsumsi zat yang bersifat diuretik. Diuretik sendiri merupakan kondisi penyebab naiknya laju urinasi. Artinya, penderita kulit kering harus menghindari mengonsumsi alkohol atau kafein secara berlebih. Di sisi lain, sebaiknya Anda mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup, agar bisa terhindar dari serangan gatal pada kulit.

5. Hindari Produk yang Mengandung Asam Glikolat

Hindari penggunaan produk yang mengandung asam glikolat. Karena berpotensi menambah keadaan kulit kering Anda lebih buruk. Asam glikolat sendiri ialah golongan asam alpha-hydroxy acid (AHA) yang digunakan dokter untuk melakukan pengelupasan kulit pada lapisan epidermis (sel kulit terluar) yang telah mati.

Sebaiknya Anda menggunakan pembersih yang mengandung asam laktat, karena terbukti secara lembut mampu mengelupaskan kulit Anda dan bisa melembabkan kulit kering.

[Baca Juga: Hati-Hati dengan Alergi Seafood]

Jaga tubuh dan kulit Anda dengan menyesuaikan karakter kulit. Jika kulit Anda semakin kering, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter. Karena karakter dan kekuatan tubuh orang berbeda-beda.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.