Ini 5 Jenis Stres dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Ini 5 Jenis Stres dan Cara Mengatasinya

Jika Anda sedang berada di dalam tekanan terkait masalah pekerjaan, keluarga, pendidikan atau hal lain, sebaiknya Anda menghindari gejala stres.

Stres sendiri ialah sebuah tekanan psikologis dan fisik yang beraksi ketika seseorang menghadapi situasi yang dianggap berbahaya. Artinya, stres muncul dikarenakan tubuh Anda menolak menanggapi segala jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan.

Seseorang yang sedang mengalami masalah stres biasanya memiliki upaya menyelamatkan diri pada sesuatu yang dirasa terlalu berbahaya. Maka, penting bagi Anda mengetahu berbagai jenis stres dan cara menyembuhkan stres.

[Baca Juga: Kenapa Harus Hati-Hati Memberitakan Kasus Bunuh Diri?]

Dilansir dari Readersdigest.com (16/4/2019), berikut lima jenis stres dan cara mengatasinya.

1. Kecemasan

Dari semua jenis stres, Ambient Anxiety atau kecemasan ambien ini dapat berpotensi paling kronis. Karena jenis stres ini bisa menyerang kapan saja. Contohnya kerika Anda melihat berita atau mendengar tentang nasib buruk orang lain, Anda merasa stres dan tak mampu mengontrol diri.

Kecemasan ambient sendiri bukanlah empati, melainkan reaksi keras yang sarat tekanan terhadap berita buruk, seperti ketakutan berlebih terhadap sesuatu dan rasa cemas yang berlebihan terhadap berbagai hal.

“Orang yang menderita kecemasan ambien belum mengembangkan hambatan psikologis dan emosional internal. Hal-hal yang mereka lihat dan dengar menembus ke inti mereka, ” jelas psikoterapis asal Beverly Hills, Fran Walfish, PsyD.

Ini 5 Jenis Stres dan Cara Mengatasinya

2. Kerja

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, stres terkait pekerjaan bisa menyebabkan kesehatan yang buruk, produktivitas berkurang, dan motivasi buruk. Ini juga meningkatkan seseorang dapat mengalami kecelakaan di tempat kerja. “Sebuah studi baru-baru ini di Pengobatan Preventif, menunjukkan bahwa paparan yang berkepanjangan terhadap stres terkait pekerjaan dengan peningkatan kemungkinan kanker spesifik, termasuk paru-paru, usus besar, dubur, perut, dan limfoma non-Hodgkin,” ujar Walfish. Cara untuk mengatasi stres yang terkait dengan pekerjaan biasanya meliputi aktivitas fisik, seperti berolahraga.

3. Pengasuhan Anak

Apakah Anda selalu khawatir jika anak Anda mau jadi apa di masa depan, atau takut anak Anda mencoba-coba narkoba, atau merasa khawatir bahwa lulusan perguruan tinggi sulit untuk mencari pekerjaan. Wajar jika orang tua memikirkan anaknya, namun Anda harus sanggup mengurangi dampak stres orangtua melalui kebiasaan sehat.

“Cara terbaik untuk mengatasi stres orangtua, dan semua jenis stres adalah dengan mengikuti gaya hidup holistik. Stres dapat disembuhkan dari dalam tubuh. Membersihkan pikiran dari sampah emosi yang dikumpulkan selama stres adalah suatu keharusan agar bisa pulih,” kata Aditi G. Jha, MD seperti dilansir dari JustDoc.com (16/4/2019).

[Baca Juga: Komunitas Peduli Kesehatan Jiwa Into The Light Indonesia]

4. Kehidupan Kota

Bagi Anda yang hidup di perkotaan, khususnya di Ibu Kota Jakarta, sudah dipastikan hari-hari Anda akan melalui macetnya jalanan kota. Hal seperti itulah yang melahirkan mood dan kecemasan seseorang tumbuh.

Kehidupan perkotaan berdampak signifikan terhadap amigdala dan kortikula cingulate, yaitu dua area otak yang bertugas mengatur emosi dan stres. Salah satu cara mengatasi stres menghadapi kerasnya kehidupan kota ialah dengan pindah ke lingkungan yang lebih pedesaan. Tetapi solusi lain yang lebih praktis seperti berlibur atau meditasi sangat dianjurkan.

5. Trauma Masa Kecil

Pengalaman mengerikan pada masa kecil sangat sulit untuk dihilangkan, bahkan hingga Anda beranjak dewasa sekalipun. Trauma pada masa kecil ini bisa mengakibatkan seseorang memiliki ketidakmampuan untuk mengatur emosi, kesulitan fokus, masalah ingatan, dan stres kronis.

Upaya untuk mengelola stres trauma masa kecil idealnya dimulai saat masa kanak-kanak. Jika sulit dihilangkan, salah satu cara untuk menghadapi stres akibat trauma masa kecil ialah dengan rutin mendatangi terapis yang dapat membantu Anda mengidentifikasi penyebab stres.

[Baca Juga: Tanpa Obat Penenang, Ini 5 Cara Mudah Menghilangkan Stres]

Banyak cara untuk menghilangkan stres seseorang. Salah satunya dengan relaksasi atau menghadapi sesuatu dengan santai tanpa tergesa-gesa. Karena tingkat stres seseorang bisa meningkat jika Anda rusuh dan mudah emosi. Jika Anda merasa stres telah menganggu kehidupan Anda sehari-hari, sebaiknya segera menghubungi dokter terdekat.

Read More

Artikel Lainnya

Bahas Pelajar yang Ikut Aksi Unjuk Rasa, Pemkot Bekasi Gandeng Kepala Sekolah.jpg

Pendidikan

Bahas Pelajar Ikut Aksi Unjuk Rasa, Pemkot Bekasi Gandeng Kepala Sekolah

20 October 2020, 13:02

Berangkat dari keprihatinan pelajar yang terlibat dalam unjuk rasa, Pemkot Bekasi baru-baru ini mengumpulkan para kepala sekolah di wilayahnya.

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

20 October 2020, 11:05

Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Pemimpin di semua level juga wajib memberi contoh penerapan protokol kesehatan.

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat

20 October 2020, 08:52

Pemkot Bogor memastikan pengamanan ketat untuk menyambut kedatangan perdana PM Jepang Yoshide Suga dan istrinya ke Kota Hujan.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

20 October 2020, 08:12

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda.


Comments


Please Login to leave a comment.