Ini Lima Tipe Kepribadian Dilihat dari Perilaku Keuangannya

Bisnis

Ini 5 Tipe Kepribadian Dilihat dari Perilaku Keuangan Anda

Banyak tes persona atau kepribadian yang dilakukan dengan mengambil beragam aspek dari kehidupan. Dari mulai astrologi hingga dari sisi psikologis. Namun tahukah Anda bahwa tipe kepribadian juga bisa dilihat dari segi perilakunya terhadap keuangan? Baik dari mulai dari cara mendapatkan uang, menyimpan uang, sampai membelanjakannya, aspek-aspek ini akan menentukan kira-kira seperti apa kepribadian Anda serta bagaimana kesehatan keuangannya dalam waktu jangka panjang.

Ini Lima Tipe Kepribadian Dilihat dari Perilaku Keuangannya

Kepribadian ini dipaparkan perusahaan teknologi finansial GoBear Indonesia saat meluncurkan hasil studinya mengenai kesehatan keuangan masyarakat Indonesia melalui GoBear Financial Health Index (FHI). Di mana riset ini diadakan di beberapa negara yang terdiri dari Singapura, Hong Kong, Thailand sebagai pembanding dengan perilaku keuangan masyarakat Indonesia.

[Baca Juga: GoBear Indonesia Rilis Hasil Riset Financial Health Index]

Menariknya dalam riset ini, pihak GoBear dan agensi riset Kadence International juga melakukan pemetaan terhadap kepribadian para respondennya yang ikut dalam riset tersebut. “Di Asia Tenggara sendiri ada lima persona tipikal dalam hal perilaku keuangannya,” tutur Country Director GoBear Indonesia Tris Rasika pada peluncuran GoBear Financiall Index di Union Space Satrio Tower, Jln Prof. DR. Satrio C4, Kuningan, Jakarta Selatan (30/10/2019). Berikut ini kepribadian tersebut:

  1. Pribadi disiplin yang memiliki ciri-ciri bijak dalam membelanjakan uang, sayang keluarga, disiplin menabung, rajin riset, jago mengatur keuangannya, dan menyiapkan dana pensiun serta dana darurat.
  2. Pribadi santai atau woles yang memiliki ciri-ciri menerapkan prinsip Anda hanya hidup sekali atau You Only Live Once, boros, sulit mengatur uang, mudah mengutang, berpikir pendek dalam menggunakan uangnya.
  3. Terlahir mujur yang memiliki ciri-ciri rajin mengontrol kondisi keuangannya, punya status sosial tinggi, berada di lingkungan yang mendukung khususnya perihal finansial, dan berasal dari keluarga yang sukses.
  4. Pribadi gigih dengan ciri-ciri melek mengenai finansial, mampu mengontrol pengeluaran yang baik, agak kurang percaya diri dalam mengatasi masalah keuangan, disiplin mengatur keuangan untuk mencapai kondisi yang lebih baik.
  5. Pribadi pemimpi memiliki ciri-ciri gemar menuruti keinginan tanpa perhitungan matang, selalu optimis kondisi keuangan bakal aman, belum sadar pentingnya mengatur keuangan, sering menyalahkan faktor eksternal dalam kondisi kesulitan dibandingkan merenungkan aspek kesalahan dari diri.

[Baca Juga: Mengenal Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah]

Dari hasil riset secara kuantitatif dari GoBear Financial Health Index dengan responden Indonesia yang berjumlah 1028 orang dari usia 18-65 tahun ditemukan hasil yang beragam dari sisi tipe kepribadiannya. Degan pribadi disiplin yang berjumlah 33 persen, pribadi santai 10 persen, terlahir mujur 25 persen, pribadi gigih 16 persen, dan pribadi pemimpi 16 persen. Kira-kira yang manakah kepribadian Anda? Di mana pun posisi kepribadian Anda, ada baiknya Anda perbanyak literasi keuangan demi keamanan finansial hingga hari tua.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.