Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

Kesehatan

Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

Penyakit pilek merupakan suatu penyakit yang paling mudah terserang dan tertular. Penularannya pun sangat cepat, terlebih lagi bila kondisi tubuh Anda sedang tidak fit. Pilek membuat hidung bisa meler dan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, pilek ini dapat diredakan dengan berbagai cara atau pun mengonsumsi minuman dan makanan sehat. Berikut cara alami yang dapat meredakan pilek.

[Baca Juga: Cegah Demam Berdarah dengan Lakukan Hal Ini]

1) Mengonsumsi Sup Ayam

Sup ayam ternyata ampuh menyembuhkan batuk pilek. Terlebih lagi makan sup ayam dalam keadaan hangat yang membantu melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat.

2) Menaruh Irisan Bawang Merah

Bawang merah yang Anda mudah dapatkan di pasar ini pun ternyata bisa meringankan flu. Anda hanya mengiris bawang merah dan diletakkan di ruangan rumah ini dapat menyerap virus dan racun yang ada di udara sehingga hilanglah virus atau bakteri yang berakibat buruk bagi kesehatan seperti virus penyebab flu. Bawang merah mengandung aroma atsiri yang dapat membantu orang-orang yang berada di sekitar ruangan terserang virus influenza.

3) Banyak Minum

Pilek bisa menyebabkan dehidrasi jika dibarengi dengan penyakit diare atau merasa mual. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak minum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Tidak hanya banyak minum, makan buah-buahan yang mengandung banyak cairan pun juga baiknya Anda makan saat flu menyerang.

Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

4) Kompres dengan Air Hangat

Mengompres dengan air hangat pada dahi dan hidung juga bagus untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada sinus. Selain itu, kompres hangat membantu Anda untuk lebih rileks.

5) Air Garam

Untuk meredakan pilek yang tidak kunjung membaik, cara ini juga efektif meredakan pilek pada orang dewasa maupun anak. Larutkan seperempat sampai setengah sendok teh garam dalam air hangat 236 ml. Lalu teteskan ke lubang hidung anak dengan pipet. Cara meredakan pilek ini tidak cocok untuk anak kurang dari empat tahun.

6) Mengonsumsi Vitamin C

Saat pilek, daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun dan perlu peningkatan daya tahan tubuh. Mengonsumsi vitamin C juga akan mempercepat penyembuhan pilek, bahkan saat Anda lebih dulu mengantisipasinya dengan langsung mengonsumsi vitamin C.

Penyakit pilek memang tidak terlalu membahayakan, tapi penyakit ini paling cepat tertular dan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Segera redakan pilek tersebut dengan cara-cara itu.

[Baca Juga: Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner]


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.