Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

Kesehatan

Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

Penyakit pilek merupakan suatu penyakit yang paling mudah terserang dan tertular. Penularannya pun sangat cepat, terlebih lagi bila kondisi tubuh Anda sedang tidak fit. Pilek membuat hidung bisa meler dan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, pilek ini dapat diredakan dengan berbagai cara atau pun mengonsumsi minuman dan makanan sehat. Berikut cara alami yang dapat meredakan pilek.

[Baca Juga: Cegah Demam Berdarah dengan Lakukan Hal Ini]

1) Mengonsumsi Sup Ayam

Sup ayam ternyata ampuh menyembuhkan batuk pilek. Terlebih lagi makan sup ayam dalam keadaan hangat yang membantu melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat.

2) Menaruh Irisan Bawang Merah

Bawang merah yang Anda mudah dapatkan di pasar ini pun ternyata bisa meringankan flu. Anda hanya mengiris bawang merah dan diletakkan di ruangan rumah ini dapat menyerap virus dan racun yang ada di udara sehingga hilanglah virus atau bakteri yang berakibat buruk bagi kesehatan seperti virus penyebab flu. Bawang merah mengandung aroma atsiri yang dapat membantu orang-orang yang berada di sekitar ruangan terserang virus influenza.

3) Banyak Minum

Pilek bisa menyebabkan dehidrasi jika dibarengi dengan penyakit diare atau merasa mual. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak minum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Tidak hanya banyak minum, makan buah-buahan yang mengandung banyak cairan pun juga baiknya Anda makan saat flu menyerang.

Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

4) Kompres dengan Air Hangat

Mengompres dengan air hangat pada dahi dan hidung juga bagus untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada sinus. Selain itu, kompres hangat membantu Anda untuk lebih rileks.

5) Air Garam

Untuk meredakan pilek yang tidak kunjung membaik, cara ini juga efektif meredakan pilek pada orang dewasa maupun anak. Larutkan seperempat sampai setengah sendok teh garam dalam air hangat 236 ml. Lalu teteskan ke lubang hidung anak dengan pipet. Cara meredakan pilek ini tidak cocok untuk anak kurang dari empat tahun.

6) Mengonsumsi Vitamin C

Saat pilek, daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun dan perlu peningkatan daya tahan tubuh. Mengonsumsi vitamin C juga akan mempercepat penyembuhan pilek, bahkan saat Anda lebih dulu mengantisipasinya dengan langsung mengonsumsi vitamin C.

Penyakit pilek memang tidak terlalu membahayakan, tapi penyakit ini paling cepat tertular dan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Segera redakan pilek tersebut dengan cara-cara itu.

[Baca Juga: Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner]


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.