Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas

Kesehatan

Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas

Suka makanan pedas? Mengonsumsi makanan pedas bagi yang menyukainya memang akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri. Namun, bagi sebagian orang meskipun menyukai makanan pedas, tak sedikit pula yang merasakan sakit perut setelah mengonsumsinya. Atau, perut terasa panas dan bahkan merasakan sensasi melilit. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

Berikut enam cara yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

1. Minum Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki senyawa yang dapat meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan mampu membuat rileks otot saluran pencernaan. Oleh karena itu, teh chamomile dipercaya sebagai salah satu cara yang mampu membantu mengatasi sakit perut setelah makan pedas.

[Baca Juga: Suka Makanan Pedas? Ini 4 Kedai Ayam Geprek di Bekasi]

2. Minum Susu

Setengah cangkir susu bisa dijadikan sebagai obat untuk menetralkan asam dari makanan pedas yang Anda konsumsi. Namun, jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa juga menyebabkan perut Anda semakin tidak nyaman. Cukup minum setengah cangkir susu saja ya, Pointers. Dan, pastikan Anda duduk dalam posisi tegak selama 30 menit setelah minum susu.

3. Menggunakan Kompres Hangat

Percaya atau tidak, tetapi memang mengompres perut mampu meredakan rasa sakit di perut secara perlahan. Karena, sensasi hangat yang dirasakan dari kompres hangat akan mengalihkan Anda dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot pada saluran pencernaan. Anda bisa mencobanya jika Anda merasa sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas dengan menggunakan kain lap yang dibasahi air hangat. Tempelkan pada perut yang sakit hingga mulai merasa sakitnya sudah mereda.

4. Konsumsi Yogurt

Mengonsumsi yogurt ternyata juga bisa mengatasi perut panas akibat makan makanan pedas. Hal ini karena yogurt mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri di usus yang mampu membantu melepaskan suhu panas dan membantu memperlancar pencernaan. Jadi, Anda bisa konsumsi yogurt ya, Pointers, jika Anda mengalami perut terasa panas pasca-mengonsumsi makanan pedas.

[Baca Juga: Sambal Dowhere, Pilihan Praktis Sambal Ayam Geprek dalam Kemasan]

5. Konsumsi Campuran Lemon dan Madu

Buatlah minuman campuran dari lemon dan madu, karena juga dipercaya mampu mengatasi perut yang sakit akibat mengonsumsi makanan pedas. Hal ini karena madu mengandung butiran gula alami yang menyerap kandungan oksidan yang bernama capsaicin atau kapsaisin, sementara lemon yang bersifat asam dapat menetralisasi kapsaisin dengan cara mengikat molekulnya. Namun, minuman campuran ini sebaiknya jangan dikonsumsi bagi yang memiliki penyakit lambung.

Kapsaisin adalah komponen aktif dari cabai, yang merupakan tanaman dari genus Capsicum. Zat ini menyebabkan iritasi pada mamalia, termasuk manusia, dan menghasilkan sensasi terbakar di jaringan mana pun yang bersentuhan dengannya.

6. Minum Air Kelapa

Air kelapa memang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi perut yang terasa panas setelah makan makanan pedas. Air Kelapa memiliki sifat basa, sehingga mampu menetralkan kadar asam dalam perut sekaligus mendinginkan lapisan perut. Jadi, siapkan air kelapa saja jika hendak makan makanan pedas.

Itulah enam cara mengatasi sakit perut, atau saat perut Anda terasa panas setelah makan makanan pedas. Hati-hati ya, Pointers, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas karena juga tidak baik untuk kesehatan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.