Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas

Kesehatan

Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas

Suka makanan pedas? Mengonsumsi makanan pedas bagi yang menyukainya memang akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri. Namun, bagi sebagian orang meskipun menyukai makanan pedas, tak sedikit pula yang merasakan sakit perut setelah mengonsumsinya. Atau, perut terasa panas dan bahkan merasakan sensasi melilit. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

Berikut enam cara yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

1. Minum Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki senyawa yang dapat meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan mampu membuat rileks otot saluran pencernaan. Oleh karena itu, teh chamomile dipercaya sebagai salah satu cara yang mampu membantu mengatasi sakit perut setelah makan pedas.

[Baca Juga: Suka Makanan Pedas? Ini 4 Kedai Ayam Geprek di Bekasi]

2. Minum Susu

Setengah cangkir susu bisa dijadikan sebagai obat untuk menetralkan asam dari makanan pedas yang Anda konsumsi. Namun, jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa juga menyebabkan perut Anda semakin tidak nyaman. Cukup minum setengah cangkir susu saja ya, Pointers. Dan, pastikan Anda duduk dalam posisi tegak selama 30 menit setelah minum susu.

3. Menggunakan Kompres Hangat

Percaya atau tidak, tetapi memang mengompres perut mampu meredakan rasa sakit di perut secara perlahan. Karena, sensasi hangat yang dirasakan dari kompres hangat akan mengalihkan Anda dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot pada saluran pencernaan. Anda bisa mencobanya jika Anda merasa sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas dengan menggunakan kain lap yang dibasahi air hangat. Tempelkan pada perut yang sakit hingga mulai merasa sakitnya sudah mereda.

4. Konsumsi Yogurt

Mengonsumsi yogurt ternyata juga bisa mengatasi perut panas akibat makan makanan pedas. Hal ini karena yogurt mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri di usus yang mampu membantu melepaskan suhu panas dan membantu memperlancar pencernaan. Jadi, Anda bisa konsumsi yogurt ya, Pointers, jika Anda mengalami perut terasa panas pasca-mengonsumsi makanan pedas.

[Baca Juga: Sambal Dowhere, Pilihan Praktis Sambal Ayam Geprek dalam Kemasan]

5. Konsumsi Campuran Lemon dan Madu

Buatlah minuman campuran dari lemon dan madu, karena juga dipercaya mampu mengatasi perut yang sakit akibat mengonsumsi makanan pedas. Hal ini karena madu mengandung butiran gula alami yang menyerap kandungan oksidan yang bernama capsaicin atau kapsaisin, sementara lemon yang bersifat asam dapat menetralisasi kapsaisin dengan cara mengikat molekulnya. Namun, minuman campuran ini sebaiknya jangan dikonsumsi bagi yang memiliki penyakit lambung.

Kapsaisin adalah komponen aktif dari cabai, yang merupakan tanaman dari genus Capsicum. Zat ini menyebabkan iritasi pada mamalia, termasuk manusia, dan menghasilkan sensasi terbakar di jaringan mana pun yang bersentuhan dengannya.

6. Minum Air Kelapa

Air kelapa memang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi perut yang terasa panas setelah makan makanan pedas. Air Kelapa memiliki sifat basa, sehingga mampu menetralkan kadar asam dalam perut sekaligus mendinginkan lapisan perut. Jadi, siapkan air kelapa saja jika hendak makan makanan pedas.

Itulah enam cara mengatasi sakit perut, atau saat perut Anda terasa panas setelah makan makanan pedas. Hati-hati ya, Pointers, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas karena juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  4 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.