Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Jantung Hingga Kulit

Kesehatan

Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Jantung Hingga Kulit

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan kismis. Buah kering yang kerap kali digunakan sebagai pelengkap kue ini dibuat dari anggur muda mentah yang dikeringkan. Biasanya kismis dibirkan mengering di bawah sinar matahari. Selama proses ini, kismis mengalami oksidasi dan karamelisasi gula alami memberi warna cokelat tua hingga agak hitam.

Walaupun kecil dan bukan jadi poin utama suatu makanan, kismis memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram kismis, terdapat protein 3,1 gram, karbohidrat 79,2 gr, serat 3,7 gr, gula 59,2 gr, vitamin c 2,3 gr, vitamin e 0,1 gr, vitamin k 3,5 gr, dan lainnya. maka dari itu, kismis memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengutip dari boldsky.com (18/6/2019), berikut manfaat mengonsumsi kismis.

[Baca Juga: 3 Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Rambut]

1. Menyehatkan Jantung

Kismis adalah antioksidan dan fitonutrien yang sangat baik yang mencegah penyakit jantung dan stroke. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi harian kismis mampu menurunkan tekanan darah.

2. Melancarkan Pencernaan

Kismis mengandung serat yang cukup baik, sehingga kismis mampu melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit. Anda bisa mengonsumsi kismis setiap hari untuk membantu pergerakan usus secara teratur.

3. Memperbaiki Anemia

Kismis mengandung zat besi yang cukup. Sehingga kismis juga bisa jadi sumber zat besi yang baik, untuk produksi sel darah merah dan membantu mereka membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Makan kismis dengan rutin akan mencegah anemia akibat defisiensi besi.

[Baca Juga: Buah Yuzu, Si Kuning Nan Bermanfaat dari Jepang]

4. Mencegah Osteoporosis

Kismis mengandung kalsium yang cukup besar. Kalsium merupakan mineral yang penting dan dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Wanita yang sudah manapouse sangat baik mengonsumsi kismis karena dapat membantu untuk mencegah tumbuhnya osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kismis juga mengandung polifenol, yang merupakan sejenis antioksidan yang mampu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan tersebut dapat mengurangi kemungkinan gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

6. Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Kismis dilengkapi dengan vitamin E, vitamin C, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga sel-sel kulit tetap terlihat muda dan menunda proses penuaan. Kismis juga mengandung resveratrol, merupakan zat yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Buah-buahan kering seperti kismis, mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Itulah beberapa manfaat kismis untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya secara rutin.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.