Ini 6 Tuntutan Aliansi Masyarakat Sipil di Hari Perempuan Internasional

Berita Kawasan

Ini 6 Tuntutan Aliansi Masyarakat Sipil di Hari Perempuan Internasional

Harapan akan pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-hak perempuan tak lelah digaungkan dalam berbagai kesempatan, sepanjang tahun. Tak terkecuali, dalam Hari Perempuan Internasional yang jatuh tiap 8 Maret.

Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya perempuan dari berbagai elemen kelompok masyarakat sipil lain menggelar aksi untuk mendesak pemerintah agar menjamin pemenuhan perlindungan hak mereka. Kendati demikian, sampai saat ini perempuan Indonesia masih mengalami kekerasan. Hal itu sebagaimana pandangan dari aliansi masyarakat sipil yang tergabung dalam Gerak Perempuan.

Ini 6 Tuntutan Aliansi Masyarakat Sipil di Hari Perempuan Internasional

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Jakarta (5/3/2020), Gerak Perempuan mendesak agar pemerintah menjamin perlindungan terhadap perempuan di Indonesia. Koordinator Perempuan Mahardhika Mutiara Ika Pratiwi mengatakan, sampai saat ini perempuan di Indonesia masih mengalami kekerasan, bahkan secara sistematis. “Perempuan Indonesia masih terus mengalami kekerasan dengan berbagai cara militeristik dan manipulatif,” kata Ika.

Berangkat dari kondisi tersebut, berbagai organisasi dan kelompok masyarakat sipil yang tergabung dalam aliansi Gerak Perempuan akan menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Setidaknya ada sejumlah tuntutan yang akan disampaikan Gerak Perempuan.

[Baca Juga: Rayakan Hari Perempuan Internasional, LIPI Apresiasi Peneliti Wanita]

Adapun tuntutannya yakni sebagai berikut.

  1. Mengakui dan menuntaskan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, mulai dari penghancuran gerakan perempuan 1965, perkosaan Mei 98 hingga kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di pasca reformasi;
  2. Membangun sistem perlindungan yang komprehensif untuk mencegah dan menekan tingginya angka kekerasan terhadap perempuan, seperti memaksimalkan implementasi UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, mengakui adanya konsep Relasi Kuasa sebagai penyebab terjadinya kekerasan terhadap perempuan, menggunakan perspektif korban dalam membuat produk kebijakan dan menjamin partisipasi perempuan serta masyarakat dalam upaya penghapusan kekerasan tersebut.
  3. Mencabut dan membatalkan segala produk dan rencana kebijakan perundang-undangan dari tingkat nasional, dan daerah yang mendiskriminasi, mengkriminalisasi dan melanggengkan kekerasan terhadap perempuan dan kelompok LGBT (minoritas seksual, red.).
  4. Mendorong regulasi yang melindungi perempuan dengan mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Selain itu meratifikasi beberapa Konvensi ILO seperti Konvensi ILO 190 tentang penghapusan kekerasan seksual di dunia kerja dan Konvensi ILO 189 tentang kerja layak bagi pekerja rumah tangga.
  5. Mencabut rancangan UU yang akan menempatkan perempuan lebih dalam jerat eksploitasi dan represi seperti Omnibus Law Cipta Kerja, RUU Ketahanan Keluarga dan RKUHP.
  6. Menjalankan sistem bernegara yang mengedepankan pemenuhan hak asasi manusia sebagai landasan pembangunan masyarakat Indonesia yang lebih berkemanusiaan, adil, dan beradab.

[Baca Juga: Ini Alasan Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Digelar 16 Hari]

Lebih lanjut Ika mengatakan, aksi ini nantinya akan dimulai dengan melakukan long march dari depan Gedung Bawaslu sampai Taman Aspirasi atau di seberang Istana Negara, Jakarta. Aksi ini rencananya akan diikuti oleh ribuan peserta se-Jabodetabek.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.