Ini 6 Tuntutan Aliansi Masyarakat Sipil di Hari Perempuan Internasional

Berita Kawasan

Ini 6 Tuntutan Aliansi Masyarakat Sipil di Hari Perempuan Internasional

Harapan akan pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-hak perempuan tak lelah digaungkan dalam berbagai kesempatan, sepanjang tahun. Tak terkecuali, dalam Hari Perempuan Internasional yang jatuh tiap 8 Maret.

Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya perempuan dari berbagai elemen kelompok masyarakat sipil lain menggelar aksi untuk mendesak pemerintah agar menjamin pemenuhan perlindungan hak mereka. Kendati demikian, sampai saat ini perempuan Indonesia masih mengalami kekerasan. Hal itu sebagaimana pandangan dari aliansi masyarakat sipil yang tergabung dalam Gerak Perempuan.

Ini 6 Tuntutan Aliansi Masyarakat Sipil di Hari Perempuan Internasional

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Jakarta (5/3/2020), Gerak Perempuan mendesak agar pemerintah menjamin perlindungan terhadap perempuan di Indonesia. Koordinator Perempuan Mahardhika Mutiara Ika Pratiwi mengatakan, sampai saat ini perempuan di Indonesia masih mengalami kekerasan, bahkan secara sistematis. “Perempuan Indonesia masih terus mengalami kekerasan dengan berbagai cara militeristik dan manipulatif,” kata Ika.

Berangkat dari kondisi tersebut, berbagai organisasi dan kelompok masyarakat sipil yang tergabung dalam aliansi Gerak Perempuan akan menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Setidaknya ada sejumlah tuntutan yang akan disampaikan Gerak Perempuan.

[Baca Juga: Rayakan Hari Perempuan Internasional, LIPI Apresiasi Peneliti Wanita]

Adapun tuntutannya yakni sebagai berikut.

  1. Mengakui dan menuntaskan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, mulai dari penghancuran gerakan perempuan 1965, perkosaan Mei 98 hingga kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di pasca reformasi;
  2. Membangun sistem perlindungan yang komprehensif untuk mencegah dan menekan tingginya angka kekerasan terhadap perempuan, seperti memaksimalkan implementasi UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, mengakui adanya konsep Relasi Kuasa sebagai penyebab terjadinya kekerasan terhadap perempuan, menggunakan perspektif korban dalam membuat produk kebijakan dan menjamin partisipasi perempuan serta masyarakat dalam upaya penghapusan kekerasan tersebut.
  3. Mencabut dan membatalkan segala produk dan rencana kebijakan perundang-undangan dari tingkat nasional, dan daerah yang mendiskriminasi, mengkriminalisasi dan melanggengkan kekerasan terhadap perempuan dan kelompok LGBT (minoritas seksual, red.).
  4. Mendorong regulasi yang melindungi perempuan dengan mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Selain itu meratifikasi beberapa Konvensi ILO seperti Konvensi ILO 190 tentang penghapusan kekerasan seksual di dunia kerja dan Konvensi ILO 189 tentang kerja layak bagi pekerja rumah tangga.
  5. Mencabut rancangan UU yang akan menempatkan perempuan lebih dalam jerat eksploitasi dan represi seperti Omnibus Law Cipta Kerja, RUU Ketahanan Keluarga dan RKUHP.
  6. Menjalankan sistem bernegara yang mengedepankan pemenuhan hak asasi manusia sebagai landasan pembangunan masyarakat Indonesia yang lebih berkemanusiaan, adil, dan beradab.

[Baca Juga: Ini Alasan Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Digelar 16 Hari]

Lebih lanjut Ika mengatakan, aksi ini nantinya akan dimulai dengan melakukan long march dari depan Gedung Bawaslu sampai Taman Aspirasi atau di seberang Istana Negara, Jakarta. Aksi ini rencananya akan diikuti oleh ribuan peserta se-Jabodetabek.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.