Ini 6 Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 dari Jakar ta.jpg

Berita Kawasan

Ini 6 Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 dari Jakarta

Saat ini Ibu Kota memiliki sejumlah karya budaya baru yang patut dilestarikan dan dikenal publik, khususnya generasi muda DKI Jakarta. Karena ada enam karya budaya yang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta loloskan untuk masuk ke dalam usulan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021. Usai sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda yang digelar 29 Oktober 2021, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi memutuskan Panggal Betawi, Tamat Quran, Sayur Sambal Godog, Silat Gerak Saka, Asinan Betawi, dan Golok Betawi masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021.

Masuknya enam karya budaya ini sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 disambut positif Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana. “Alhamdulillah, ini merupakan capaian yang luar biasa bagi Pemprov DKI, karena mengalami peningkatan dari awalnya yang hanya berhasil meloloskan satu karya budaya di tahun 2020 yaitu Silat Sutera Baja, dan sekarang bertambah enam karya budaya lagi," ujarnya, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (11/11/2021).

Ini 6 Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 dari Jakarta.jpg

Bagi Anda yang kurang akrab dengan enam karya budaya asli tanah Betawi ini, berikut ini penjelasan singkatnya:

  1. Panggal Betawi merupakan gasing atau permainan tradisional asli dari wilayah DKI Jakarta. Berbagai wilayah di Tanah Air memiliki gasingnya masing-masing namun pembeda utama dari Panggal Betawi adalah bentuknya yang cenderung mirip dengan jantung.
  2. Tamat Quran merupakan tradisi juga yang dikenal dengan istilah Khatam Quran merupakan suatu upacara yang dipandang penting bagi warga Betawi yang memeluk agama Islam. Di mana dalam tradisi anak akan dinilai Tamat Quran oleh guru mengaji bila ia dipandang mengeri mengenai ajaran Islam yang tertuang dalam Al Quran.
  3. Sayur Sambel Godog merupakan kuliner asli Betawi yang sekilas mirip dengan sayur ketupat. Namun pembeda utama dari makanan yang kerap disajikan di momen lebaran ini adalah isiannya yang lengkap seperti adanya pepaya, terasi, ebi, daging, hingga pete menjadi elemen penting dalam Sayur Sambel Godog.
  4. Silat Gerak Saka merupakan aliran beladiri silat asli Betawi dengan refleks yang menjadi kunci gerakannya sehingga bisa membuat tangan pengguna teknik ini bak seperti hidup sendiri. Di mana unsur Sunda melekat kuat dari aliran silat ini yang terlihat dari namanya Saka yang berasal dari kata sakadaekna yang bermakna sesukanya.
  5. Asinan Betawi, sesuai namanya ini merupakan kuliner asli dari Betawi dan merupakan makanan yang terinspirasi dari kuliner masyarakat Tionghoa. Di mana asinan ini dibuat larutan air, garam, dan cuka serta tambahan ebi. Berbeda dengan asinan lain, kuliner ini hanya menggunakan sayuran dan saus asinan yang sudah dicampur bumbu kacang.
  6. Golok Betawi merupakan senjata khas dari orang Betawi dulu dan menjadi “pegangan” bagi para jawara yang memanfaatkannya sebagai alat untuk membela diri hingga menyembeli hewan.

Masuknya enam karya budaya ini ke dalam Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 ini dipandang sebagai momen penting untuk terus mendorong upaya pelestariannya di Ibu Kota. Bahkan menurut Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, pihaknya berencana memasukan karya-karya budaya itu ke dalam kurikulum sekolah sebagai muitan lokal agar para pelajar dapat mengenal serta ikut upaya pelestariannya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.