Ini 8 Intruksi Bima Arya untuk Antisipasi Corona di Bogor

Kesehatan

Ini 8 Instruksi Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Bogor

Sudah ada dua orang pasien COVID-19 di Indonesia. Hal ini diketahui dari pengumuman yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo 2 Maret 2020 lalu. Pengumuman pasien COVID-19 ini menggemparkan masyarakat Indonesia, hal tersebut terlihat dari fenomena panic buying beberapa jam setelah berita tersebut diumumkan.

Pemerintah pun melakukan berbagai cara untuk mengatasi kepanikan masyarakat, misalnya Wali Kota Bogor Bima Arya yang mengeluarkan instruksi tentang peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan Kota Bogor dalam mengantisipasi penularan infeksi Virus Corona.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Ini 8 Intruksi Bima Arya untuk Antisipasi Corona di Bogor

Bima Arya mengeluarkan delapan poin instruksi. Berikut rangkuman PingPoint.co.id (5/3/2020).

  1. Dinas Kesehatan, Puskesmas, Camat dan Lurah agar lebih gencar melakukan sosialisasi, baik secara langsung kepada warga maupun melalui semua kanal media terkait antisipasi penularan dan pencegahan Virus Corona.
  2. Puskesmas agar tingkatkan pemantauan di wilayah untuk melakukan deteksi dini Virus Corona dan terus lakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk setiap kemungkinan kasus Corona.
  3. Dinas Kesehatan agar melakukan pengecekan ulang ke semua Rumah Sakit terkait kesiapsiagaannya. Termasuk sarana ruang isolasi tekanan negatif, sarana prasarana alat pelindung diri (APD) lengkap, SDM (Sumber Daya Manusia) dan alur SOP (Standar Operasional Prosedur ).
  4. Semua Rumah Sakit di Bogor lebih siap menghadapi kemungkinan penyebaran COVID-19 di Kota Bogor. Tingkatkan kesiapsiagaan dengan melengkapi APD dan ruang isolasi, sesuai aturan dari Kemenkes.
  5. Dinas Kesehatan segera membentuk Posko siaga 24 jam untuk menerima laporan apabila ada pasien yang terindikasi Covid-19.
  6. Untuk setiap informasi terkait dugaan virus Corona Pemkot membuka layanan sambungan cepat 24 jam 119 atau Posko layanan kegawatdaruratan medis 0251-8363335 dan WhatsApp 08111116093.
  7. Warga Kota Bogor agar menghindari kontak langsung dengan orang yang baru pulang dari daerah atau negara terjangkit wabah COVID-19 dalam rentang waktu 28 hari sejak kedatangannya di Indonesia atau menghindari bepergian ke daerah atau negara yang dinyatakan wabah corona.
  8. Mengajak masyarakat untuk menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai gaya hidup untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

[Baca Juga: Ajakan Boikot Beli Masker Secara Daring Meramaikan Banyak Grup WA]

Mendengar instruksi tersebut, sejumlah rumah sakit di Kota Bogor sudah menjalankan standar sesuai SOP yang ditentukan dari Kementrian Kesehatan. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nomo Retno menyatakan, semua rumah sakit di Kota Bogor berjumlah 21 RS telah siap siaga mengikuti instruksi Wali Kota Bogor.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.