Ini 8 Intruksi Bima Arya untuk Antisipasi Corona di Bogor

Kesehatan

Ini 8 Instruksi Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Bogor

Sudah ada dua orang pasien COVID-19 di Indonesia. Hal ini diketahui dari pengumuman yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo 2 Maret 2020 lalu. Pengumuman pasien COVID-19 ini menggemparkan masyarakat Indonesia, hal tersebut terlihat dari fenomena panic buying beberapa jam setelah berita tersebut diumumkan.

Pemerintah pun melakukan berbagai cara untuk mengatasi kepanikan masyarakat, misalnya Wali Kota Bogor Bima Arya yang mengeluarkan instruksi tentang peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan Kota Bogor dalam mengantisipasi penularan infeksi Virus Corona.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Ini 8 Intruksi Bima Arya untuk Antisipasi Corona di Bogor

Bima Arya mengeluarkan delapan poin instruksi. Berikut rangkuman PingPoint.co.id (5/3/2020).

  1. Dinas Kesehatan, Puskesmas, Camat dan Lurah agar lebih gencar melakukan sosialisasi, baik secara langsung kepada warga maupun melalui semua kanal media terkait antisipasi penularan dan pencegahan Virus Corona.
  2. Puskesmas agar tingkatkan pemantauan di wilayah untuk melakukan deteksi dini Virus Corona dan terus lakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk setiap kemungkinan kasus Corona.
  3. Dinas Kesehatan agar melakukan pengecekan ulang ke semua Rumah Sakit terkait kesiapsiagaannya. Termasuk sarana ruang isolasi tekanan negatif, sarana prasarana alat pelindung diri (APD) lengkap, SDM (Sumber Daya Manusia) dan alur SOP (Standar Operasional Prosedur ).
  4. Semua Rumah Sakit di Bogor lebih siap menghadapi kemungkinan penyebaran COVID-19 di Kota Bogor. Tingkatkan kesiapsiagaan dengan melengkapi APD dan ruang isolasi, sesuai aturan dari Kemenkes.
  5. Dinas Kesehatan segera membentuk Posko siaga 24 jam untuk menerima laporan apabila ada pasien yang terindikasi Covid-19.
  6. Untuk setiap informasi terkait dugaan virus Corona Pemkot membuka layanan sambungan cepat 24 jam 119 atau Posko layanan kegawatdaruratan medis 0251-8363335 dan WhatsApp 08111116093.
  7. Warga Kota Bogor agar menghindari kontak langsung dengan orang yang baru pulang dari daerah atau negara terjangkit wabah COVID-19 dalam rentang waktu 28 hari sejak kedatangannya di Indonesia atau menghindari bepergian ke daerah atau negara yang dinyatakan wabah corona.
  8. Mengajak masyarakat untuk menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai gaya hidup untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

[Baca Juga: Ajakan Boikot Beli Masker Secara Daring Meramaikan Banyak Grup WA]

Mendengar instruksi tersebut, sejumlah rumah sakit di Kota Bogor sudah menjalankan standar sesuai SOP yang ditentukan dari Kementrian Kesehatan. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nomo Retno menyatakan, semua rumah sakit di Kota Bogor berjumlah 21 RS telah siap siaga mengikuti instruksi Wali Kota Bogor.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.