Ini 8 Zonasi PPDB di Kabupaten Bandung. Catat Tanggal Pendaftarannya

Pendidikan

Ini 8 Zonasi PPDB di Kabupaten Bandung. Catat Tanggal Pendaftarannya!

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung gencar melakukan sosialiasi bagi para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya sekolah jelang tahun ajaran baru. Tahun ini, ada tiga jalur yang bisa digunakan para orang tua untuk mendaftarkan buah hatinya yakni lewat jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orangtua.

Untuk jalur zonasi, Disdik Kabupaten Bandung telah membagi zona Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ke dalam 8 wilayah. 8 zona tersebut meliputi kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung. Berikut pemetaannya:

Ini 8 Zonasi PPDB di Kabupaten Bandung. Catat Tanggal Pendaftarannya

  • Zona 1: Dayeuhkolot, Bojongsoang, Baleendah, dan Pameungpeuk
  • Zona 2: Cangkuang, Cimaung, Banjaran, Arjasari, dan Pangalengan
  • Zona 3: Soreang, Kutawaringin, Ciwidey, Pasirjambu, serta Rancabali
  • Zona 4: Margahayu, Katapang, dan Margaasih
  • Zona 5: Cimenyan, Cilengkrang, dan Cileunyi
  • Zona 6: Rancaekek, Cicalengka, Cikancung, dan Nagreg
  • Zona 7: Solokan Jeruk, Majalaya, Paseh, dan Ibun
  • Zona 8: Ciparay, Pacet, dan Kertasari

Adapun pembagian zonasi tersebut telah ditetapkan sejak April 2020 dan berlaku bagi calon peserta didik tingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP). Pendaftarannya pun baru akan dibuka pada tanggal 22 sampai 26 Juni 2020.

Untuk besaran kuotanya sendiri, Disdik Kabupaten Bandung telah menetapkan minimal sebesar 50 persen bagi peserta didik baru yang lolos via jalur zonasi. Penerimaan nantinya akan dipengaruhi radius atau jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan Sekolah yang dituju dalam wilayah zonasi tertentu.

[Baca Juga: Kerjasama ITB dan UNPAD Lahirkan Alat Deteksi COVID-19 Baru]

Berbeda dengan jalur zonasi, pendaftaran via afirmasi, dan perpindahan orangtua akan dibuka terelebih dahulu yakni mulai dari mulai tanggal 15 sampai 17 Juni 2020. Jumlah kuota penerimaannya pun lebih sedikit, hanya sekitar 20 persen dari total keseluruhan murid yang diterima.

Nantinya, pengumuman akan dilakukan serentak secara daring di laman ppdb.bandungkab.go.id pada 1 Juli 2020. Setelah itu peserta didik wajib melakukan daftar ulang pada tanggal 2 sampai 4 Juli 2020. Swal tahun pembelajaran baru/MPLS 2020 pun rencananya akan dilakukan pada 13 Juli 2020.

[Baca Juga: Kini, Tenaga Medis COVID-19 di Kota Bandung Punya Rumah Singgah]

Adapun mekanisme PPDB Kabupaten Bandung diawali oleh pendataan yang dilakukan wali kelas/Operator sekolah asal/PUSKESOS kepada orangtua calon peserta didik untuk mengumpulkan dokumen persyaratan secara daring.

Kemudian, diwajibkan mengisi data diri calon peserta didik yang akan mengikuti proses PPDB oleh sekolah asal dan divalidasi oleh orangtua pada laman ppdb.bandungkab.go.id yang selanjutnya melakukan pendaftaran untuk memilih sekolah dan jalur pada laman yang sama.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.