Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Kesehatan

Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Tidur merupakan kebutuhan yang harus dilakukan semua orang. Tidur adalah waktu di mana, tubuh Anda beregenerasi sehingga metabolism lebih sehat. Tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Waktu tidur yang kurang merupakan salah satu kebiasaan gaya hidup yang buruk yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Normalnya, setiap orang harus tidur selama enam jam setiap hari agar pikiran dan tubuh tetap berenergi dan tetap sehat.

Jangan sampai kebiasaan ini Anda biarkan terus menerus, karena dapat berakibat buruk untuk tubuh. Mengutip dari boldksy.com (29/5/2019) inilah akibat kurang tidur untuk kesehatan.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

1. Obesitas

Efek kurang tidur yang paling umum dan sering terjadi adalah obesitas. Kurang tidur menyebabkan penurunan hormon leptin, yang bekerja untuk membuat otak menginformasikan ke tubuh jika lapar maupun kenyang.

Selain itu, kurang tidur juga membuat produksi hormon ghrelin yang bekerja untuk meningkatkankan nafsu makan. Tak heran, jika Anda kurang tidur, Anda lebih mudah merasa lapar. Jangan lupa, kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin, sehingga menghasilkan lebih banyak menuumpuk lemak.

2. Sistem Kekebalan yang Lemah

Karena penurunan produksi sitokin, antibodi dan sistem kekebalan tubuh Anda akan terganggu. Selama tidur, tubuh manusia memperkuat sistem kekebalannya dengan memproduksi lebih banyak antibodi, sehingga memungkinkan perlindungan terhadap bakteri dan racun.

Tetapi dengan kurang tidur, tubuh Anda tidak diberi kesempatan untuk memproduksi antibodi. Sehingga tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi, terutama sistem pernapasan. Anda akan lebih rentan terkena pilek dan flu, dalam beberapa kasus kurang tidur dapat menyebabkan masalah paru-paru.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

3. Menyebabkan Gangguan Neurologis

Kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan emosi dan menyebabkan penyakit psikologis dan neurologis yang cukup serius, seperti maniak, halusinasi, depresi kronis, paranoia dan perilaku impulsif.

4. Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Karena kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan, kebiasaan makan Anda jadi kurang sehat. Dengan meningkatnya nafsu makan, kemungkinan Anda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat lebih besar.

Itukah akibat kurang tidur untuk kesehatan. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan setiap manusia agar lebih sehat, selain itu gaya hidup yang teratur juga membantu tubuh menjadi makin sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.