Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Kesehatan

Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Tidur merupakan kebutuhan yang harus dilakukan semua orang. Tidur adalah waktu di mana, tubuh Anda beregenerasi sehingga metabolism lebih sehat. Tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Waktu tidur yang kurang merupakan salah satu kebiasaan gaya hidup yang buruk yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Normalnya, setiap orang harus tidur selama enam jam setiap hari agar pikiran dan tubuh tetap berenergi dan tetap sehat.

Jangan sampai kebiasaan ini Anda biarkan terus menerus, karena dapat berakibat buruk untuk tubuh. Mengutip dari boldksy.com (29/5/2019) inilah akibat kurang tidur untuk kesehatan.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

1. Obesitas

Efek kurang tidur yang paling umum dan sering terjadi adalah obesitas. Kurang tidur menyebabkan penurunan hormon leptin, yang bekerja untuk membuat otak menginformasikan ke tubuh jika lapar maupun kenyang.

Selain itu, kurang tidur juga membuat produksi hormon ghrelin yang bekerja untuk meningkatkankan nafsu makan. Tak heran, jika Anda kurang tidur, Anda lebih mudah merasa lapar. Jangan lupa, kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin, sehingga menghasilkan lebih banyak menuumpuk lemak.

2. Sistem Kekebalan yang Lemah

Karena penurunan produksi sitokin, antibodi dan sistem kekebalan tubuh Anda akan terganggu. Selama tidur, tubuh manusia memperkuat sistem kekebalannya dengan memproduksi lebih banyak antibodi, sehingga memungkinkan perlindungan terhadap bakteri dan racun.

Tetapi dengan kurang tidur, tubuh Anda tidak diberi kesempatan untuk memproduksi antibodi. Sehingga tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi, terutama sistem pernapasan. Anda akan lebih rentan terkena pilek dan flu, dalam beberapa kasus kurang tidur dapat menyebabkan masalah paru-paru.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

3. Menyebabkan Gangguan Neurologis

Kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan emosi dan menyebabkan penyakit psikologis dan neurologis yang cukup serius, seperti maniak, halusinasi, depresi kronis, paranoia dan perilaku impulsif.

4. Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Karena kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan, kebiasaan makan Anda jadi kurang sehat. Dengan meningkatnya nafsu makan, kemungkinan Anda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat lebih besar.

Itukah akibat kurang tidur untuk kesehatan. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan setiap manusia agar lebih sehat, selain itu gaya hidup yang teratur juga membantu tubuh menjadi makin sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

Hobi dan Hiburan

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

15 July 2020, 20:00

Tidak bisa tayang di bioskop membuat film Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo mendapatkan kesempatan penayangan global sebagai Film Netflix Original.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

15 July 2020, 19:00

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tetang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya.

rapid test lion air.jpg

Bisnis

Kemudahan Layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air Group Jangkau Semarang dan Kendal

15 July 2020, 18:00

Layanan Lion Air Group ini menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara.

PEN_UMKM_Bogor_1.jpg

Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Dana Sebesar Rp3,5 Miliar Guna Pelaku UMKM di Bogor

15 July 2020, 17:00

Bank Mandiri telah menyiapkan rencana penyaluran dana kredit produktif kepada sepuluh debitur UMKM di wilayah Bogor.


Comments


Please Login to leave a comment.