Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Kesehatan

Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Tidur merupakan kebutuhan yang harus dilakukan semua orang. Tidur adalah waktu di mana, tubuh Anda beregenerasi sehingga metabolism lebih sehat. Tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Waktu tidur yang kurang merupakan salah satu kebiasaan gaya hidup yang buruk yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Normalnya, setiap orang harus tidur selama enam jam setiap hari agar pikiran dan tubuh tetap berenergi dan tetap sehat.

Jangan sampai kebiasaan ini Anda biarkan terus menerus, karena dapat berakibat buruk untuk tubuh. Mengutip dari boldksy.com (29/5/2019) inilah akibat kurang tidur untuk kesehatan.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

1. Obesitas

Efek kurang tidur yang paling umum dan sering terjadi adalah obesitas. Kurang tidur menyebabkan penurunan hormon leptin, yang bekerja untuk membuat otak menginformasikan ke tubuh jika lapar maupun kenyang.

Selain itu, kurang tidur juga membuat produksi hormon ghrelin yang bekerja untuk meningkatkankan nafsu makan. Tak heran, jika Anda kurang tidur, Anda lebih mudah merasa lapar. Jangan lupa, kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin, sehingga menghasilkan lebih banyak menuumpuk lemak.

2. Sistem Kekebalan yang Lemah

Karena penurunan produksi sitokin, antibodi dan sistem kekebalan tubuh Anda akan terganggu. Selama tidur, tubuh manusia memperkuat sistem kekebalannya dengan memproduksi lebih banyak antibodi, sehingga memungkinkan perlindungan terhadap bakteri dan racun.

Tetapi dengan kurang tidur, tubuh Anda tidak diberi kesempatan untuk memproduksi antibodi. Sehingga tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi, terutama sistem pernapasan. Anda akan lebih rentan terkena pilek dan flu, dalam beberapa kasus kurang tidur dapat menyebabkan masalah paru-paru.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

3. Menyebabkan Gangguan Neurologis

Kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan emosi dan menyebabkan penyakit psikologis dan neurologis yang cukup serius, seperti maniak, halusinasi, depresi kronis, paranoia dan perilaku impulsif.

4. Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Karena kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan, kebiasaan makan Anda jadi kurang sehat. Dengan meningkatnya nafsu makan, kemungkinan Anda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat lebih besar.

Itukah akibat kurang tidur untuk kesehatan. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan setiap manusia agar lebih sehat, selain itu gaya hidup yang teratur juga membantu tubuh menjadi makin sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.