Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Kesehatan

Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan

Tidur merupakan kebutuhan yang harus dilakukan semua orang. Tidur adalah waktu di mana, tubuh Anda beregenerasi sehingga metabolism lebih sehat. Tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Waktu tidur yang kurang merupakan salah satu kebiasaan gaya hidup yang buruk yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Normalnya, setiap orang harus tidur selama enam jam setiap hari agar pikiran dan tubuh tetap berenergi dan tetap sehat.

Jangan sampai kebiasaan ini Anda biarkan terus menerus, karena dapat berakibat buruk untuk tubuh. Mengutip dari boldksy.com (29/5/2019) inilah akibat kurang tidur untuk kesehatan.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

1. Obesitas

Efek kurang tidur yang paling umum dan sering terjadi adalah obesitas. Kurang tidur menyebabkan penurunan hormon leptin, yang bekerja untuk membuat otak menginformasikan ke tubuh jika lapar maupun kenyang.

Selain itu, kurang tidur juga membuat produksi hormon ghrelin yang bekerja untuk meningkatkankan nafsu makan. Tak heran, jika Anda kurang tidur, Anda lebih mudah merasa lapar. Jangan lupa, kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin, sehingga menghasilkan lebih banyak menuumpuk lemak.

2. Sistem Kekebalan yang Lemah

Karena penurunan produksi sitokin, antibodi dan sistem kekebalan tubuh Anda akan terganggu. Selama tidur, tubuh manusia memperkuat sistem kekebalannya dengan memproduksi lebih banyak antibodi, sehingga memungkinkan perlindungan terhadap bakteri dan racun.

Tetapi dengan kurang tidur, tubuh Anda tidak diberi kesempatan untuk memproduksi antibodi. Sehingga tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi, terutama sistem pernapasan. Anda akan lebih rentan terkena pilek dan flu, dalam beberapa kasus kurang tidur dapat menyebabkan masalah paru-paru.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

3. Menyebabkan Gangguan Neurologis

Kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan emosi dan menyebabkan penyakit psikologis dan neurologis yang cukup serius, seperti maniak, halusinasi, depresi kronis, paranoia dan perilaku impulsif.

4. Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Karena kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan, kebiasaan makan Anda jadi kurang sehat. Dengan meningkatnya nafsu makan, kemungkinan Anda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat lebih besar.

Itukah akibat kurang tidur untuk kesehatan. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan setiap manusia agar lebih sehat, selain itu gaya hidup yang teratur juga membantu tubuh menjadi makin sehat.

Read More


Artikel Lainnya

4 Strategi Utama Kemenpar Capai Target Wisatawan Mancanegara

Berita Kawasan

4 Strategi Utama Kemenpar Capai Target Wisatawan Mancanegara

14 June 2019, 10:00  |  7 Views

Kemenpar bersama pelaku bisnis pariwisata menyiapkan sembilan strategi, namun akan terapkan empat strategi utama untuk capai target kunjungan wisaman pada tahun ini.

6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

14 June 2019, 11:00  |  17 Views

Rokok elektrik digunakan beberapa orang sebagai alternatif rokok tembakau. Namun rokok ini juga memiliki risiko untuk kesehatan.

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kesehatan

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

14 June 2019, 09:00  |  22 Views

Penderita diabetes tak bisa sembarangan makan buah, walaupun termasuk makanan sehat. beberapa buah mampu meningkatkan kadar gula.

Ikuti 4 Trik Ini Sebelum Membeli Furnitur Di Internet

Properti dan Solusi

Ikuti 4 Trik Ini Sebelum Membeli Furnitur Di Internet

14 June 2019, 12:00  |  7 Views

Belanja online memang menyenangkan karena lebih mudah dan cepat, namun Anda juga tetap harus waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.