Ini Alasan Anak Menyukai Video Unboxing

Pendidikan

Ini Alasan Anak Menyukai Video Unboxing

Apakah anak Anda sering kali menonton Youtube? Jika iya, apakah salah satu video yang mereka tonton adalah video unboxing? Video ini menampilkan seseorang membuka barang yang baru saja dibeli atau dapatkan. Barang tersebut tentunya masih dibungkus rapi. Tak jarang, talent video ini adalah anak-anak. Sang talent biasanya akan berceloteh terlebih dahulu mengenai barang yang masih dibungkus itu, membukanya, bereaksi terhadap isinya, kemudian menggunakannya.

[Baca Juga: Ajarkan Etika Bermedia Sosial Untuk Anak? Ikuti 6 Langkah Ini]

Lalu, apa yang menyebabkan anak-anak suka menonton video unboxing? Melansir Psychology Today (27/2/2020) berikut alasan yang dipaparkan oleh Pamela B. Rutledge, Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media di California, Amerika Serikat.

Ini Alasan Anak Menyukai Video Unboxing

1) Anak Seolah Ikut dalam Cerita yang Disajikan Video

Video unboxing layaknya cerita. Ada awalan, konflik, dan resolusi konflik. Awal cerita dimulai ketika talent video menunjukkan barang yang bungkusnya belum dibuka. Setelah itu muncullah konflik saat rasa penasaran ditunjukkan sang talent dan dia bertanya-tanya apakah mampu membukanya. Pada akhirnya, setelah membuka, talent menunjukkan isinya kepada penonton. Itulah tahap resolusi konflik.

Anak yang menonton video unboxing akan merasakan sensasi setiap tahap cerita dalam video tersebut. Ia ikut penasaran ketika talent hendak membuka barang yang masih dibungkus dan merasa senang pula ketika mengetahui isi bungkusan itu.

Ini Alasan Anak Menyukai Video Unboxing

2) Anak Bisa Mempelajari Sesuatu

Biasanya isi atau barang yang disorot dalam video unboxing anak-anak adalah berbagai macam mainan, contohnya lilin mainan. Anak dapat belajar cara memainkan lilin mainan itu lewat video unboxing. Bukan hanya tentang mainannya, anak juga bisa meniru dan mempraktikkan keterampilan talent yang ditunjukkan dalam video.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Ketergantungan Gadget

3) Anak Seolah Memiliki Teman Saat Menontonnya.

Talent dalam video biasanya tampil dengan cara mengajak penonton berinteraksi. Itu dilakukan natural oleh talent tanpa skrip. Oleh karena itu, anak yang menonton video unboxing merasa bahwa mereka sedang bermain dengan teman. Semakin sering menontonnya, semakin tumbuh ketertarikannya dengan sang talent. Lama-kelamaan anak akan tahu perilaku, gaya bicara, dan ciri khas sang talent. Itulah yang membuatnya ingin menonton terus-menerus. Ia seolah berinteraksi dengan teman yang sudah dikenalnya.

[Baca Juga: Cara Bijak Menanggapi Anak yang Terus Bertanya]

Itulah alasan anak suka menonton video unboxing. Walau banyak manfaatnya, Anda perlu mendampingi anak saat menontonnya agar tak terlalu lama. Bagaimana pun, anak juga butuh melakukan aktivitas lain seperti istirahat atau bahkan berinteraksi dengan teman sungguhan.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.