Ini Alasan Fore Coffee Memilih Biji Kopi Arabica

Kuliner

Ini Alasan Fore Coffee Memilih Biji Kopi Arabica

Sejak pertama berdiri, Fore Coffee memiliki ciri khas utama untuk setiap cup kopi yang dijualnya kepada konsumen, yakni memastikan biji kopi yang digunakan adalah 100 persen Arabica asli Nusantara. Menurut pihak Fore Coffee, selain untuk membantu para petani lokal, terdapat berbagai pertimbangan lainnya yang memicu mereka menggunakan Arabica dibandingkan biji kopi Robusta. Menariknya, berbeda dengan coffee shop atau kafe lainnya yang selalu menyebutkan origin atau asal dari biji kopinya, Fore Coffee tidak pernah berfokus dengan hal ini.

Ini Alasan Fore Coffee Memilih Biji Kopi Arabica

Aspek pertama yang membuat Fore Coffee memilih biji kopi Arabica adalah karena kualitas dari jenisnya. Percaya atau tidak, biji kopi Arabica banyak dipandang lebih superior dibandingkan Robusta. Hal ini dipicu dari kandungan dari biji kopi Arabica serta kesulitan menanamnya yang membutuhkan syarat tertentu. Contohnya, pohon kopi Arabica hanya mau tumbuh subur di area yang memiliki ketinggian sekitar 800 meter hingga 2.200 meter dari permukaan lalu dan membutuhkan waktu minimal lima tahun untuk bisa dipanen.

[Baca Juga: Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa]

“Kalau misalnya saya summarized, sebenarnya kopi Arabica ini yang satu dari dampak kesehatannya lebih bagus, dari segi kualitas juga lebih tinggi. Kita lihat sebenarnya potensi penikmat kopi Arabica ini makin lama globally itu makin ke arah sana. Kalau misalnya kita lihat international brand yang dulu mungkin pakai campuran Robusta sedikit, sekarang mereka bilang sudah 100 persen Arabica,” ujar Co-Founder serta COO Fore Coffee Elisa Suteja pada awak media di konferensi pers Penandatanganan Kerjasama Fore Coffee & Airy di Citywalk Sudirman, Jln. K. H Mas Mansyur No.Kav 121, Jakarta Pusat (20/11/2019).

Ini Alasan Fore Coffee Memilih Biji Kopi Arabica

Dampak kesehatan yang lebih bagus dari Arabica ini disinyalir terkait zat yang terkandung dari biji kopinya. Pasalnya, kandungan kafein dan asam klorogenat di dalam biji kopi Robusta disebut dua kali lebih tinggi dibandingkan Arabica. Sehingga konsumsi yang berlebihan setiap harinya dari kopi Robusta dapat memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan seperti dapat memicu meningkatnya detak jantung sampai insomnia.

Selain itu, kualitas Arabica yang lebih baik dari Robustas juga bisa dilihat dari rasa yang ditimbulkan dari biji kopinya. Di mana kopi Arabica cenderung memiliki rasa yang cenderung manis alami serta lembut dengan unsur buah-buahan yang muncul ketika mengonsumsinya. Selain itu, tingkat keasaman Arabica juga menyerupai minuman anggur. Sedangkan Robusta memiliki rasa yang lebih kuat atau cenderung lebih pahit dengan ciri khas aftertaste seperti kacang.

[Baca Juga: Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore]

Walau menggunakan biji kopi yang langsung bekerjasama dengan petani di Flores, Bali, dan Aceh, pihak Fore Coffee tidak pernah menonjolkan asal origin-nya. Hal ini disebut untuk menunjukkan bahwa mereka hanya berfokus dengan unsur Arabica asli Indonesia yang menghasilkan rasa berkualitas.

“Kalau kita bilang Kopi Gayo, Kopi Lombok, kita terkungkung dengan salah satu daerah. Setiap orang di daerah tersebut, pasti mereka ingin promosi daerahnya, kalau dari kita lebih helikopter view, kita ingin promosi Indonesia. Mangkanya kita bilang kopi Arabica (saja),” imbuh Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca yang menjadi salah satu “otak” di balik berdirinya Fore Coffee.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.