Alasan Sering Lupa Hari Saat WFH

Kesehatan

Ini Alasan Kenapa Anda Sering Lupa Hari Saat WFH

“Ini hari apa ya?“

Pertanyaan itu bisa jadi sering Anda lontarkan kepada diri sendiri selama melakukan working from home (WFH). Ternyata, lupa yang sering Anda alami itu memang biasa terjadi ketika ada perubahan dalam rutinitas Anda. “Kita terbiasa dengan struktur [aktivitas] sehari-hari kita. Ketika berubah menjadi kerja dari rumah, itu mengganggu struktur sebelumnya,” kata Psikolog dan Dosen di University of Florida Sherry Benton, mengutip Huffington Post (30/4/2020) . Berikut beberapa hal yang menyebabkan “lupa hari” saat melaksanakan WFH.

1) Rutinitas Anda Berubah

Ketika pandemi COVID-19 belum hadir, hari-hari Anda mungkin saja berbeda. Ada yang menghadiri arisan setiap hari Sabtu, berkumpul bersama teman di luar rumah setiap hari Minggu, pun ada yang berolahraga setiap Rabu malam. Kini, rutinitas itu tentu berubah dan setiap hari rasanya sama. Ini menjadi alasan Anda tidak bisa membedakan hari dalam setiap pekan.

“Anda mengerjakan sesuatu yang berbeda setiap hari seperti pergi ke gym, bangun lebih cepat yang membuat adanya perbedaan di hari-hari itu,” kata Zainab Delawalla, psikolog klinis di Atlanta, Amerika Serikat. “Tanpa perbedaan ini, setiap hari rasanya sama dan menjadi sulit untuk dibedakan,” lanjut Delawalla.

Saat WFH Hindari Kerja Dari Atas Kasur, Ini Alasannya

2) Tidak Ada Batas Pasti antara Waktu Kerja dan Istirahat

Sebelum diterapkannya PSBB, Anda tentu seperti biasa berangkat ke kantor dari Senin sampai Jumat. Bekerja di kantor dengan pakaian rapi dan duduk di meja kerja menjadi tanda bahwa Anda sedang bekerja. Bila akhir pekan, berleha-leha di rumah sambil mengenakan pakaian santai pun jadi tanda bila Anda sedang berlibur.

Sekarang, batas tanda itu jadi kabur karena Anda bekerja setiap Senin-Jumat dengan pakaian santai di rumah. “Bila Anda melakukan WFH dan tidak ada perbedaan yang terjadi saat akhir pekan, maka tidak ada perubahan yang signifikan dalam hari-hari Anda,” jelas Rebecca Leslie, psikolog di Atlanta, Amerika Serikat.

[Baca Juga: Saat WFH Hindari Kerja Dari Atas Kasur, Ini Alasannya]

3) Waktu Kerja yang Lebih Lama

Melakukan WFH memungkinkan Anda bekerja lebih lama dari biasanya, Alasannya beragam. Leslie sendiri memiliki klien yang bekerja lebih lama karena khawatir dianggap tidak tekun dalam bekerja. Waktu yang tidak konsisten inilah, kata Leslie, yang menjadi penyebab “lupa hari”.

“Mereka tidak punya standar waktu akhir bekerja seperti biasanya. Inilah yang membuat waktu terasa membingungkan,” ujar Leslie.

Ini Akibatnya Jika Tidur Siang Berkali-kali Dalam Sehari

4) Waktu Tidur yang Berantakan

Tak bisa dimungkiri, berbagai persoalan yang dihadapi kala pandemi COVID-19 membuat beberapa orang mengalami stres dan sulit tidur. Alhasil, waktu tidurnya menjadi berantakan. Di sisi lain, ada pula orang yang tidak beranjak dari kasurnya setelah bangun karena tidak perlu terburu-buru mengejar angkutan umum.

Waktu tidur dan bangun yang berantakan ini bisa mengacaukan bagaimana seseorang merasakan waktu. “Tidak bangun pada waktu yang sama juga dapat menyebabkan distorsi dalam bagaimana kita merasakan waktu. Sebab, itu menjadikan beberapa hari jauh lebih pendek atau lebih lama dari hari yang lain,” kata Delawalla.

[Baca Juga: Kiat Jaga Kesehatan Mental untuk Pekerja Saat WFH]


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.