Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol Bagian 1

Kesehatan

Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol (Bagian 1)

ASI atau Air Susu Ibu merupakan makanan utama yang merupakan nutrisi terbaik untuk bayi. Dokter menekankan pentingnya pemberian ASI eksklusif kepada bayi selama enam bulan penuh. ASI tidak hanya memiliki nutrisi penting, tetapi juga menjauhkan bayi dari penyakit selama beberapa bulan pertama, sistem kekebalan alami bayi mulai menguat, dan ASI juga membantu bayi untuk meningkatkan berat badan yang seimbang dan baik untuk pertumbuhan anak.

Nutrisi yang baik dari ASI didapatkan dari tubuh ibu, maka dari itu sangat penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan yang sehat sehingga nutrisinya juga tersalur untuk buah hati. Tak heran, ada beberapa pantangan makanan yang tak boleh dinikmati ibu menyusui karena dapat memberikan efek yang tak baik dan kurang sehat ke buah hati.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil]

Salah satu pantangan yang harus diikuti setiap ibu menyusui adalah, tidak boleh mengonsumsi alkohol. Minuman keras ini memiliki banyak efek negatif untuk ASI. Merangkum dari boldsky.com (2/7/2019) inilah dampak negatif alkohol untuk ibu menyusui.

1. Menurunkan Kuantitas ASI

Penelitian membuktikan, mengonsumsi alkohol saat sedang menyusui dapat menyebabkan penurunan 20 - 23 persen dari jumlah ASI yang seharusnya. Berhubung ASI merupakan makanan utama dan sumber nutrisi utama yang didapatkan bayi hingga usia minimal 6 bulan hingga 1 tahun, Anda harus menjaga jumlah asupan ASI buah hati dengan tepat agar tak berefek buruk bagi perkembangannya.

2. Menularkan Kandungan Alkohol Ke Bayi

Hampir 0,5 persen hingga 3 persen alkohol yang dikonsumsi ibu, masuk ke tubuh bayi melalui ASI. Walau terlihat kecil namun dapat berdampak buruk untuk bayi terutama yang baru lahir karena alkohol dapat merusak organ tubuh bayi yang masih rentan.

3. Mengurangi Nilai Gizi Dari ASI

Adanya alkohol dalam tubuh ibu, dapat mengakibatkan proses penyerapan nutrisi ke ASI melambat, sehingga dapat berpengaruh terhadap kualitas gizi ASI. Umumnya, ASI kaya akan folat, sedangkan folat tidak bisa terserap karena ada alkohol di dalam tubuh.

4. Mengurangi Sistem Kekebalan Tubuh

Bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rentan. Bayi mengandalkan ASI untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tubuh bayi tidak dapat menyerap antibodi dari ASI jika dalam susu tersebut terdapat kandungan alkohol. Hal ini dapat menyebabkan bayi menjadi rentan sakit dan infeksi di tahun pertama kehidupannya.

[Baca Juga: Benarkah Senam Hamil Dapat Lancarkan Persalinan?]

Alkohol sangat buruk bagi kesehatan ibu dan bayi, sehingga hindari meminum alkohol saat sedang memberikan ASI. Konsumsi makanan atau minuman sehat agar bayi juga tumbuh dengan sehat. untuk melihat dampak negatif alkohol lainnya, Anda bisa baca di Bagian 2.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.